The Royal Surakarta Heritage

2
2053
Wayang dari Batik

Alooo…sudah baca cerita acara jalan jalan aku di kota Solo khan, meskipun belum detail tapi pasti semua sudah punya gambaran, kalau punya banyak waktu di kota Solo, bisa explore tempat wisatanya seperti yang aku lakukan. Nah yang namanya jalan jalan tak lepas dengan penginapan, dan selama 2 malam 3 hari aku menginap di Hotel The Royal Surakarta Heritage.
Seperti kita ketahui, Solo terletak di Jawa Tengah dan merupakan kota kelahiran dua kerajaan di Jawa yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran dan merupakan tempat yang terkenal dengan batik, pengaruh dua hal ini yang bisa kita rasakan saat berada di hotel tempat aku menginap. Oleh karena hal tersebut The Royal Surakarta Heritage sampai diberi anugerah penghargaan oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk kategori Hotel Berinterior Kebudayaan Jawa dengan Nuansa Motif Batik.

Hotel ini berada di pusat kota, dekat dengan Keraton Surakarta dan di sekeliling nya merupakan area bisnis, tepatnya di Jalan Brigjen Slamet Riyadi no 06. Dari tampak luar nya sudah terlihat bahwa unsur budaya Jawa sangat melekat pada design exterior, begithu juga saat mobil parkir di pelataran depan lobby, ornamen dan beberapa pajangan khas Jawa berpadu dengan arsitektur modern, sehingga kita bisa merasakan sisi tradisional dan kemewahan nya.

The Royal Surakarta Heritage
The Royal Surakarta Heritage

Pelataran Parkir Depan Lobby
Pelataran Parkir Depan Lobby

Pintu Masuk Utama
Pintu Masuk Utama

Aku sempat berdecak kagum ketika masuk ke dalam lobby hotel, dimana suasana yang sangat elegan langsung terasa, beberapa patung dari tokoh pewayangan, patung modern ala Eropa yang berbalut busana batik, kursi tunggu yang bentuknya unik, permadani memanjang sampai ke arah meja receptionis menyatu menjadi satu dengan ornamen batik di setiap sudut ruangan dipadukan dengan penataan lampu yang dibuat sedikit remang remang, secara tidak langsung memberikan suasana menjadi tenang, sampai aku pun tanpa sadar berbicara dengan sedikit berbisik.
Ruangan Receptionist
Ruangan Receptionist

Ruang Tunggu di Lobby
Ruang Tunggu di Lobby

Proses check in tidak terlalu lama, semua sudah dipersiapkan, seperti biasa aku tinggal memberikan tanda pengenal, mencantumkan alamat email, no telpon dan tanda tangan. Kebetulan aku mendapat kamar di lantai 9, yang merupakan lantai paling tinggi. Aku segera menuju lift yang ada di ujung sebelah kanan kalau dari tempat check in. Senang sekali memperhatikan barang barang yang ada di hotel ini, benar benar vintage berbalut modern, termasuk lorong yang menjadi koridor antar kamar.
Kursi Antik depan Lift
Kursi Antik depan Lift

Koridor sepanjang kamar
Koridor sepanjang kamar

The Royal Surakarta Heritage mempunyai total 150 kamar, sama halnya dengan bagian bangunan yang lain, interior kamar nya merupakan refleksi suasana adat jawa yang dibalut dengan fasilitas modern yang sangat nyaman, sehingga siapa pun yang tinggal di sini akan menikmati kamar dengan gaya tradisional tetapi tak kehilangan unsur keindahan yang modern. ada 5 tipe kamar yang ditawarkan di antara nya Superior Room, Deluxe Room, Executive Room, Junior Suite dan Executive Suite, dari gambaran yang aku berikan kalian pasti pengen tahu khan masing masing kamar bentuknya seperti apa, jangan kuatir, aku nggak pernah lupa buat menjelajah ke semua tipe kamar yang ada di hotel, karena hal ini kadang perlu pada saat kita bepergiaan dengan jumlah orang yang berbeda beda.
Okay kita mulai dari tipe kamar Superior Room, aku sarankan memesan jenis kamar ini kalau kalian pergi ke Solo untuk urusan bisnis atau meeting, bawaan tidak terlalu banyak.
Superior Room
Superior Room

