FamTrip bikin #SemarangHebat jadi Trending Topik (Part 1)

32
670
Semarang
#SemarangHebat

Beruntung banget long weekend di bulan Mei ini, aku bareng 20 blogger yang sebagian besar anggota dari Travel Blogger Indonesia, berasal dari beberapa kota yang ada di Indonesia, di antara nya Jakarta, Denpasar, Batam, Surabaya, Yogyakarta, Makasar dan tentunya ada blogger lokal dari kota Semarang, diundang oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS) dalam acara FamTrip Blogger 2016 , tepatnya tanggal 6 – 8 Mei.

Sebagian peserta ada yang datang duluan, tetapi sesuai dengan itinerary yang diterima sebelum nya, semua blogger akan berkumpul pada tanggal 6 Mei pukul 09.00 di Soto Ayam Khas Semarang Pak Man, yang lokasinya ada di Jalan Pamularsih Raya No 32. Ketika aku sampai di tempat makan, ternyata rombongan pertama sudah tampak duduk sambil menikmati soto beserta menu tambahan yang ada di meja seperti perkedel dan sate kulit. Keriuhan awal tak bisa dibendung, adegan cipika cipiki pun terlihat heboh, aku beserta rombongan yang baru datang segera memesan soto yang memang kondang di kota ini.
Acara dilanjutkan dengan perkenalan, satu per satu dari blogger memperkenalkan diri, begitu juga dari pihak tuan rumah memberikan sambutan yang ramah sekaligus membuka acara FamTrip dengan briefing singkat yang intinya, kita akan diajak ke beberapa tempat wisata dan kuliner, dengan tujuan untuk memperkenalkan kota Semarang dengan menggunakan hastag #SemarangHebat

Soto Ayam Khas Semarang Pak Man
Foto Bersama di Soto Ayam Pak Man

Dengan kawalan mobil polisi, setelah mengisi perut dan sudah mempunyai energi tambahan, kami kembali naik ke dalam mobil dan meluncur menuju lokasi wisata yang pertama yaitu Sam Poo Kong, dikenal juga dengan sebutan Gedung Batu yang merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Berhubung long weekend, lokasi wisata ramai sekali, tapi hal ini tak menyurutkan teman teman untuk mulai hunting foto atau video, masing masing dengan senjata kamera DSLR, Mirrorless atau Gopro segera menyebar ke seluruh sudut dari area wisata ini. Sesekali terlihat satu dengan yang lain nya bergantian untuk mengambil gambar karena untuk keperluan posting di sosial media.
Sam Poo Kong
Foto bersama di depan Patung Besar Laksamana Ceng Ho

Sedikit kaget ketika diberitahu rute selanjutnya adalah Waroeng Bandeng Juwana karena terus terang Soto Pak Man masih belum benar benar turun, untung nya ada tambahan pemberitahuan bahwa di waroeng ini kami akan melihat semua menu andalan yang biasa dihidangkan dan boleh mencicipi secara bersamaan. Berbagai menu masakan dari bahan dasar ikan bandeng disajikan di meja, kami secara bergantian bahkan sedikit berebut untuk mengambil gambar dari makanan tersebut. Ada otak otak bandeng, nasi bakar bandeng, tongseng bandeng, pepes bandeng, garang asem bandeng, tahu gimbal bandeng dan masih ada beberapa menu lain nya. Alhasil setelah photo session makanan selesai, semua mengambil piring masing masing dan langsung mencicipi semua yang ada di atas meja.
Waroeng Bandeng Juwana
Wajah wajah sumringah karena menu makanan enak

Karena hari ini Jumat, maka teman teman blogger yang Muslim tak lupa menunaikan Ibadah Sholat Jumat, sedangkan bagi yang beragama lain, langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi makan siang yaitu di Semarang Restorant di Jalan Gajah Mada no 125. Pemiliknya Bapak Jongkie Tio dikenal sebagai pendongeng Semarang Tempo Doeloe, dan itu terbukti saat bertemu dan mengobrol, aku dapat merasakan asiknya mendengarkan tutur kata beliau. Sebagai makanan pembuka di meja kami sudah disediakan Lumpia khas Semarang lengkap dengan bumbu kental dan lombok hijau. Makanan utama siang ini juga merupakan andalan adalah Lontong Cap Go Meh, dimana Pak Jongkie menceritakan bahwa di dalam satu piring menu tersebut ada 12 macam variant bahan dan cara makan nya adalah dengan mengaduk pelan semua bahan serta mencampurkan menjadi satu. Tidak ada yang memungkiri kalau Lontong Cap Go Meh nya enak tenan. Yang bikin makin cinta ama restorant ini adalah saat disajikan dessert sebagai penutup dengan nama Es Puspa, wow bikin pengen nambah tapi aku malu hehe…karena rasa manis, kecut dan sedikit pedas bikin mata merem melek. Sebelum keluar dari restorant, kami para blogger mendapat khabar gembira karena #SemarangHebat menjadi trending topik
Restorant Semarang
Foto bersama di halaman belakang Restorant Semarang

