The Settlement Hotel Melaka

1
87
The Settlement Hotel Melaka
The Settlement Hotel Melaka

The Settlement Hotel Melaka, Best Hotel in Malaysia 2016/17 untuk kategori 4-Star City, penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Pariwisata Malaysia pada tanggal 28 Februari 2018. Dan…aku sekarang berkesempatan untuk “stay cation” di hotel ini, jelas membuat aku sangat bangga dan bahagia banget.

Kalau kalian pernah membaca cerita tentang kegagalan aku saat jalan jalan di Melaka beberapa bulan yang lalu, tentunya tahu akan janji aku, untuk kembali lagi ke salah satu kota yang ada di Malaysia ini. Oleh karenanya, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, aku benar benar mau ber”susah payah” untuk sampai di Melaka.

Okay singkat ceritanya begini, aku sengaja memesan tiket dari Bandung ke Kualalumpur jam 20.00, sampai di Kuala Lumpur International Airport pukul 23.30. Setelah beres urusan imigrasi dan keluar ke area kedatangan, segera aku mencari konter tiket bus yang menjual tiket KLIA ke Melaka. Aku memilih jam keberangkatan jam 06.00 pagi, supaya sampai di Melaka tidak kesiangan. Alhasil aku harus duduk di salah café di KLIA yang buka 24 jam selama kurang lebih 6 jam.

Sekitar pukul 06.30, bus yang bakal mengantar aku ke Melaka datang, semua penumpang bergegas naik ke dalam bus, tempat duduk yang nyaman membuat aku langsung terlelap karena sudah mengantuk. Perjalanan selama 2,5 jam, tidak terasa sama sekali, tahu tahu aku sudah sampai di Melaka Central. Beruntung banget, karena aku menginap di The Settlement Melaka, ada fasilitas antar jemput dari terminal bus menuju hotel.

Hanya sekitar 20 menit di dalam mobil jemputan, tahu tahu aku sudah di depan sebuah bangunan bertingkat dengan dominan warna putih. Aku segera turun dari mobil dan masuk ke dalam. Hotel dengan pelataran yang asri dan suasananya “hommy” banget, persis di depan pintu masuk utama, ada semacam tempat tidur yang umurnya sudah ratusan tahun, bisa digunakan untuk sekedar duduk santai.

The Settlement Hotel Melaka
The Settlement Hotel Melaka

The Settlement Hotel Melaka tepat nya berlokasi di Jalan Ujong Pasir no 63, World Unesco Heritage City Melaka, Malaysia. Hotel ini berjanji untuk memberikan pelayanan dan keramahan yang excellent dan memberikan kenangan yang tak terlupakan selama menginap di hotel ini.

The Settlement Hotel Melaka
Pelataran The Settlement Hotel Melaka

Pintu kaca terbuka otomatis, ketika aku hendak masuk ke area lobby dari The Settlement Hotel Melaka. Aku segera duduk di depan meja resepsionis, mengeluarkan surat konfirmasi reservasi dan paspor, sebagai perlengkapan untuk proses registrasi check in di hotel. Area lobby yang sangat nyaman dan tenang. Sambil menunggu kamar yang sedang dipersiapkan, aku duduk di ruang tamu yang disediakan di sudut ruangan.

The Settlement Hotel Melaka
Meja Resepsion
The Settlement Hotel Melaka
Area Lobby

Setelah semua urusan administrasi untuk check in beres, aku diantar ke belakang, menuju lift yang membawa aku ke lantai 2, dimana kamarku berada. The Settlement Hotel Melaka mempunyai total 49 kamar yang luxury, yang terdiri dari 45 unit kamar yang ada di Residence dan 4 unit lainnya adalah Private Villa bergaya Malaysia. Dari gabungan semua unit kamar tersebut ada 5 tipe kamar di antaranya: Deluxe Room, Junior Suite, Settlement Suite, Junior Villa dan Luxury Villa.

The Settlement Hotel Melaka
Koridor antar kamar

Sebelum melihat kamar aku, ada baiknya menunjukkan ke kalian semua, gambar tipe kamar lainnya. Yang pertama adalah tipe Deluxe Room, total ada 36 unit. Ada di setiap lantai, kalian bisa memilih tempat tidur yang twin atau single queen dari sisi ukurannya. Untuk tipe ini, The Settlement Hotel Melaka juga memberikan kenyamanan buat pengunjungnya dengan menyediakan tempat tidur dengan kualitas terbaik, termasuk bantal juga sama percis dengan tipe kamar yang lainnya. Kamar mandinya juga ada fasilitas bathtub nya lho, keren abis khan.