Selanjutnya Deluxe Room, sedikit lebih luas dari Superior Room, tetapi untuk segala perlengkapan di dalam kamar sama semua nya.
Deluxe Room
Deluxe Room

Nah, sekarang tipe Executive Room, kenapa pake “nah” hehe, karena ini kamar yang aku tempati, di depan pintu kamar terpampang no kamar yang aku bilang no cantik, terus kamarnya luas banget, dan karena berada di lantai teratas kalau pas buka jendela, bisa melihat keindahan kota Solo, apalagi saat malam hari dan lampu rumah, gedung dan jalanan mulai menyala. Aku ngerasa lega banget berada di kamar ini, bisa duduk di meja yang seperti ruang kerja, santai duduk di sofa, sampai boboan di ranjang. Pokoknya jadi kebayang dah kalau punya kost di Jakarta seperti ini pastinya akan jarang keluar kamar. Wah, jadi kecolongan curhat anak kost ya.
909 No cantik
909 No cantik

Executive Room
Executive Room

Executive Room (Luas Areanya)
Executive Room (Luas Areanya)

Kamar Mandi
Kamar Mandi

Ukuran kamar aku tadi udah luas, sekarang tipe Junior Suite lebih besar lagi karena di dalam kamar ini ada tempat duduk yang untuk pribadi, sofa untuk tamu sehingga jika memang ada tamu, tidak perlu sampai duduk di ranjang. Dan dari sofa ke ranjang space nya juga cukup jauh. Sehingga ini lebih memberikan privacy kepada orang yang tinggal di kamar tipe ini.
Junior Suite
Junior Suite

Sofa di Kamar Junior Suite
Sofa di Kamar Junior Suite

Kamar Mandi Junior Suite
Kamar Mandi Junior Suite

Untuk tipe kamar yang paling besar adalah Executive Suites, dari total kamar yang ada di hotel ini, hanya ada 2 yang berjenis tipe ini. Hampir sama dengan Junior Suite, tetapi yang membuat beda adalah letak sofa yang dipisahkan dengan sekat atau beda ruangan dengan ranjang, kamar ini menjadi lebih privacy lagi. Jadi kalau ada tamu, jika tidak dipersilakan masuk hanya bisa duduk di area depan saja.
Executive Suite
Executive Suite

Sofa di Executive Suite
Sofa di Executive Suite

Kamar Mandi yang Luas
Kamar Mandi yang Luas

Meskipun tipe dan luas kamar nya berbeda beda tapi fasilitas yang ada di dalam kamar rata rata sama semuanya seperti fasilitas free wifi, hair dryer, IDD Telephone, AC, Kimono dan sandal, Mini Bar, Meja Kerja, Safe Deposit Box, TV Channel dan Tea & Coffee Maker.
Tea & Coffee Maker
Tea & Coffee Maker

The Royal Surakarta Heritage juga menyediakan ruang meeting dan ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk acara penikahan atau acara acara tertentu. Beberapa jenis ruangan meeting dibedakan berdasarkan luas ruangan nya yang bisa memuat dari mulai 30 orang sampai 300 orang, diberi nama Sidomukti dengan berbagai ukuran, Truntum dan Srikaton. Lantai tempat ruangan meeting ini berada, tetap mengutamakan nuansa tradisional yang dipadukan dengan sentuhan modern, hampir semua dinding yang berada di depan ruangan dipenuhi dengan hiasan batik dan kepala wayang, benar benar nampak elegan, di samping ruang meeting di dekat lobby juga terdapat ruangan bisnis center yang bisa digunakan untuk keperluan yang berhubungan dengan pekerjaan ringan.
Bagian Depan Ruang Meeting
Bagian Depan Ruang Meeting

Ruang Meeting
Ruang Meeting
Ruang Serba Guna
Ruang Serba Guna

Bisnis Center
Bisnis Center

Fasilitas tambahan lain nya yang berhubungan dengan kebugaran, tak ketinggalan juga disediakn oleh hotel ini, diantaranya fasilitas ruang fitness dengan alat yang disesuaikan dengan kebutuhan para peminat olahraga angkat besi, kolam renang semi terbuka lengkap dengan pool bar yang menjual minuman, serta penawaran spa dengan terapis yang sudah berpengalaman, jadi kalau menginap di The Royal Surakarta Heritage, masih bisa melakukan aktifitas yang berhubungan dengan penyegaran badan
Ruangan Fitness
Ruangan Fitness

