Ibis Budget Cirebon

1
205
Ibis Budget Cirebon
Ibis Budget Cirebon

Sekitar pukul lima pagi, aku sudah duduk di salah satu Coffee Shop yang ada di Stasiun Kereta Api kota Bandung. Segelas kopi hangat aku pesan untuk menghangatkan badan, sambil menunggu teman seperjalanan aku kali ini, Wenda dan Andrew, dimana kami sama sama mendapat undangan untuk main ke Ibis Budget Cirebon.

Setelah semua sudah datang dan berkumpul, kami memutuskan bergegas masuk ke dalam kereta dengan tujuan untuk melanjutkan tidur yang terputus dini hari tadi. Tepat pukul 06.15, kereta api beranjak meninggalkan kota Bandung menuju ke Stasiun Kejaksanaan kota Cirebon.

Sekitar pukul 10.30 aku sudah berada di depan bangunan hotel Ibis Budget Cirebon yang megah dengan paduan warna biru, putih dan abu abu. Gedung yang mempunyai 8 lantai ini terlihat sangat kokoh dan masih tampak baru, karena memang hotel ini baru beroperasi selama kurang lebih 5 bulan.

Ibis Budget Cirebon
Tampak depan bangunan hotel

Uniknya lagi, saat aku masuk ke dalam hotel, terlihat di lantai dasar adalah café lucu yang menjual makanan kecil dan aneka minuman, bukan resepsionis yang biasa langsung menyambut kita. Setelah aku bertemu dengan Jessica, PIC dari Ibis Budget Cirebon, baru tahu kalau tempat ini disebut Retail Area.

Ibis Budget Cirebon
Retail Area

Retail area ini terbagi menjadi dua bagian, di antaranya area smoking dan no smoking. Untuk smoking area ada di teras bagian depan hotel, persis di depan pintu masuk utama masuk ke hotel. Sedangkan no smoking area persis di depan café, ada banyak kursi warna kuning dan biru untuk bersantai.

Ibis Budget Cirebon
Ruang di bagian bawah hotel

Nah, di retail area ini, tempat duduknya bisa digunakan untuk berbagai fungsi, diantaranya saat menunggu jemputan mobil ketika hendak pergi keluar dari hotel, dijadikan ruang pertemuan dengan teman, sanak saudara atau teman bisnis yang ingin membicarakan berbagai kepentingan.

Ibis Budget Cirebon
Tempat duduk untuk santai

Dari Retail area, naik satu lantai, saat pintu lift terbuka aku langsung melihat meja resepsionis, sambutan dari staff front office yang sangat ramah dengan senyum mengembang, memberikan hawa segar bagi aku yang sedari tadi merasa sedikit gerah karena pengaruh udara di luar yang memang panas.

Ibis Budget Cirebon
Meja Resepsion

Ruang tunggu di area lobby Ibis Budget Cirebon  sangat luas, bergabung dengan ruang makan dan function room. Sekali lagi di area ini kita bisa kembali duduk santai, sambil menunggu proses check in dan menikmati welcome drink yang sudah disiapkan di meja dekat restoran.

Ibis Budget Cirebon
Ruang tunggu

Menginap di Ibis Budget Cirebon, sudah termasuk breakfast untuk 2 orang, dimana makan pagi bisa dinikmati dari pukul 06 sampai pukul 10 pagi. Konsep buffee breakfast ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh hotel, dengan berbagai menu pilihan yang disesuaikan dengan selera masing masing.

Ibis Budget Cirebon
Buffet Breakfast

Mulai dari roti, lengkap dengan alat pemanggang dan berbagai jenis selai jadi pilihan, bubur ayam, menu utama pendamping nasi goreng seperti ayam goreng, tumis kacang panjang, daging masak kecap. Buah buahan dan minuman segar, serta tak mungkin ketinggalan kopi dan teh.

Ibis Budget Cirebon
Menu makanan yang bervariasi

Sedangkan untuk minuman kopi yang ada variasi rasa, bisa dinikmati juga setelah selesai makan pagi dengan hanya membayar seharga Rp. 10.000,- untuk secangkir kopi nikmat. Caranyapun mudah, tinggal tekan tombol sesuai dengan pilihan kamu, maka mesin akan menyajikan dengan cepat.

Ibis Budget Cirebon
Tersedia minuman untuk nongkrong

Ruang makan yang sangat luas di area lobby, membuat semua pengunjung hotel merasakan kenyamanan atas pelayanan yang diberikan. Banyak pilihan tempat duduk saat makan pagi, tapi memang untuk lobby area semuanya non smoking alias tidak diperbolehkan merokok sama sekali.

Ibis Budget Cirebon
Ruangan makan

Seperti biasa setiap sarapan di hotel, aku dan teman teman berusaha mencicipi semua makanan yang disajikan, tapi dengan catatan semua makanan harus dihabiskan meskipun awalnya untuk keperluan foto. Disini semuanya bisa dilihat, seperti apa yang sudah aku sampaikan, seperti menu sarapan paginya aja.

