Sombori, Indah tak Terperi

10
128
Pulau Sombori
Pulau Sombori

Pulau Sombori berada di Sulawesi Tengah, merupakan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Morowali. Saat ini belum banyak orang yang tahu akan keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Sombori, tapi setelah aku melihat dengan mata kepala sendiri, aku yakin tak lama lagi pulau ini akan menjadi salah satu ikon wisata yang banyak dikunjungi oleh traveler baik dari dalam maupun luar negeri.

Saat ini Pulau Sombori merupakan kawasan Konservasi Perairan di Sulawesi Tengah. Beruntung aku mendapat kesempatan untuk mendatangi pulau ini dan tentunya akan berbagi keindahan alam yang aku lihat selama berada di pulau yang sebenarnya sangat mudah dijangkau oleh siapapun.

Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Sombori, yang bisa jadi gambaran kalau seandainya kalian ada yang mau main ke sini:

Pulau Kahyangan

Rasanya tak akan ada yang menyangkal, kalau Pulau Sombori dibilang miniatur Raja Ampat, hal ini terbukti saat aku melihat keindahan Pulau Kahyangan, yang mana ingatan aku seakan terlempar jauh ke beberapa tahun lalu saat melihat keindahan Wayag. Jadi dengan sedikit usaha untuk mendaki dan mencapai puncak dari bukit karang yang cukup tajam, sehingga harus ekstra hati hati, aku dapat melihat keindahan onggokan batu karang yang tersebar di laut lepas.

Pulau Sombori
Pulau Kahyangan

Goa Berlian

Kita bisa masuk dengan mudah ke dalan goa ini. Menyaksikan stalakmit dan stalaktit yang sudah ada sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Kita explore ke dalam dengan hanya berjalan kaki di seluruh bagian goa. Di salah satu sisi bagias atas Goa Berlian, ada lobang yang membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam, sehingga membuat bagian dalam goa berpendar dan berkilauan menyerupai berlian

Pulau Sombori
Goa Berlian

Goa Alloh

Dari Goa Berlian, aku melanjutkan perjalanan dengan kapal boat menuju Goa Alloh, bedanya kalau Goa yang ini justru penuh dengan air, karena yang dimaksud Goa disini adalah merupakan terusan dari laut yang ketika kita mau masuk di dalamnya, kita harus melalui lorong seperti mulut Goa. Di atas dinding goa, banyak kelelawar yang bersarang di sana, sehingga kadang disebut juga Goa Kelelawar. Berada di dalamnya kita bisa mengambil gambar dengan menggunakan perangkat kano, meskipun itu hanya digunakan sebagai properti.

Pulau Sombori
Goa Alloh

Sombori Hall

Puas mengambil gambar di dalam Goa Alloh, aku segera naik kembali ke kapal boat dan tujuan kali ini adalah Sombori Hall, aku sendiri mengartikan nama ini dengan menyaksikan apa yang kasat mata terlihat. Hall adalah mempunyai arti mudah “ruangan yang luas”, nah begithu juga  di sini aku bisa melihat hamparan luas air laut dengan warna biru tosca dengan batas pandangan mata adalah karang yang asri ditumbuhi tumbuhan hijau. Aktifitas yang bisa dilakukan di sini adalah berenang dan bermain kano.

Pulau Sombori
Sombori Hall

Air Kiri

Hampir sama dengan Sombori Hall, kali ini sebelum balik ke penginapan, aku diajak mampir ke tempat tujuan yang diberi nama Air Kiri. Pemandangan indah yang bisa dilihat disini adalah gradasi warna air laut yang nampak terlihat walau dengan kasat mata. Yang membuat sedikit berbeda dari Sombori Hall adalah untuk perairan di sini menjorok ke arah bibir pantai.

Pulau Sombori
Air Kiri

Sombori memang Indah tak Terperi, meskipun hanya sehari aku menjelajahinya, tapi memori indah tak akan terlupakan sepanjang masa.

10 COMMENTS

  1. Setuju banget kalo Sombori bakal jadi destinasi hits selanjutnya, Ko! Aku juga baru dari sana bulan lalu masih kebayang-bayang sama landscapenya. Gak ke Rumah Nenek ya, Ko? Ada laguna deket Rumah Nenek juga bagus tuh.

    • wah ada rumah nenek, dimana itu ya, aku laguna ada pergi tapi apa sama dengan yang dekat rumah nenek. iya aku sampai sekarang masih suka cerita ama siapa saja tentang Sombori hehehe

  2. Keren bangeeeet. Kapan-kapan kalau balik lagi ke Sulteng pengen deh bisa ke Sombori ini. Perjalanan dari Palu nya berapa lama ko?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here