FamTrip bikin #SemarangHebat jadi Trending Topik (Part 2)

10
789
MG Setos
Kamat dari Hotel MG Setos

Kamar tidur MG Setos benar benar membuat tidurku nyenyak, ditambah lagi tenaga yang sudah terkuras seharian kemarin. Alarm di samping tempat tidurku aku sudah meraung raung pagi ini, pukul 05.00 terlihat samar samar, karena kelopak mataku masih terasa berat untuk dibuka, tapi mau nggak mau aku harus beranjak dari ranjang empuk yang seakan akan masih ingin menarikku.

Sesuai jadwal yang diberikan, hari ini pukul 07.00 semua blogger yang ikut serta dalam acara FamTrip Blogger 2016 yang diadakan oleh BP2KS harus sudah berkumpul dan berangkat menuju lokasi wisata yang telah direncanakan. Alhasil saat aku turun ke tempat sarapan, sudah bertebaran wajah wajah manis yang memberikan senyum sumringah.

Tujuan pertama pagi ini adalah menuju Desa Wisata Kandri, sebuah desa yang sudah mulai menerima wisatawan lokal maupun mancanegara dengan beberapa aktifitas yang ditawarkan. Begitu sampai, kami langsung sibuk mengambil foto karena melihat hamparan sawah yang hijau, beberapa teman malah langsung berlarian ke tengah untuk berpose. Tak lama panggilan dari panitya berkumandang, kami harus berkumpul untuk melihat video dan penjelasan aktifitas water tubing yang akan kita coba. Paket arung jeram ini dinamai dengan Nginthir Kalijaga, sepanjang perjalanan selama kurang lebih dua jam jika arus sungai cukup deras, kita juga akan disuguhi berbagai kisah Sunan yang memiliki hubungan sejarah erat dengan Kandri dan Kali Kreo ini. Sebelum memulai kegiatan tersebut, semua peserta harus mengikuti tradisi warga desa, dimana membasuh diri di sendang yang ada di samping jalan, karena dipercaya akan menjadi lebih muda, sehat dan diberi keselamatan. Dari tempat berkumpul tadi, kami naik mobil terbuka menuju Kali Kreo, selama perjalanan tak ada habisnya saling bersenda gurau. Kegiatan water tubing ini benar benar membuat semua blogger senang, meskipun ada juga kendala kecil seperti terbalik dari ban, terantuk batu, tragedi gopro hanyut (tapi untungnya bisa ditemukan lagi), tapi secara keseluruhan bikin kenangan tersendiri.

Water Tubing
Ngintir Kalijaga di Kali Kreo

Selama kurang lebih dua jam sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Gatot (sang pemandu setia kami) kegiatan water tubing selesai, kami kembali ke tempat awal tadi pagi, untuk membersihkan diri dan berganti pakaian, karena saat naik dari Kali Kreo, semua sudah basah kuyub. Rasa lapar mulai terasa, untungnya es kelapa muda langsung diminum dari batok kelapa nya telah disediakan, ditambah lagi menu makan siang khas Desa Kandri yang disebut Nasi Kethek (dalam bahasa Indonesia Nasi Kera, berupa nasi dengan lauk yang dibungkus daun jati). Setelah semua blogger menyelesaikan makan siang nya, perjalanan dilanjutkan ke tempat wisata berupa Goa yang dikenal dengan nama Goa Kreo. Goa yang mempunyai cerita Legenda dan masih ada hubungan nya dengan Sunan Kalijaga. Tapi yang menarik di sini saat aku bertemu dengan Bapak Tua penjaga area wisata ini bercerita bahwa, jika ada pengunjung yang tanpa sengaja melihat salah satu dari empat monyet penjaga yang bewarna hitam, putih, kuning dan merah, maka orang tersebut akan mendapat keberuntungan. Oiya sepanjang jalan menuju Goa Kreo, kita akan bertemu dengan kumpulan kera abu abu.
Legenda Goa Kreo
Goa Kreo yang menyimpan legenda

Jujur saja nih, setelah water tubing terus dilanjutkan sedikit trekking di Goa Kreo, semua blogger merasa kelelahan dan memang siang itu cuaca panas sekali, sehingga di badan pun terasa gerah. Akhirnya diputuskan untuk kembali hotel dulu untuk membersihkan diri dan berganti pakaian. Waktu istirahat singkat ini aku manfaatkan untuk mencharge semua baterai gadget dan kamera aku. Pukul 16.00 semua peserta sudah berkumpul di lobby lagi dan masuk ke dalam mobil untuk berangkat menuju kota lama Semarang. Perjalanan tidak memakan waktu yang lama karena jarak dari hotel tidak terlalu jauh. Segera kamera beraksi ketika para blogger turun dari kendaraan, memang aku sangat setuju kalau mengatakan bahwa lokasi wisata ini instagramable banget
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang, Instagramable