The Settlement Hotel Melaka
Deluxe Room
The Settlement Hotel Melaka
Deluxe Room Twin bed
The Settlement Hotel Melaka
Kamar Mandi

Nah yang ini adalah tipe kamar Junior Suites, kamar ini adalah kombinasi antara dekor kamar yang modern dengan furniture klasik yang eksotis, di mana mencerminkan inti dari sebuah perbedaan cultural. Sama halnya dengan tipe kamar sebelumnya, ranjang yang digunakan benar benar kualitas terbaik dan jangan lupa pilih bantalnya. Ukuran kamar nya jauh lebih luas, Dan ukuran kamarnya sudah cukup luas, sehingga berada di kamar saja sudah nyaman lho. Untuk tipe kamar ini, kamar mandinya juga sudah ada bathtub nya juga dan ukuran kamar mandi lebih besar.

The Settlement Hotel Melaka
Junior Suite Room
The Settlement Hotel Melaka
Bath Room

Berikut jajaran 4 villa yang dimiliki oleh The Settlement Hotel Melaka, dibangun oleh para pengrajin yang sudah mahir dalam bidangnya, dengan memberikan sentuhan heritage modern. Bahan kayu yang sudah tua, batu alam dan keramik pilihan, ditambahan pencahayaan yang sensual, membuat kamar villa ini menciptakan suasana romantic.

The Settlement Hotel Melaka
Jajaran Kamar VillaThe Settlement Hotel Melaka

Ada satu tipe Junior Villa di The Settlement Hotel Melaka, lokasinya sangat nyaman, karena dekat dengan pintu keluar parkir dan langsung mendapat view kolam renang dari balkonnya. Ukuran kamar nya sangat luas, dengan satu bed besar, dilengkapi dengan meja kerja, rak memanjang dan di atasnya ada TV. Kamar mandi menggunakan standing shower dan sangat lega berada di dalamnya.

The Settlement Hotel Melaka
Junior Villa
The Settlement Hotel Melaka
Etnik dan Romantis
The Settlement Hotel Melaka
Kamar mandi Junior Villa

Tipe lainnya untuk Villa adalah Luxury Villa, ada total 3 unit berjajar ke belakang. Ukurannya lebih besar dari yang junior. Tapi secara konsep dan fasilitas adalah sama, hanya saja Luxury Villa, kamar mandinya sudah menggunakan bathtub. Cocok banget buat pasangan yang sedang berbulan madu, karena suasana kamarnya sangat romantic.

Sebagai tambahan info, semua kamar yang ada di The Settlement Hotel Melaka, diberi fasilitas Free wifi dengan kecepatan bagus, AC personal, Safe deposit Box, Amenities kamar mandi yang lengkap, complimentary mini bar, Alat pembuat the dan kopi, Setrika lengkap dengan mejanya, dan alat pengering rambut.

The Settlement Hotel Melaka
Luxury Villa
The Settlement Hotel Melaka
Kamar Mandi dengan Bathtub

Yesss, sekarang aku mau tunjukkin kamar aku selama di The Settlement Hotel Melaka, tipe nya adalah The Settlement Suite, merupakan kamar dengan ukuran paling besar dan luas, serta sangat luxury. Tempat tidur dengan kualitas terbaik, membuat tidur aku makin terlelap dan malas beranjak. tersedia meja kerja dan sofa untuk bersantai. Lemari pakaian untuk menyimpan barang dengan tambahan rak gantungan.

Antara ruang tidur dan ruang tamu ada penyekat yang sangat etnik, furniture dengan sentuhan kuno tapi berkelas, dan di rak itu ditempatkan beberapa pajangan keramik mahal, alat pembuat kopi serta bahan kopi dan teh. Sofa warna ungu menghiasi ruang tamu  dengan meja bulat di tengahnya. Dimana diletakkan perangkat poci dan gelas keramik yang sangat berkelas.

Kamar aku, kamar mandinya juga sangat luas, dengan bathtub dan shower yang siap menyegarkan kita saat mandi. Untuk peralatan mandi yang disediakan, benar benar eksklusif, karena The Settlement Hotel Melaka menggunakan merk khusus, sehingga tidak akan ditemukan di hotel lainnya.

