Obyek Wisata Sumba

4
1786
Obyek Wisata Sumba

Selamat datang di Sumba

Kalimat itu terdengar di telingaku dengan jelas, meskipun mata tetap masih terpejam karena kantuk yang belum hilang. Pesawat dari Kupang mendarat di Bandar Udara Mau Hau yang sejak tahun 2009 berubah nama menjadi Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di kota Waingapu. Keputusan ku untuk menjelahi obyek wisata di Sumba boleh dibilang cukup mendadak, karena awal nya gara gara ajakan seorang teman yang ingin melakukan survei trip, akhirnya aku bisa menginjakkan kaki di sini.
Untuk tulisan aku kali ini, benar benar ingin menceritakan secara garis besar Obyek Wisata Sumba, dimulai dari Sumba Timur sampai ke Sumba Barat Daya selama 5 Malam 6 Hari perjalanan dengan menggunakan mobil sewaan. Perjalanan yang memberikan sebuah kenangan tersendiri tentang Sumba dan membuat aku tidak pernah berhenti untuk mengambil gambar dan mengabadikan nya. Keindahan alam yang masih alami, paduan padang savana, laut lepas, langit biru dan beberapa kuda yang asik bercengkrama di bawah pohon, membuat aku bergumam sendiri “Oh betapa indah nya”
Sepanjang perjalanan aku melihat ke kiri dan ke kanan, jalanan yang mulus dan berbukit, sampai meminta kepada teman yang membawa kemudi untuk berhenti sejenak, karena tak ingin kehilangan moment yang indah.

Paduan Padang Savana, Laut dan Langit Biru
Paduan Padang Savana, Laut dan Langit Biru

Ada 15 obyek wisata di Sumba yang berhasil aku kunjungi selama perjalanan kali ini, di antara nya:
1. Pantai Puru Kambera
Lokasinya tidak jauh dari kota Waingapu, menempuh perjalanan sekitar 45 menit aku sudah sampai di pantai yang berpasir putih dengan warna air laut gradasi biru muda dan biru tua. Di sepanjang pinggiran pantai banyak pohon Cemara yang tumbuh dengan subur. Saat siang sampai di sana, pantai yang dikenal juga dengan sebutan Pantai Cemara, terlihat lengang.

Pantai Puru Kambera
Pantai Puru Kambera

2. Desa Rende
Sebuah kampung adat yang ada di Sumba Timur, terletak di Kecamatan Rende, wajib dikunjungi saat kalian ke Sumba. Yang bikin unik adalah sejumlah makam batu yang ada di pelataran rumah. Sebagian besar masyarakat di sini menganut kepercayaan Merapu, keramahan penduduk lokal dapat kita rasakan saat mendapat penyambutan yang hangat saat datang ke sini.

Desa Rende, Kampung Adat di Sumba Timur
Desa Rende, Kampung Adat di Sumba Timur

3. Danau Laipori
Saat driver yang mengendarai mobil aku mengatakan bahwa tujuan berikutnya adalah Danau, pastinya aku membayangkan akan bertemu kubangan air, tapi ternyata ketika sampai di tempat wisata yang menjadi lokasi pengambilan gambar film Pendekar Tongkat Emas ini, justru hanya terlihat padang rumput yang masih belum terlalu hijau akibat musim kemarau yang panjang, dan banyak domba yang berkeliaran mencari makan.

Danau Laipori, Danau kering tempat Shooting Pendekar Tongkat Emas
Danau Laipori, Danau kering tempat Shooting Pendekar Tongkat Emas

4. Pantai Walakiri
Masih masuk daerah Sumba Timur, pantai ini menjadi fenomenal saat muncul di postingan akun Instagram Mira Lesmana saat sunset, sehingga aku pun menyempatkan diri untuk datang ke pantai yang mempunyai keunikan tersendiri, dimana pada ujung pantai banyak bertebaran pohon Mangrove dalam berbagai ukuran dengan bentuk yang tidak seperti biasanya sehingga saat dijadikan background untuk foto hasilnya sangat bagus.

Pantai Walakiri, keunikan pohon Mangrove
Pantai Walakiri, keunikan pohon Mangrove

5. Bukit Warinding
Sumba memang identik dengan padang savana atau tanah perbukitan, dalam perjalanan dari Sumba Timur ke Sumba Tengah, aku melewati sebuah bukit yang sedikit menguning, terkadang kita bisa melihat gerombolan kuda liar yang sedang merumput. Terdapat jalur trekking yang bisa digunakan untuk turun ke tengah bukit, banyak yang mengatakan bahwa bulan Juni sampai Oktober adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini.

Bukit Warinding
Bukit Warinding

6. Bukit Umbu Tidur
Letaknya tidak berjauhan dengan Bukit Warinding, karakternya pun hampir sama, tapi yang membuat unik adalah salah satu bukit berbentuk menyerupai seseorang yang sedang tidur. Dari kejauhan bisa terlihat dengan jelas, sehingga saat melintasi jalanan ini, sempatkan untuk turun dan mengambil gambar untuk mengabadikan nya

Bukit yang berbentuk menyerupai orang tidur
Bukit yang berbentuk menyerupai orang tidur

7. Sumba Paradise
Adalah sebuah penginapan di Sumba Barat Daya, dulunya dikenal dengan nama Peter’s Magic. Recomended banget kalau pas trip ke Sumba, cobalah untuk setidaknya sehari menginap di sini, dapatkan pengalaman dengan sensasi yang berbeda, jauh dari kebisingan dan suasana tenang dengan pemandangan sekitar yang susah di dapat di daerah lain. Pada saat menjelang senja di mana matahari akan turun di peraduan, kita bisa melihat sunset yang sempurna di depan pantai dari ketinggian lokasi penginapan ini.

