Kuliner dan Oleh Oleh dari Cirebon

1
185
Kuliner dan Oleh Oleh dari Cirebon
Kuliner dan Oleh Oleh dari Cirebon

Akhir pekan yang menyenangkan, ketika aku mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kota Cirebon. Menginap di Ibis Budget Cirebon yang lokasinya strategis, sehingga memudahkan aku untuk melakukan aktifitas apa saja, termasuk mencoba kuliner yang ada di Kota Udang serta membeli oleh oleh khas di sana.

Berikut 6 ( enam ) tempat yang aku kunjungi, dimana lima di antaranya merupakan tempat makan dan satu lokasi untuk membeli oleh oleh, yukkkk lanjutkan buat membaca liputan aku :

  1. Rumah Makan Pipit Tongseng Battembat

Berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No 9, Battembat, Tengah Tani, Cirebon. Perjalanan dari Hotel Ibis Budget Cirebon sekitar 20 menit. Rumah makan Pipit mempunyai area yang luas dengan pilihan banyak tempat duduk, bahkan ada beberapa area di resto ini, yang boleh dibilang instagramable alias asik buat foto foto.

Menu yang dijual di sini ada beberapa jenis: ayam kampung, soto ayam, bakso, empal, sop iga, tapi yang paling terkenal Tongseng Battembat dengan pilihan porsi yang beragam seperti misalnya porsi per orang, 1/4 kg, 1/2 kg sampai yang paling besar adalah 1kg. Daging yang digunakan untuk tongseng adalah daging sapi.

Pelayanan di Rumah Makan Pipit sangat bagus, semuanya ramah, bahkan kita diperbolehkan untuk mengambil gambar saat dari bahan mentah, proses memasak, sampai saat tongseng siap disajikan. Rekomended banget tonseng di sini, kalau kalian ke Cirebon, boleh mampir ke sini. Oiya jangan lupa setelah selesai makan, pesan es campur sebagai dessert yang segar segar.

Kuliner di Cirebon
Rumah Makan Pipit Tongseng Battembat
Kuliner di Cirebon
Tempat makan yang Instagramable
Kuliner di Cirebon
Bahan bahan Tongseng
Kuliner di Cirebon
Tongseng Battembat
Kuliner di Cirebon
Es Campur

2. Mie Petruk

Sore hari pas menjelang malam, paling cocok nih makan di sini. Mie Petruk yang ada di Jalan Drajat, lokasi nya tidak jauh dari Ibis Budget Cirebon. Sebelum lupa aku sarankan, kalau mau makan disini datang sebelum jam buka yaitu sekitar jam 5 sore. Karena porsinya juga tidak terlalu banyak, kalau memang mampu langsung pesan 2 porsi.

Mie Petruk, sangat digemari oleh masyarakat lokal Cirebon dan tentunya para pendatang atau wisatawan yang sudah pernah merasakan enaknya bakmie goring ini. Kenapa kok harus datang lebih cepat dan pesan langsung 2 porsi, karena cara memasak Mie Petruk, masih menggunakan alat masak tradisional yang menggunakan arang sebagai perapian, dan penjual memasak pesanan secara satu per satu sehingga harus sabar mengantri.

Tempat makan juga tidak terlalu luas, sehingga beberapa pembeli, saat aku berada di sana, memilih untuk dibawa pulang saja. Sedangkan jika hendak makan disana, memang ada tempat duduk yang disedikan di teras rumah serta juga boleh lesehan di ruang tamu dari penjual Mie Petruk. Kalau ditanya soal rasa dari mie ini, aku bilang suka banget.

Kuliner di Cirebon
Warung Mie Petruk
Kuliner di Cirebon
Alat masak tradisional
Kuliner di Cirebon
Lezatnya Mie Petruk

3. Little Black Coffee and Tea

Buat para pecinta kopi dan teh, kalau pas main ke Cirebon, aku sarankan buat mampir ke sini Little Black Coffee and Tea yang lokasinya di Jalan Parujakan, persis di depan Marina Restoran. Tergolong masih baru, karena ketika aku tanya kepada barista yang di sana, jawabannya bulan September 2017, café ini baru dibuka.