Kolam Renang
Kolam Renang

Pool Bar
Pool Bar

Spa
Spa

Ruang Spa
Ruang Spa

Buat pengunjung yang suka makan kue, pastry dan roti manis bisa santai di dekat lobby dengan tempat duduk yang nyaman sambil memesan kopi, sangat cocok saat sore menjelang malam hari di Delicatessen Coffee and Pastry Shop
Delicatessen Coffee and Pastry Shop
Delicatessen Coffee and Pastry Shop

Sedangkan restaurant yang ada di Hotel The Royal Surakarta Heritage adalah Srikandi Restaurant yang buka mulai jam makan pagi, makan siang, makan malam sampai tengah malam siapa yang masih merasa lapar juga bisa mampir ke sini. Merupakan fine dining dengan design interior yang mewah dengan suasana Jawa yang sangat kental dengan sentuhan gaya Chinese , menyediakan menu ala carte yang bervariasi dan tak ketinggalan menyajikan makanan khas Solo. Untuk makan pagi bisa mulai dinikmati pada pukul 06.00 – 10.00, menu yang disajikan sangat lengkap dan yang jadi ciri khas adalah nasi liwet yang ada di bagian tengah dari restaurant disajikan secara tersendiri. Sebuah pengalaman yang sangat jadi memori ketika sambil menyantap sarapan diiringi suara gamelan Jawa yang mengalun ringan dan enak didengar
Restoran Srikandi
Restoran Srikandi

Bar di Restoran Srikandi
Bar di Restoran Srikandi

Aneka Cake dan Pastry
Aneka Cake dan Pastry
Salad Bar
Salad Bar

Aneka Buah Segar
Aneka Buah Segar
Makanan Utama
Makanan Utama

Menu Tradisional
Menu Tradisional

Aneka Juice
Aneka Juice

Wow…itu yang bisa aku sampaikan setelah menikmati tinggal di hotel ini, bikin betah dan suasana tradisional berbalut modern memberikan pengaruh tersendiri terhadap sebuah rasa yang tidak terlupakan, dan pastinya menjadi ingat untuk selalu melestarikan kultur dan budaya yang kita miliki sekarang ini.
Di sela waktu senggang, aku memang sengaja berkeliling ke seluruh sudut hotel, dan mengambil beberapa gambar yang aku sebut “ornamen” penambah keindahan dan sayang kalau terlewatkan begitu saja. Hotel ini aku rekomendasikan buat kalian yang berkunjung ke kota Solo, dan lakukan hal yang sama dengan aku, menyempatkan diri berkeliling dan temukan gambar gambar yang aku abadikan di sini.
Topeng Batik
Topeng Batik

Sudut yang Indah
Sudut yang Indah

Kelinci Batik
Kelinci Batik

Sudut Santai
Sudut Santai

Tetap Motif Batik
Tetap Motif Batik

Wayang Kulit
Wayang Kulit
Pojok Unik
Pojok Unik

Detail Lampu Batik
Detail Lampu Batik

Rasanya tak ada habisnya cerita tentang hotel ini, ingin rasanya tak berhenti menulis, tapi dengan memberikan gambar yang terpasang di tulisan ini tidak diragukan lagi khan untuk stay di sini dan membenarkan bahwa Museum Rekor Dunia Indonesia tidak salah memberikan penghargaan nya.

Untuk Reservasi bisa langsung ke:
The Royal Surakarta Heritage
Jalan Brigjen Slamet Riyadi 06
Solo
Telepon : +62 271 666 111
[email protected]
mgallery.com
accorhotel.com

Jangan lupa juga follow akun sosial media nya:

Instagram : theroyalsurakartaheritage
Twitter : @TheRoyalHotel_
Fanpage: The Royal Surakarta Heritage Solo MGallery Collection

SHARE
Previous articleSolo, the spirit of Java
Next articleLitus Rinaya, Canggu
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here