Sumba Paradise, penginapan di Sumba Barat Daya
Sumba Paradise, penginapan di Sumba Barat Daya

Sunset yang Indah
Sunset yang Indah

8. Pantai Tarimbang
Pantai yang terlihat dari penginapan Sumba Paradise, sebaiknya saat pagi hari setelah bangun tidur langsung main di pantai Tarimbang, dengan menggunakan mobil hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit, karakter pantai sangat tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar di bibir pantainya tapi justru dibagian tengah laut ada jajaran ombak besar, sehingga banyak para surfer bermain surfing di sini. Sesekali kita juga bisa bertemu nelayan yang sedang mencari ikan. Cobalah berjalan menyusuri pantai ke arah kanan, di ujung pantai kita akan bertemu dengan tebing bebatuan yang tinggi dan kokoh, dimana pada lokasi tersebut berbeda dengan tampilan pantai yang nampak di awal.

Pantai Tarimbang, tempat para Surfer
Pantai Tarimbang, tempat para Surfer

9. Pantai Konda Maloba
Berada di Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah termasuk pantai yang tersembunyi, saat aku sampai sore hari tidak terlihat satu pun orang lain di pantai ini, boleh dibilang jalanan masuknya cukup jauh. Aku belum membuktikan nya sendiri, tapi beberapa orang mengatakan bahwa keindahan bawah laut di pantai ini sangat indah. Pantai ini sangat tenang dan bahkan tidak terlihat ombak sama sekali.

Pantai Konda Maloba
Pantai Konda Maloba

10. Kampung Adat Pasunga
Kampung adat yang berada di kecamatan Waibakul, Sumba Tengah. Saat hendak masuk ke area kampung harus melewati gapura utama dan di sebelah kiri nampak beberapa batu ukuran besar bertumpuk. Jajaran rumah saling berhadapan tertata rapi. Di setiap rumah selalu ada tanduk kerbau dan taring babi, dimana tanduk merupakan bagian dari pesta adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Pasunga.

Kampung Adat Pasunga
Kampung Adat Pasunga

11. Kampung Adat Waitabar
Kampung Adat Waitabar berada di kecamatan Waikabubak, Sumba Barat. Kampung adat ini ada di atas bukit, di sini kita bisa melihat secara langsung bangunan rumah adat dengan arsitektur nya khas Sumba dimana masih menggunakan atap ilalang yang menjulang tinggi di bagian tengah nya. Adat istiadat masih dipegang teguh oleh masyarakat Waitabar, untuk kepercayaan yang dianut Merapu.

Kampung Adat Waitabar
Kampung Adat Waitabar

12. Waikelo Sawah
Merupakan mata air yang keluar dari gua dan mengalir ke kolam keci, kemudian dibendung dan dijadikan sebagai media untuk keperluan irigasi dan pengadaan listrik. Mata air nya sendiri berasal dari daerah Waikabubak, Sumba Barat. Oiya untuk lokasinya berada di kecamatan Wewewa Timur, saat aku sampai di sini hari sudah menjelang sore, dan saat mau balik, tanpa sengaja menyaksikan sunset yang cukup indah dengan latar belakang sawah yang terbentang luas.

Waikelo Sawah
Waikelo Sawah

13. Air Terjun Lapopu
Berlokasi di kecamatan Wanokaka, Sumba Barat. Air Terjun Lapopu selain merupakan obyek wisata, juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Keindahan nya membuat aku berdecak kagum, untuk masuk ke dalam tidak lah sulit, hanya melalui jalan setapak yang jaraknya tidak terlalu jauh. Percikan air dari atas sampai ke bawah melewati bebatuan yang bertingkat-tingkat.

Air Terjun Lapopu
Air Terjun Lapopu

14. Danau Waikuri
Kadang disebut juga dengan nama Weekuri, adalah sebuah danau air asin yang sangat indah berlokasi di Sumba Barat Daya. Air danau itu sendiri berasal dari laut lepas yang mengalir melalui celah bebatuan karang. Di sini kita bisa berenang dan menikmati keindahan danau dari atas karang, tetapi harus hati hati karena karang yang kita injak cukup tajam, sehingga bisa membuat terluka.

Danau Waikuri
Danau Waikuri

15. Pantai Bwanna
Berada di kecamatan Kodi Balagar, Sumba Barat Daya, merupakan pantai yang berpasir putih dengan ombak cukup besar, mempunyai keunikan dimana dikelilingi oleh tebing yang tinggi, ada karang besar menjorok ke laut dan di bagian pinggir nya berlubang menyerupai cincin besar. Sangat indah menurut aku, perlu diperhatikan saat ke sini pastikan cuaca cerah dan air laut waktu surut, karena dari tempat parkir mobil menuju pantai kita harus berjalan dengan menuruni bukit untuk bisa sampai di bibir pantai

Pantai Bwanna
Pantai Bwanna

Nah, akhirnya selesai juga cerita singkat aku tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi saat kalian berkesempatan untuk menjelajah Sumba, mulai dari Sumba Timur sampai Sumba Barat atau bisa juga mengambil rute sebaliknya. Semoga dengan membaca tulisan ini, setidaknya kalian mendapat gambaran tentang obyek wisata di Sumba, dan bisa merencanakan trip bersama teman teman.

SHARE
Previous articleBali Paragon Resort Hotel
Next articleFour Points By Sheraton Bali, Kuta
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

4 COMMENTS

    • Aloooo kakak, pengalaman seru kita jalan bareng, banyak belajar dan menemukan sesuatu yang jadi pelajaran buat kita ya. kalau urusan mendadak, kakak dapat acungan jempol dah…
      Yukkkk kapan trip bareng lagi Kak Firsta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here