Rombongan blogger sekarang diajak ke Hotel MG Setos yang merupakan tempat tinggal selama 2 malam, sambil menunggu pembagian kunci kamar, teman teman dari BP2KS membagikan souvenir dan goodie bag serta kaos seragam yang bakal dipakai untuk besok malam. Mempunyai waktu satu jam untuk masuk kamar dimanfaatkan untuk bersih bersih diri, istirahat sejenak dan berganti busana. Pukul 16.00 semua blogger sudah siap di lobby dan berangkat menuju sekolah Kuncup Melati, yaitu sekolah gratis yang ada di kompleks pecinan, menerima murid tanpa memandang asal dari mana, tapi mengapa memilih sekolah di Kuncup Melati. Di sini para murid dari keluarga yang kurang mampu tidak dipungut biaya apapun. Sekolah berusaha memberikan bekal pendidikan dan ketrampilan. Terlihat langsung saat kami berkunjung ada hasil dari ekstrakulikuler membatik dan peragaan Barongsai dari murid murid di sana.
Sekolah Kuncup Melati
Foto bareng dengan pengurus dan murid Sekolah Kuncup Melati

Dari sekolah Kuncup Melati, dengan berjalan kaki kami menuju Klenteng Tay Kak Sie yang berada di jalan Gang Lombok, didirikan pada tahun 1746, awalnya diperuntukkan untuk memuja Dewi Kwan Im dan selanjutnya berkembang menjadi klenteng besar. Di sini kami mendapat suguhan sendratari kontemporer yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang berlatar belakang adat istiadat tradisional Cina dan diberi kesempatan untuk tanya jawab mengenai seputaran Klenteng.
Tay Kak Sie.
Foto bersama para penari di Klenteng Tay Kak Sie

Kami bergerak menuju Jalan Beteng no 41, Kranggan dengan menggunakan mobil, dimana di sini ada kedai kopi yang bernama E Coffee milik Pak Moelyono, di tempat ini beberapa barista handal dilahirkan. Bagi peminat kopi kalau pas ke Semarang harus mampir ke sini, karena racikan kopi nya menurut teman blogger yang memang penggemar kopi, benar benar bisa diandalkan. Di samping berkesempatan mencicipi kopi yang dibuat langsung oleh sang pemilik, di meja tersedia beberapa kue kue, termasuk yang khas semarang dengan nama GanjelRel, penasaran rasanya gimana? Yang pasti enak dan jangan lupa membeli buat oleh oleh orang di rumah
E Coffee
Berkesempatan untuk foto bersama dengan Pak Moelyono

Dari lokasi kedai kopi, kami berjalan kaki menuju Pasar Semawis, dimana di area ini pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu ada semacam pasar malam yang menjual berbagai pernak pernik dan kuliner dari segala macam menu. Di sini para blogger berkesempatan untuk menikmati jamuan makan Tuk Panjang bersama kepala Dinas Pariwisata dan dari perwakilan Pemkot Semarang di Pasar Semawis. Untuk makan malam kuliner khas Semarang yang disuguhkan adalah Nasi Ayam lengkap dengan kuah labu yang yummy dan tak ketinggalan es puter Cong Lik yang menjadi andalan dari pasar ini.
Pasar Semawis
Tuk Panjang di Pasar Semawis