Berhubung waktu yang tersedia tidak banyak, sedangkan agenda acara yang lain masih menunggu, jadinya kami bergegas untuk berjalan kaki menuju lokasi selanjutnya, yang masuk ke dalam area kota lama. Kami digiring masuk ke dalam 3D Trick Art Museum Old City Semarang yang memang baru soft launching dan pertama kali ada di kota lumpia ini. Sangat menarik dan kreatif, di mana kita bisa mengambil gambar 3D sehingga seolah olah kita berada di tengah lautan, naik pohon karena dikejar beruang, memotret panda, berpose ala balerina dan aku tidak mau ketinggalan berfoto dengan sumo Jepang, ayooo mana yang aku?
3D Trick Art
3D Trick Art Museum Old City Semarang

Tak terasa udah waktunya makan malam, lokasi dinner disiapkan di Spiegel Bar & Bistro yang berlokasi di kawasan Kota Lama, bangunan bergaya kastil Eropa mempunyai dua lantai, di mana kalau kita berada di lantai atas, kita bisa keluar dari pintu samping dan melihat pemandangan di bawah. Kami mencicipi menu pembuka Onion Ring dan Pizza, serta makanan utama nasi dengan olahan ayam berbumbu
Bar dan Resto di Kota Lama
Bar dan Resto di Kota Lama

Rangkaian acara FamTrip ditutup dengan menyaksikan event tahunan, Semarang Night Carnival yang kembali digelar pada tahun 2016 ini. Acara dimulai dari area Gereja Gedangan dan pawai berakhir di Jembatan Mberok Kota Lama. Kami para blogger mendapat tempat duduk yang sudah disediakan dalam jajaran VIP (Terimakasih kepada Pak Hendrar Prihadi, Walikota Semarang. Dimana kita diberi kesemapatan untuk berjabat tangan, dan ucapan terima kasih saat di sela sela kalimat kata sambutan Beliau). Rangkaian acara yang diawali dengan Sambutan Pak Walikota, devile drum band yang sangat menarik dan tema yang diangkat dalam SNC tahun ini adalah “Fantasi Warak Ngendok” dengan mengeksplorasi beragam unsur dalam binatang imajiner itu, mulai lidah, gigi, hingga tanduknya. Meskipun sempat diguyur hujan tidak mengurangi kemeriahan acara yang memang sangat megah. Oiya, aku sempat mendapat informasi bahwa setiap tahun nya, acara Semarang Night Carnival mendapat semburan air dari langit, tapi hal ini dalam tradisi Cina justru merupakan berkat.
Semarang Night Carnival
Pembukaan Resmi Semarang Night Carnival

Malam semakin beranjak, rasa lelah tidak kami rasakan, yang ada hanya kenangan indah selama di kota Semarang. Besok akan kembali ke kota masing masing, canda tawa menghiasi mimpi indah malam ini. Yang pasti semuanya tidak berakhir di sini, karena tugas yang terpenting adalah membagikan pengalaman ini kepada semua orang yang sempat mampir ke blog aku dan teman blogger lain nya. Di bawah ini tulisan dari teman blogger seperjalanan selama di Semarang, dengan gaya tutur bahasa yang berbeda tapi tujuan nya satu untuk #SemarangHebat

Atanasia Rian
http://www.kulinerwisata.com/2016/05/tempat-wisata-dan-kuliner-asyik-di-semarang.html

http://www.kulinerwisata.com/2016/05/bermain-tubing-di-desa-wisata-kandri.html

Rico
http://www.richotraveling.com/dari-sam-poo-kong-ke-tay-kak-sie/

Vika
http://www.vikaoctavia.com/2016/05/ada-gus-dur-di-pecinan-semarang/

Leonard Anthony
http://www.cool4myeyes.com/2016/05/jelajah-malam-di-lawang-sewu.html?m=1

Eka Situmorang-Sir
https://ceritaeka.com/2016/05/11/semarang-night-carnival-2016/

Taufan Gio
http://disgiovery.com/semarang-hebat-culinary-heritage/

Danan Wahyu
https://dananwahyu.com/2016/05/11/dongeng-rasa-di-restoran-semarang/

Imama
http://www.imalavins.com/2016/05/hantaman-jeram-kali-kreo.html?m=1

Farhan
http://efenerr.com/2016/05/12/ada-tiongkok-di-semarang/

Nunu Asrul
http://nuralmarwah.com/satu-hari-mengenal-tiongkok-di-pecinan-semarang/

Titi
bit.ly/PSwarakngendok

Luhde
http://luhde.nawalapatra.com/kisah-di-balik-kuliner-semarang/

Puspa Siagian
http://www.puspasiagian.com/2016/05/antusiasme-masyarakat-di-semarang-night.html?m=

Astin
http://www.astinsoekanto.com/lepaskan-zona-nyamanmu-dengan-tubing-di-sungai-kreo/

Albert Ghana
lostinparadise.web.id/post/144271348636/photo-stories-semarak-semarang-night-carnival

Budiono Sukses
http://www.budiono.net/2016/05/11/keseruan-semarang-night-carnival-2016/

10 COMMENTS

  1. Banyak sekali yang bisa di nikmati di Semarang ya mas…Pengen deh kalau ke semarang nyobaim Tubing. Pernahnya cuma ke lawang sewu, kota lama sama ungaran doang. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here