Info Penting tentang Traveling

    8
    178
    Ayo Jalan Jalan
    Ayo Jalan Jalan

    Memiliki hobi jalan jalan atau baru memulai menyukai hal yang berkaitan dengan traveling dan bepergian? Apapun alasan Anda, bepergian ke suatu daerah apalagi ke luar negeri pastilah membutuhkan persiapan. Persiapan yang baik akan mempermudah perjalanan Anda saat berada di lokasi tujuan Anda.

    Kebutuhan dan bekal yang dibutuhkan saat bepergian ke luar negeri berbeda dengan saat kita mengunjungi obyek wisata di dalam negeri. Apalagi jika hal ini menjadi pengalaman pertama Anda. Benar benar sangat menarik! Kesempatan untuk mendapatkan harga menarik juga bisa Anda dapatkan dari beberapa perusahaan penerbangan. Salah satunya adalah dengan mencari peluang promo tiket AirAsia ke luar negeri.

    Nah, tentunya Anda tidak mau kan kelimpungan karena kekurangan suatu hal vital yang mestinya sudah Anda siapkan dari rumah. Jangan sampai Anda membuat keonaran yang tidak ingin dilakukan di negeri orang. Beberapa poin berikut ini mungkin bisa membantu mematangkan persiapan rencana bepergian ke luar negeri Anda dalam waktu dekat ini

    sumber: loop.co.id
    sumber: loop.co.id

    Berikut adalah poin dan info penting sebelum jalan jalan ke luar negeri:

    Mempersiapkan semua dokumen penting  dan menggandakannya

    Dokumen penting bagi setiap wisatawan adalah tanda pengenal. Jika masih dalam negeri Anda cukup membawa KTP. Nah, kalau berkunjung hingga lintas negara tentunya membutuhkan dokumen yang berbeda. Paspor dan visa menjadi barang-barang yang wajib Anda bawa

    Ayo Jalan Jalan
    Sumber: o2zone.wordpress.com

    Seperti yang telah Anda ketahui. Paspor adalah tanda pengenal dalam lingkup internasional. Visa adalah surat izin bagi Anda yang mau memasuki kawasan negara lain. Keduanya adalah hal utama yang tak boleh terlupakan.

    Mempersiapkan salinan data dalam bentuk hard dan soft copy dokumen juga dibutuhkan seperti paspor, visa, termasuk tiket perjalanan Anda. Persiapan ini untuk langkah antisipasi  secara dini jika sewaktu-waktu dibutuhkan segera.

    Memilih lokasi tujuan yang tepat

    Traveling memang membutuhkan persiapan lebih matang karena cara ini mengharuskan Anda lebih mandiri tanpa melalui bantuan pihak lain. Namun hal ini bisa menjadi pengalaman menarik dan memiliki tantangan tersendiri. Persiapan pertama mengharuskan Anda mencari sendiri destinasi wisata sesuai harapan dan keinginan Anda.

    Mengetahui kondisi alam dan juga lingkungan sekitar dari negara tujuan adalah hal wajib yang harus Anda persiapkan sebelum waktu keberangkatan. Info bisa didapat dengan banyak cara, melalui internet atau dengan membaca buku panduan wisata yang banyak tersedia di toko buku. Mencari tahu info selengkapnya, termasuk tansportasi dan perkiraan biaya yang dikeluarkan.

    Mencari tahu kondisi cuaca dan bahasa lokalnya

    Kondisi wilayah suatu negara satu dengan lainnya pasti memiliki perbedaan. Mengetahui kondisi wilayah dan cuacanya sejak awal sebelum keberangkatan adalah hal yang terbaik. Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan dan menyesuaikan barang bawaan Anda.

    Terlebih jika negara tujuan tengah memasuki musim dingin, anda membutuhkan baju-baju hangat dan perlengkapan penting lainnya. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan semangat melakukan traveling. Intinya jangan sampai saltum alias salah kostum, apalagi jika berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan diri Anda.

    Pengetahuan bahasa setempat termasuk kalimat sapaan dan percakapan ringan sehari-hari juga sangat penting untuk Anda. Hal ini agar Anda bisa berinteraksi dengan warga setempat, terlebih jika tengah mengalami kesulitan. Akan lebih mudah jika menggunakan bahasa yang mereka mengerti.  Misalnya saja untuk menanyakan tentang alamat, arah, tempat makan atau restoran dan sebagainya.

    Meminimalisir barang bawaan

    Barang bawaan yang banyak justru akan semakin merepotkan perjalanan Anda. Bawalah barang dan perlengkapan seperlunya saja. Pemilihan baju yang tidak terlalu tebal akan menghemat tempat untuk menampung barang penting lainnya. Susunah secara rapih agar mudah asaat mengeluarkan dari tas. Barang bawaan yang pas akan membantu Anda juga menghemat biaya karena tidak membutuhkan adanya bagasi tambahan.

    Ayo Jalan Jalan
    Sumber: scoopempire.com

    Membawa Peta dan Alat Tulis  

    Peta sangat dibutuhkan untuk membantu mencari tau posisi/lokasi tujuan Anda. Demikian juga dengan alat tulis untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami kesulitaan dalam pengucapan bahasa setempat. Tentunya Anda tidak mau kan mengalami kondisi lebih buruk karena salah menanyakan suatu hal. Informasi yang Anda dapatkan juga tidak sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami. Maka hal ini akan memakan waktu yang tidak efisien.

    Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi dalam smartphone Anda untuk membantu mencari lokasi suatu tempat dan arah menuju ke sana. Tetapi jika tiba-tiba handphone Anda mati dan tidak ada alat untuk mendapatkan daya listrik, maka bisa menjadi hambatan perjalanan Anda!

    Maka langkah antisipasinya, segera siapkan alat ajaib bernama universal travel adapter. Alat ini berguna sekali, terutama saat di luar negeri, yakni untuk mengalirkan daya listrik pada telephone genggam Anda. Tidak semua negara memiliki alat ’colokan listrik’ yang sama dengan negara kita.

    Menyiapkan uang

    Ketersediaan uang menjadi poin penting selanjutnya, terlebih uang tunai dalam pecahan kecil. Mata uang yang umumnya dibutuhkan dalam setiap kunjungan ke luar negeri adalah US dollar. Sehingga Anda bisa langsung menukarnya dengan mata uang lokal. Uang tunai tetap dibutuhkan meskipun sebagian besar negara sudah memiliki layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang cukup lengkap.

    Mata uang lokal juga lebih baik jika telah Anda siapkan dari rumah. Hal ini untuk menghindari suatu kondisi yang bisa menghambat perjalanan anda. Happy traveling everyone!

    SHARE
    Previous articleIbis Styles Jakarta Mangga Dua Square
    Next articleAir Terjun Bertingkat
    Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

    8 COMMENTS

    1. Nice info, koh.
      Yang nomor 1 aku setuju banget. Biasanya aku selalu punya softcopy dokumen2 data diri. Siapa tau gimana2 ya koh jadi tetap ada salinannya 🙂

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here