Nusa Penida

2
1105
Salah Satu Keindahan Pulau Penida

Akoe : Jam berapa?
Teman: Jam 7 pagi sudah harus ada di Sanur
Akoe : Wadow pagi banget…tapi, ya udahlah mau gimana lagi

Sekilas pembicaraan via telpon dengan teman yang sudah pernah ke Nusa Penida dan kali ini masih mau menemani aku berkeliling menjelajah keindahan pulau yang belakangan banyak dibicarakan orang.
Jadi sesuai kesepakatan, tepat pukul 7 pagi aku sudah ikut larut dalam sekumpulan orang yang berdiri di depan meja kecil counter pembelian tiket penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida. Tiket sekali jalan ini memang baru bisa dibeli pada saat kita mau berangkat, bergegas aku menuju ke arah pantai tempat kapal boat yang bernama “Caspla” bersandar. Tanpa menunggu lama, panggilan untuk naik ke kapal berkumandang lewat teriakan awak kapal. Nah ini, belum apa apa sudah butuh perjuangan, karena kapal bersandar masih dalam genangan air laut, sehingga bersiap untuk kaki basah setidaknya sampai di atas dengkul, begitu sampai di atas kapal harus segera memilih bangku kosong, karena tiket yang kita beli tanpa nomor kursi.
Perjalanan dengan kapal boat dari Sanur ke Nusa Penida membutuhkan waktu sekitar satu jam, sepanjang perjalanan aku tertidur karena tak bisa menahan rasa kantuk imbas dari bangun terlalu pagi hehe…
Oiya untuk bisa mencapai tempat tempat wisata yang ada di Pulau Nusa Penida, kita harus menyewa sepeda motor, bisa sekalian dengan guide nya atau sistem lepas kunci, tergantung keinginan kita.

Okay sekarang bersiap untuk aku beri gambaran tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi saat kalian berkesempatan untuk datang ke Pulau Nusa Penida:

1. Pantai Atuh
Berada di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan. Banyak yang bilang pemandangan pantai ini jika dilihat dari atas hampir mirip dengan Raja Ampat, keunikannya pada tebing yang memanjang dengan banyak gugusan pulau pulau kecil di dekat tebing tersebut yang tersebar di lautan. Pulau pulau tersebut sering dikenal dengan sebutan Batu Abah. Pantai ini membentang sepanjang tebing dan sebagai pembatas adalah atol dan dua pulau kecil yang ada di depan nya.

Keindahan Pantai Atuh dilihat dari atas
Keindahan Pantai Atuh dilihat dari atas

Buat kalian yang stamina nya cukup kuat dan fit, boleh juga mencoba untuk turun ke bawah, dimana harus memperkirakan fisik masing masing apakah kuat untuk trekking menurun melalui anak tangga yang curam dan nantinya harus balik melalui rute yang sama. Aku sendiri berusaha untuk turun dan menyaksikan sendiri apa yang menjadi andalan dari pantai ini, dan ternyata ketika sampai di bibir pantai, kita bisa melihat batu karang yang kokoh tapi berlubang, amazing juga sih.
Pantai Atuh dengan Karang berlobang
Pantai Atuh dengan Karang berlobang

2. Kolam Alam Tembeling
Berada di Banjar Salak, Desa Batu Madeg. Untuk bisa sampai ke danau ini kita harus melewati jalanan kecil turun ke bawah, hampir sama kondisinya dengan akses menuju pantai atuh, bedanya untuk tempat wisata ini kita trekking di jalan tanah bebatuan. Ada 2 kolam yang bisa kita temukan saat sampai di bawah, dan sebenarnya jalanan yang kita lalui akan berujung ke laut. Kolam yang lebih dekat dengan laut digunakan khusus untuk wanita dan kolam yang lain nya digunakan khusus pria. Air di kolam ini sangat jernih dan jika terkena terpaan matahari, warna airnya akan terlihat tosca.

Kolam Alam Tembeling
Kolam Alam Tembeling

3. Karang Dawe
Berada di Banjar Karang Dawe, Desa Bunga Mekar. Merupakan sebuah tebing di mana kita bisa melihat pemadangan laut yang ada di bawahnya, memang sangat indah. Beberapa orang mengatakan bahwa batu karang yang terlihat dari atas menyerupai anak ikan paus. Karang Dawe tidak ada akses untuk turun ke bawah, kebanyakan para wisatawan hanya bisa melihat dan mengabadikan lewat jepretan kamera, jika ada yang ingin terlihat sedikit ekstreem dengan melakukan foto di pinggiran tebing.

Karang Dawe, terlihat seperti anak paus
Karang Dawe, terlihat seperti anak paus

4. Pantai Pasih Uug
Berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar. Dikenal juga dengan nama Broken Beach, atau disebut Pantai Patah, hal tsb di karenakan pantai ini mempunyai tebing yang tengahnya berlubang, sehingga terlihat seperti terowongan raksasa yang menjorok ke lautan.

Broken Beach
Broken Beach

5. Angel’s Billabong
Satu lokasi dengan Pantai Pasih UUg, tinggal berjalan masuk ke dalam tapi tidak terlalu jauh. Dinamakan Angel secara arti sesungguhnya, tempat wisata ini merupakan salah satu bidadari wisata di Nusa Penida. Tempat wisata ini terlihat seperti kubangan air yang menjorok ke laut lepas, pada musim kemarau air di kubangan tersebut sanga bersih, sedangkan pada musim penghujan seperti saat aku datang, airnya rada keruh. Kita juga memungkinkan turun untuk berenang sambil menikmati keindahan laut lepas, di mana sesekali ombak nya bisa sampai pada kubangan air

Angel's Bilabong
Angel’s Bilabong

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang bisa diexplore di area Nusa Penida, tapi waktu juga yang jadi alasan aku harus kembali ke Denpasar, tetapi dengan adanya 5 tempat wisata yang sempat aku kunjungi, semoga bisa memberi gambaran kepada kalian semua bahwa Nusa Penida itu indah.

SHARE
Previous articleFour Points By Sheraton Bali, Kuta
Next articleDesamuda Village, Seminyak
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

2 COMMENTS

  1. Halo… berguna banget nih postingannya. Kebetulan ada rencana mau ke Nusa Penida. Kalau boleh tahu, akses menuju Karang Dawe ini gimana ya? Ada papan petunjuknya gak? Thank you in advance

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here