Ibis Budget Cirebon
Serunya makan pagi di sini

Selain fasilitas breakfast, di lobby area, masih ada 2 fasilitas yang diberikan oleh  Ibis Budget Cirebon  kepada pengunjung yang menginap di sini, antara lain ruang baca dengan rak gantung yang berisikan beberapa buku bacaan dan Pojok Internet yang bisa digunakan sewaktu waktu jika ada yang memerlukannya.

Ibis Budget Cirebon
Ruang baca buat pengunjung hotel
Ibis Budget Cirebon
Internet Corner

Ibis Budget Cirebon mempunyai total 138 kamar, dengan beberapa pilihan tipe, yang mana bisa di tempati oleh 1, 2 atau 3 orang. Jumlah total lantai yang dimiliki seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya adalah sampai tingkat 8. Koridor antar kamar sangat elegan dengan perpaduan warna yang sangat pas.

Ibis Budget Cirebon
Koridor antar kamar

Konsep kamar dari hotel Ibis Budget Cirebon adalah simple tapi nyaman buat para traveler atau pebisnis, yang memang tujuan buat menginap di hotel adalah untuk beristirahat setelah selama seharian melakukan aktifitas. Bentuk denah ruangannya bisa aku gambarkan seperti di bawah ini, dimana kloset, kamar mandi dan tempat tidur terpisah satu dengan lainnya.

Ibis Budget Cirebon
Kamar aku di Ibis

Tempat tidur yang digunakan oleh Ibis Budget Cirebon sangatlah nyaman, tapi hal ini memang menjadi konsen dari pihak manajemen hotel, karena memang menjadi hal yang utama ketika orang menginap di hotel adalah untuk istirahat. Untuk pilihan tempat tidur ada yang satu ranjang besar atau dua ranjang kecil.

Ibis Budget Cirebon
Double Bed
Ibis Budget Cirebon
Twin Bed

Beruntung aku mendapatkan kamar di lantai teratas yaitu tingkat 8, dimana saat jendela dibuka, pemandangan kota Cirebon langsung bisa terlihat jelas. Kota Cirebon juga masih terlihat rapi dari susunan bangunan sehingga memberikan hiburan tersendiri buat kita saat lagi santai.

Ibis Budget Cirebon
View dari kamar

Oiya ada tambahan lagi yang perlu aku sampaikan, yaitu di setiap kamar diberikan cuma cuma 2 botol minuman air mineral. Kita tak perlu takut kekurangan air mineral, karena di setiap koridor di tiap lantainya, disediakan dispenser untuk air dingin dan air panas, yang sewaktu waktu bisa digunakan

Ibis Budget Cirebon
Tersedia Dispenser

Buat yang punya hobby olah raga seperti aku, pilihan menginap di Ibis Budget Cirebon, merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena di lantai 3 ada fasiltas gym dengan peralatan yang memadai, mulai dari mesin cardio sampai barbell dengan berbagai ukuran yang bisa digunakan untuk latian beban.

Ibis Budget Cirebon
Fasilitas Fitness

Serunya lagi, saat aku menginap di Ibis Budget Cirebon bisa menikmati suasana Car Free Day, yang kebetulan bertepatan dengan hari Minggu, karena lokasi jalan yang dipakai adalah merupakan jalanan dimana hotel Ibis Budget Cirebon berada. jadi kalau mau ikutan tinggal keluar dari area hotel.

Ibis Budget Cirebon
Car Free Day

Seperti halnya Car Free Day di kota kota lainnya, di Cirebon pun hampir sama, antusias masyarakat nya sangat terlihat jelas. Di sisi pinggiran jalan banyak penjual menjajakan dagangannya, mulai dari minuman segar, snack, makanan berat sampai bajupun juga ada. Sesekali aku ikut melihat barang barang yang dijual, siapa tahu ada yang cocok buat dibeli.

Ibis Budget Cirebon
Tinggal jalan keluar hotel

Yang bikin aku takjub adalah masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam senam di jalanan, jumlahnya sampai ratusan, dan mereka melakukan gerakan sambil mengikuti arahan dari instruktur yang berada di panggung sementara. Akupun tak ingin ketinggalan, dan segera bergabung di antara pengunjung CFD lainnya.

Ibis Budget Cirebon
Antusias Masyarakat Cirebon

Sebelum balik ke hotel, aku sempatkan juga mampir ke tempat dimana, banyak pedagang makanan yang memang dikumpulkan menjadi satu sehingga para pendatang bisa dengan mudah menemukan beberapa makanan khas Cirebon. Setelah membeli beberapa makanan aku memutuskan balik ke hotel Ibis Budget Cirebon, karena sarapan pagi sudah menunggu.

Ibis Budget Cirebon
Jangan lupa cobain kuliner khas Cirebon

Makanya tidak salah kalau Ibis Budget Cirebon merupakan hotel yang mengutamakan kenyamanan tapi dengan harga yang sangat terjangkau.

Hotel ibis budget Cirebon

Jalan Siliwangi No.88,

Kebonbaru, Kejaksan, Kebonbaru, Kejaksan,

Kota Cirebon, Jawa Barat 45121

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here