The Settlement Hotel Melaka
Ini kamar aku lhooo
The Settlement Hotel Melaka
Sekat yang cantik
The Settlement Hotel Melaka
Ruang tamu di Settlement Suite
The Settlement Hotel Melaka
Kamar mandi yang nyaman

The Settlement Hotel Melaka juga memiliki restoran, dimana ada 2 lantai yang dekat dengan area lobby. Yang mana restoran ini memiliki pajangan yang beraneka ragam, yang pastinya sangat unik dan antik. Ada juga tempat makan yang berkonsep terbuka dekat taman kecil di bagian samping hotel. Jadi pada saat kita hendak menikmati makanan di The Settlement Hotel Melaka, kita tinggal memilih, ingin duduk sebelah mana.

The Settlement Hotel Melaka
Tempat makan di lantai satu
The Settlement Hotel Melaka
Tempat makan di lantai dua
The Settlement Hotel Melaka
Area Long bar

Long Table Bar di The Settlement Hotel Melaka, meja yang sangat unik ii terletak di teras taman samping hotel, sangat menarik perhatian karena ukuran meja kayu ini adalah 27 kaki, merupakan meja terpanjang yang ada di Malaysia, karena bahannya berasal dari satu batang pohon di hutan paling tua di dunia.

The Settlement Hotel Melaka
Long Table

Makan pagi di The Settlement Hotel Melaka, sudah termasuk buat semua pengunjung yang menginap di sini. Menu yang disajikan sangat lengkap, mulai dari makanan Utama, roti dan croissant, cereal dan susu, bubur ayam, menu tradisional, minuman segar dan buah buahan, tak lupa sajian kopi dan teh.

The Settlement Hotel Melaka
Buffee Breakfast
The Settlement Hotel Melaka
Minuman segar
The Settlement Hotel Melaka
Menu Breakfast aku

Buat pengunjung hotel yang malas keluar untuk cari makan, bisa juga memesan makanan dari restoran The Settlement Hotel Melaka. Seperti saat aku menginap di sana, karena keenakan nyantai di kamar, eh tahu tahu liat jam, sudah waktunya jam makan malam, mau keluar hotel juga tanggung, jadinya aku pesan mie goreng, sayuran dan nasi. Yummy banget lhooo.

The Settlement Hotel Melaka
Menu Dinner

Selain fasilitas restoran, di The Settlement Hotel Melaka ada ruang baca dan layanan perawatan tubuh dengan menggunakan tenaga professional, yang bisa membuat kalian lebih relax ketika tinggal di hotel ini. Dengan bentuk bangunan tradisional, menyatu dengan jajaran luxury villa.

The Settlement Hotel Melaka
Spa dan Ruang Baca

Buat yang ingin mengadakan acara dan memerlukan ruangan untuk event tersebut, bisa menggunakan fasilitas grand ballroom yang berada di samping Long Table Bar dan dapur besar. Mampu menampung kurang lebih sebanyak 100 orang. Untuk dekorasi ruangan disesuaikan dengan kebutuhan dan tema dari acara.

The Settlement Hotel Melaka
Ruang Meeting

Dan… di The Settlement Hotel Melaka ada fasilitas Kolam Renang lho, ukurannya tidak terlalu besar, tapi cukup buat bersantai dan menghabiskan waktu sambil bercengkrama dengan teman. Buat yang suka berjemur atau sunbathing, kolam renang ini sangat cocok sekali.

The Settlement Hotel Melaka
Kolam Renang
The Settlement Hotel Melaka
Ada pancuran dari terompet

Oiya disamping itu, The Settlement Hotel Melaka juga menyediakan ruangan di rooftop, dengan pemandangan kota Melaka yang sangat indah, jika ada pengunjung atau orang yang ingin mengadakan event di sini, karena memang lokasinya keren banget, apalagi saat cuaca cerah di malam hari.

The Settlement Hotel Melaka
Pemandangan dari rooftop

Oiya, rencananya The Settlement Hotel Melaka juga akan menyediakan café yang lokasinya persis di bangunan sebelah hotel, sudah pasti dengan adanya fasilitas yang ditambah, hotel ini akan semakin jadi pilihan buat siapa saja yang bertandang ke Melaka. Saat ini pun aku sudah merekomendasikannya.

The Settlement Hotel Melaka
Pengembangan hotel

Yang pasti menginap di The Settlement Hotel Melaka akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan saat check out dari hotel, kita akan merasakan kesegaran seperti yang terlihat pada buah buahan di bawah ini.

The Settlement Hotel Melaka
The Settlement Hotel Melaka

The Settlement Hotel Melaka
No. 63, Jalan Ujong Pasir
World UNESCO Heritage City Melaka
75050 Malacca
Malaysia

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here