One Day Trip at Labuan Bajo

3
19
Labuan Bajo
Pulau Padar

Labuan Bajo, merupakan salah satu destinasi di Indonesia, yang boleh dibilang menjadi Bucket List, dari banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Dulu, aku tahunya bukan Labuan Bajo, tapi Pulau Komodo, dan setelah Labuan Bajo semakin dikenal, baru tersadar, bahwa jauh sebelum pulau ini terekspose, aku sudah pernah mampir, bahkan sempat menginap 1 malam, di area penangkaran komodo.

Meskipun sudah 7 kali, aku tidak pernah bosan untuk kembali ke Labuan Bajo, setiap kali ada ajakan trip ke sini, asalkan waktunya tidak bertabrakan, pasti aku mau, termasuk saat bulan Mei lalu, bertepatan dengan acara Anugerah Pesona Indonesia, selaku Duta API 2020, aku juga diundang, dan menyempatkan datang lebih awal dari peserta lainnya.

Karena ada waktu sehari yang lowong, aku manfaatkan untuk mengambil paket One Day Trip buat Hoping Island. Dan kebetulan aku lagi santai, jadi iseng aku ceritain aja di blog, dan kalau kalian perhatikan, baru kali ini aku menulis blog, dengan foto yang mana aku inframe di dalam nya. Yuk… mulai aja ya cerita perjalanan nya.

Berangkat dari hotel sekitar pukul 07.30, aku dijemput kendaraan dari penyedia open trip, menuju pelabuhan, dimana kapal boat yang aku tumpangi sudah bersandar. Jarak dari hotel ke pelabuhan tidak terlalu jauh, begitu sampai, langsung naik boat, berkenalan dengan guide yang menemani, serta mendengarkan briefing singkat.

Tepat jam 08.00, kapal boat meninggalkan pelabuhan, menuju destinasi pertama, yaitu Pulau Padar, tanpa aku harus ceritakan seperti apa pulau ini, pastinya sudah banyak yang tahu kalau pulau ini indah banget, dan khabar gembira buat semuanya, kalau sekarang untuk trekking ke puncak, sudah ada anak tangga yang mumpuni buat dilewati.

Labuan Bajo
Keindahan Pulau Padar

Dari Pulau Padar, aku beranjak menuju Pink Beach, kalau dibahasa indonesiakan rasanya aneh ya, Pantai Merah Muda, jadi mending pakai nama bahasa Inggris aja, sesuai namanya, pasir di pantai ini, tampak merah muda, hal ini disebabkan karena pecahan karang berwarna merah yang bercampur dengan pasir putih.

Labuan Bajo
Pink Beach Labuan Bajo

Lanjut, ke destinasi wajib, yaitu Pulau Komodo, kerennya disebut Komodo National Park, tujuan kalau ke sini, tak lain dan tak bukan adalah bertemu dengan komodo, nggak perlu takut, karena selain kita ditemani oleh ranger (istilah buat pemandu yang ada di Taman Nasional Komodo), juga bisa memilih rute trekking yang ingin kita ikuti.

Labuan Bajo
Pintu masuk ke Pulau Komodo
Labuan Bajo
Aku dan Komodo

Labuan Bajo juga punya pasir timbul dan ini juga merupakan destinasi andalan, namanya Taka Makasar, tapi bukan di Makasar ya hehe… jangan ditanya juga kenapa kok namanya seperti itu, aku lupa nanya ke guide nya, karena sibuk berpose, coba nanti kalau kalian sempat ke sini, jangan lupa tanya ya.

Labuan Bajo
Taka Makasar

Destinasi terakhir dalam one day trip Labuan Bajo, adalah Pulau Kanawa, sebuah pulau yang dulunya, ada resort di dalam nya, tapi sekarang karena pandemi berkepanjangan, resortnya tidak beroperasi lagi. Hal ini menyebabkan kondisi di area pulau, kurang terawat, tapi tetap menjadi spot snorkeling yang bagus.

Labuan Bajo
Pulau Kanawa yang Amazing

Nah, itu cerita singkat aku tentang liburan di Labuan Bajo, tapi sebenernya masih ada lagi cerita lainnya, karena yang ini khan cuma cerita sehari, dan aku 10 hari di Labuan Bajo nya, jadi tunggu cerita lanjutan nya ya…

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here