Wow…benar benar dah, seharian ini rasanya kami tidak hentinya menikmati suguhan makanan khas Semarang yang memang diakui bahwa enak semua, sehingga sekarang benar benar full, untung nya masih ada agenda satu tempat wisata yang akan dikunjungi, sehingga bisa menurunkan makanan yang ada di dalam perut. Lawang Sewu yang terletak di dekat Tugu Muda Semarang, merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada 1904 di mana dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api pada jaman penjajahan Belanda. Dikenal juga sebagai wisata yang masih mengandung nuansa horor, pesan dari guide yang mengantar kami selama berada di area ini jangan sampai terpencar dari rombongan dan pikiran tidak boleh kosong. Area lokasi wisata ini sangat luas, kami diajak berkeliling dan naik sampai ke lantai tiga gedung yang sangat kokoh ini. Kurang lebih satu jam setengah kami berada di dalam dan semua sudah mulai merasakan kelelahan, tapi jujur sepanjang hari ini mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan,
Lawang Sewu
Lawang Sewu, sesuai dengan namanya Seribu Pintu

FamTrip hari pertama sudah selesai, saat nya beristirahat, merebahkan diri dan membenamkan badan di ranjang nyaman Hotel MG Setos, bersiap tidur dan besok akan ada agenda yang lebih seru….

Alooo Guys, kalau penasaran ama tempat tempat yang ada di itinerary aku, bisa baca blog temen temen tercinta aku ya, link nya di bawah ini:

Atanasia Rian
http://www.kulinerwisata.com/2016/05/tempat-wisata-dan-kuliner-asyik-di-semarang.html

http://www.kulinerwisata.com/2016/05/bermain-tubing-di-desa-wisata-kandri.html

Rico Sinaga
http://www.richotraveling.com/dari-sam-poo-kong-ke-tay-kak-sie/

Vika Octavia
http://www.vikaoctavia.com/2016/05/ada-gus-dur-di-pecinan-semarang/

http://www.vikaoctavia.com/2016/05/penyesalan-di-desa-wisata-kandri/

Leonard Anthony
http://www.cool4myeyes.com/2016/05/jelajah-malam-di-lawang-sewu.html?m=1

http://www.cool4myeyes.com/2016/05/kulik-kuliner-di-restaurant-semarang.html?m=1

Eka Situmorang-Sir
https://ceritaeka.com/2016/05/11/semarang-night-carnival-2016/

https://ceritaeka.com/2016/05/13/lawang-sewu-malam-hari/

Taufan Gio
http://disgiovery.com/semarang-hebat-culinary-heritage/

http://disgiovery.com/semarang-hebat-adventure-carnival

Danan Wahyu
https://dananwahyu.com/2016/05/11/dongeng-rasa-di-restoran-semarang/

https://dananwahyu.com/2016/05/13/mg-setos-hotel-terjebak-di-antara-kubikel-raksasa/

Imama
http://www.imalavins.com/2016/05/hantaman-jeram-kali-kreo.html

http://www.imalavins.com/2016/05/pahit-yang-melekat-pada-indera-pengecap.html

Efenerr
http://www.efenerr.com/2016/05/12/ada-tiongkok-di-semarang/

Nur Al Marwah
http://nuralmarwah.com/satu-hari-mengenal-tiongkok-di-pecinan-semarang/

http://nuralmarwah.com/budaya-semarang-dalam-fantasi-warak-ngendog/

Titi
bit.ly/PSwarakngendok

bit.ly/PSlawangsewu

Luhde
http://luhde.nawalapatra.com/kisah-di-balik-kuliner-semarang/

Puspa
http://www.puspasiagian.com/2016/05/antusiasme-masyarakat-di-semarang-night.html?m=1

Astin Soekanto
http://www.astinsoekanto.com/lepaskan-zona-nyamanmu-dengan-tubing-di-sungai-kreo/

http://www.astinsoekanto.com/ekspresikan-dirimu-di-old-city-3d-museum/

Albert Ghana
lostinparadise.web.id/post/144271348636/photo-stories-semarak-semarang-night-carnival

Olive Bendon
https://obendon.com/2016/05/13/semarang-hebat/

Wira
http://wiranurmansyah.com/kalau-punya-satu-hari-di-semarang-enaknya-kemana-saja-ya

http://wiranurmansyah.com/photo-essay-semarang-night-carnival

Fahmi Anhar
http://fahmianhar.com/pesta-rakyat-semarang-night-carnival-2016/

Bobby
http://www.virustraveling.com/seru-seruan-river-tubing-di-kali-kreo-semarang/

Budiono Sukses
http://www.budiono.net/2016/05/11/keseruan-semarang-night-carnival-2016/

32 COMMENTS

    • @vika wah tersanjung nih Kak, kmrn mau lanjutin sekalian tapi mikir apa yang baca nggak ketiduran hehe…abis lokasi kunjungan nya menarik banget apalagi nanti yang Part 2, btw thanks udah mampir kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here