Bukit Teletubbies Sentani Jayapura

12
236
Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Bukit Teletubbies Sentani Jayapura

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura, berlokasi di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu. Merupakan salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi, saat kalian berlibur ke Sentani atau Jayapura. Kalau dari kota Sentani, hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke sini.

Untuk sampai ke Bukit Teletubbies Sentani Jayapura, sangatlah mudah, jika kalian sendirian, lebih murah menggunakan sepeda motor, tapi kalau berbanyak orang lebih baik menggunakan mobil sewaan, karena bisa sekaligus berkunjung ke tempat wisata lain sebelum menyaksikan keindahan Bukit Teletubbies.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Tampilan Bukit Teletubbies

Karena dari namanya saja bukit, jadi pasti harus trekking untuk bisa sampai di puncaknya, tapi tidak perlu meyerah terlebih dahulu, karena Bukit Teletubbies Sentani Jayapura hanya di ketinggian 75 mdpl. Lebih lagi, untuk jalur pendakian yang berupa jalan setapak, ada 2 alternative, dan salah satu sangat mudah untuk dilalui, meskipun tetap membuat kita harus mengatur napas.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Jalan alternatif di Bukit Teletubbies

Oiya kenapa diberi nama Bukit Teletubbies? Karena bukit yang bersebelahan dengan danau Sentani di kawasan pengunungan Cyclop ini, bentuknya hampir sama dengan perbukitan yang ada di serial film anak, dengan judul Teletubbies. Jadi hati hati juga kalau kalian datang ke sini bersama 3 teman yang lain, dikira nanti pemain di film tersebut hehe…

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Tampak perkampungan

Kalau kalian sudah berhasil mendaki sampai ke atas atau puncak bukit Teletubbies, bisa terlihat jalanan setapak yang memanjang sampai ujungnya bahkan tak tampak dengan jelas. Nah di sepanjang jalan setapak tersebut, ada pondok pondok yang bisa digunakan untuk duduk santai sambal beristirahat. Tapi karena jumlahnya terbatas, maka pondok ini digunakan secara bergantian.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Pondok untuk tempat bersantai

Sambil duduk di pondokan atau kalau penuh santai aja “delosoran” di rumbut yang hijau, kita bisa menikmati secara jelas keindahan Danau Sentani yang sangat luas dan deretan rumah warga yang terletak di pinggiran hampir mendekati tepian danau, yang lokasinya persis di bawah kaki bukit.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Sisi pemandangan danau

Sedangkan di sisi lain nya, kalian juga bisa melihat hamparan bukit dan lembah Kampung Doyo Lama, sebuah pemandangan berupa ilalang dan hamparan rumput hijau yang asri, berwarna hijau pada saat musim penghujan dan akan berubah menjadi kuning kecoklatan saat musim kemarau.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Sisi Pemandangan padang rumput

Kalau kalian sengaja ingin mengunjungi Bukit Teletubbies Sentani Jayapura, datanglah pada sore hari menjelang senja. Karena saat cuaca verah, yang paling ditunggu adalah fenomena alam yang kita sebut “sunset” atau matahari terbenam. Salah satu tempat untuk melihat fenomena alam tersebut ada di sini.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Sunset di Bukit Teletubbies

Berkunjung ke Sentani, Jayapura bersama Ayo Jalan Jalan dan beberapa teman blogger lainnya, kembali membuka wawasan aku, akan betapa indahnya Indonesia dan aku semakin bersyukur tinggal di negeri tercinta yang mempunyai banyak keanekaragaman kultur dan budaya, dan semakin membuat aku bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura
Indahnya alam Sentani

12 COMMENTS

  1. Warna hijaunya itu bagus banget, Koh. Seger dipandang.
    Bukit teletubbies kalo pas matahari terbit juga nongol matahari yang ada bayinya juga nggak, Koh?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here