Banda Neira, Ku akan Datang

25
499
Kepulauan Banda

Alunan lagu dari Ananda Badudu dan Rara Sekar yang merupakan selingan santai sore ini masih terdengar, yah 2 orang musisi yang mengangkat nama unik “Banda Neira”

Mungkin juga tidak banyak yang tahu tentang duo penyanyi ini, tapi justru dari nama proyek iseng mereka, aku kembali mengingat tentang Banda Neira dan belakangan sejak aktif kembali di dunia traveling, salah satu impian destinasi adalah pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Banda, Maluku Tengah.
Pulau sarat sejarah jaman penjajahan dahulu, mempunyai hasil bumi berupa rempah rempah yang membuat beberapa negara kala itu ingin menguasai pulau Banda Neira. Salah satu nya adalah negara Belanda yang menjadikan sebagai area basis pertahanan VOC. Tapi saat sekarang justru kita mendapatkan hikmahnya, dimana tempat tempat bersejarah ini menjadi spot kunjungan wisata seperti: Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini dan beberapa bangunan lain nya yang bergaya arsitektur Belanda.

Salah satu yang ingin aku lakukan, adalah melampiaskan hobby snorkeling jika nantinya terkabul harapan ku sampai di Pulau Banda Neira, bayangkan saja perairan di sini menyimpan kekayaan biota laut yang mempesona dengan puluhan titik penyelaman. Terbayang sudah, setiap hari aku akan melaut, melihat keindahan terumbu karang, ikan yang bewarna warni dan bermandikan cahaya matahari. Beberapa pulau kecil di sekitar Banda Neira sudah menjadi catatan aku, seperti Pualu Run, Pulau Ai, Pulau Nailaka, Pulau Hatta, Pulau Pisang dan Pulau Banda Besar merupakan wisata bahari yang aku temukan saat mencari tahu via dunia maya. Oh REALLY MY DREAM INDONESIA
Apalagi sekarang aku juga sangat konsen untuk Explore Indonesia, sehingga destinasi ini akan aku wujudkan kapanpun ada kesempatan. Di samping itu ada satu artikel yang aku baca dari kunjungan beberapa rekan jurnalis yang ikut bareng Pelni ke Banda Neira pada bulan April tahun ini, melihat permasalahan utama yang menggangu kenyamanan wisatawan adalah soal sampah yang hanyut terbawa gelombang hingga ke daratan dan masih menjadi masalah pelik untuk mengajak dan memberi kesadaran ke masyarakat setempat untuk peduli soal sampah. Siapa tahu dengan kebiasaan  aku pergi ke suatu tempat wisata bersama beberapa teman bisa melakukan CSR dengan bersih bersih sampah yang ada di pinggiran pantai, bisa menggugah atau setidaknya memberikan contoh kepada penduduk setempat.
Sedangkan secara global untuk dunia pariwisata Indonesia, besar harapan aku untuk menggungah orang orang yang memang terpilih untuk memajukan pariwisata, bisa benar benar konsen untuk melakukan dan mengerjakan hal hal yang memang seharusnya dilakukan. Terkadang sangat sedih jika melihat pulau kita sendiri tetapi yang mengelola justru orang asing dan apalagi yang lebih miris, kita sebagai traveler terkadang tidak bisa masuk ke pulau yang sudah dikelola pihak asing tersebut dengan alasan regulasi atau yang paling sering alasan klise adalah biaya yang tidak terjangkau karena sudah menggunakan tarif dollar, sedangkan transaksi nya di negeri kita INDONESIA tercinta.
Baca juga postingan temen temen aku dari TBI member:

Leonard Anthony – Di Timur Menyongsong Dirgahayu
Indri Juwono – Anambas Mimpi Indonesiaku

Parahita Satiti – Kembali ke Pulau Lombok

Shabrina Koeswologito – Give Back For Indonesia
Danan Wahyu Sumirat – Mimpi Tentang Anambas

Albert Ghana Pratama – Jelajah Laut Negeri Menjaga Titik Luar Indonesia

Rico Sinaga – Ingin Ke Misool Segera
Indah Purnama – Indonesia (Juga Bisa) Bikin Rindu

Putri Normalita – Kepulauan Anambas, Surga Tropis di Ujung Negeri
Karnadi Lim  – Kaldera Toba for Unesco
Hartadi Putro – Banda Neira, Ku Akan Datang
Atrasina Adlina – Merawat Pagar Nusantara di Perbatasan
Eka Situmorang – Pantai Impian
Firsta – A Story from Banda Neira
Liza Fathia – Berkisah tentang Sabang di Hari Kemerdekaan
Rembulan Indira – Mimpi Indonesia Desa Adat Wae Rebo
Tracy Chong – Papua: A Dream Destination Where I Meet This Inspiring Lady
Fahmi Anhar – Destinasi Impian Nusantara
Wira Nurmansyah – 5 Destinasi ‘Impian’ di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi
Citra Rahman – Aceh: Destinasi Impian Orang-Orang
Titiw Akmar – Pancaran Nasionalisme dalam Taman Nasional Indonesia
Rudi Hartoyo – Jelajahi Indonesia, Akankah Ku Lakukan?
Ridwan SK – Tobelo Destined To Be Love
Dea Sihotang – Tanah Papua, Kamulah My Dream Indonesia
Imama Insani – Kapan ke Kakaban?  

25 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here