Suasana yang dibangun oleh café adalah rumahan banget, konsep hitam putih yang sangat simple tapi dengan tambahan pernak pernik di dinding, membuat ruangan menjadi nyaman dan bikin betah saat berada di dalamnya. Cuma sayangnya, lokasi smoking dan no smoking berada dalam satu ruangan.

Selain menjual kopi dan teh sebagai minuman andalan, café ini juga menjual cemilan, nasi rumahan yang isinya nasi putih, oreg, sambel goring dan potongan ayam. Temen ku yang asli orang Cirebon, menyarankan aku untuk cobain Lomie nya, katanya emang enak banget.

Kuliner di Cirebon
Little Black Coffee and Tea
Kuliner di Cirebon
Bar di Little Black
Kuliner di Cirebon
Ruangan non smoking
Kuliner di Cirebon
Ruangan smoking
Kuliner di Cirebon
Order minuman apa?

4. Nasi Lengko H. Barno

Kalau yang satu ini, benar benar makanan khas Cirebon, beberapa kali aku ke kota Udang, selalu mampir ke Jalan Pagongan no 15 untuk menikmati nasi yang diberi nama Nasi Lengko. Termasuk rumah makan legendaris karena konon cerita, sudah ada sejak tahun 1968.

Tempat makan memanjang ke dalam dengan meja yang sangat panjang, kita boleh duduk dulu baru memesan, atau sebelum masuk bisa pesan terlebih dahulu. Kalau yang belum pernah makan nasi Lengko, gampang nya bayangin nasi pecel, tapi kalau di sini isinya potongan tahu, tempe, dan irisan mentimun serta bumbu kacang ditaburi bawang goreng dan kecap manis.

Cara makannya adalah sebelum kita nikmati, diaduk semuanya terlebih dahulu, jika yang suka manis, tambahkan kecap lebih banyak lagi. Nasi lengko sangat cocok jika dimakan bareng sate kambing yang juga bias dipesan langsung di sini. Selain menu tersebut, kalian bias cobain es durian dan tahu gejrot di depan rumah makan H. Barno.

Kuliner di Cirebon
Nasi Lengko Haji Barno
Kuliner di Cirebon
Tempat makan yang luas
Kuliner di Cirebon
Nasi Lengko
Kuliner di Cirebon
Jangan lupa pesen sate kambingnya

5. H. Moel Seafood Cipto Cirebon

Sama halnya dengan Nasi Lengko, setiap aku ke Cirebon, menyempatkan untuk makan malam di H. Moel Seafood yang ada di Jalan Cipto Mangunsarkoro, persis di depan CSB Mal. Sehingga sangat mudah untuk menemukan rumah makan ini, lokasi parkir terlihat tidak terlalu besar, tapi untuk tempat makan di dalam sangat luas.

Buat penggemar seafood, terutama kepiting, harus atau wajib mampir ke sini, alasan pertama adalah dari sisi harga, karena dibandingkan dengan harga kota lain, ini yang paling murah pernah aku temukan. Alasan kedua, memang dari sisi rasa sangat rekomendasi banget, selain kepiting kalian juga harus cobain udang nya.

Kuliner di Cirebon
Kepiting H. Moel
Kuliner di Cirebon
Tempat makan di H Moel
Kuliner di Cirebon
Menu makanan di H. Moel

6. Oleh Oleh Cirebon Sinta Manisan

Yang namanya jalan jalan identik dengan oleh oleh dari tempat yang kita kunjungi. Kalau di Kota Udang, tempat oleh oleh  terkenal adalah Sinta Manisan yang ada di Jalan Lemah Wungkuk yang dikenal dengan daerah Pecinan. Toko manisan ini memang dikenal oleh warga lokal dan pendatang.

Bangunan yang luas ini, menjual berbagai macam snack berupa krupuk, sirup serta terasi yang sangat terkenal. Pilihan manisan buah yang beraneka ragam, baik yang basah maupun kering juga ada, harga bervariasi dan dijual per berat yang kita minta. Jadi jangan lupa ya, sebelum balik mampir dulu ke sini.

Kuliner di Cirebon
Oleh oleh Sinta
Kuliner di Cirebon
Aneka Kripik
Kuliner di Cirebon
Manisan Sinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here