IBIS JAKARTA TAMARIN

4
29
Ibis Jakarta Tamarin
Ibis Jakarta Tamarin

Potret kota Jakarta yang aku lihat malam ini, seakan membuyarkan bayangan yang belakangan ini ada di pikiran aku. Jakarta yang sudah banyak mengalami perbaikan dan penduduknya juga sudah berubah menjadi makmur, ternyata tak tampak di depan mataku. Kawasan Sabang, yang merupakan salah satu pusat kuliner di kota megapolitan, dekat Hotel Ibis Jakarta Tamarin, dimana aku akan tinggal beberapa hari, memperlihatkan sosok ibukota yang masih kejam.

Tapi bukan berarti, Hotel Ibis Jakarta Tamarin berada di kawasan kumuh, dimana masih terngiang lagu waktu aku kecil bahwa ibukota lebih kejam dari ibu tiri. Tapi itulah kenyataan yang harus ditelan bulat bulat tanpa kita bisa memutarbalikkan keadaan seperti hendak membalikkan tangan. Area Sabang di malam hari, sangat beda saat kalian berjalan di siang hari sampai menjelang sore. Begitu juga dengan aku yang memilih menginap di hotel ini, karena harus melakukan meeting dengan beberapa klien yang kantor “megah”nya ada di Jalan Sabang.

Bangunan kokoh yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun sangat terpelihara dengan baik. Tembok warna putih dengan aksen kotak merah, sudah menunjukkan identitas, bahwa Ibis Tamarin adalah masuk kategori Ibis Merah dalam jajaran member Ibis Family Indonesia. Beralamatkan di Jl. KH Wahid Hasyim 77, merupakan lokasi yang sangat strategis karena berada di jantung kota Jakarta.

Ibis Jakarta Tamarin
Bangunan yang tampak kokoh

Perjalanan dari Bandung ke Jakarta sedikit macet, membuat handphone aku sekarat, padahal kode booking atas hotel ini, udah aku screenshoot dan tersimpan di dalamnya. Untung saja, saat memasuki area lobby aku melihat Internet Corner yang dilengkapi perangkat komputer berbasis internet dan printer disampingnya.

Ibis Jakarta Tamarin
Internet Corner

Aku segera menuju meja resepsionis, menunjukkan lembaran konfirmasi dari reservasi yang sudah aku dapat beberapa minggu yang lalu. Tak lupa aku sertakan KTP yang sudah pasti akan diminta saat kita check ini di hotel manapun tak terkecuali. Sebagai alternatifnya bisa juga menunjukkan tanda pengenal yang lain seperti SIM atau Paspor.

Ibis Jakarta Tamarin
Meja Resepsionis

Setelah proses administrasi terselesaikan semua dengan pelayanan staff resepsionis yang ramah. Aku dipersilakan untuk menunggu terlebih dahulu, karena untuk memastikan apakah kamar yang akan aku tempati sudah benar benar siap. Aku segera menempatkan diri di sofa yang ada di area lobby hotel berukuran besar ini.

Ibis Jakarta Tamarin
Ruang tunggu lobby area
Ibis Jakarta Tamarin
Design unik dari Ibis Merah

Kamar sudah ready, ketika lagi lagi staff resepsionis yang ramah tadi tersenyum sambil menyerahkan kunci kamar. Aku memutuskan untuk mengambil welcome drink terlebih dahulu sebelum naik ke kamar. Gumarang Lounge yang persis ada di depan meja resepsionis menyediakan racikan minuman selamat datang. Selain itu juga di sini merupakan tempat yang enak buat berkumpul duduk santai, bersama dengan keluarga, rekan kerja, teman atau meeting kecil dengan klien.

Ibis Jakarta Tamarin
Gumarang Lounge

Mereguk segarnya segelas minuman pembuka yang disajikan oleh Barista dari Gumarang Lounge, memberikan energy tambahan buat aku. Tenggorokan yang tadinya kering sekarang sudah terasa nyaman. Aku berjalan ke sebelah kiri meja resepsionis, menuju lift yang bakal mengantarkan aku ke kamar tidur. Sambil menunggu pintu lift terbuka, ada perangkat mesin yang tertulis Brushing and Polishing Machine sedikit menyita perhatianku, yang ternyata adalah mesin pembersih sepatu alias membuat sepatu vantofel anda mengkilap kembali. Unik sekali…

Ibis Jakarta Tamarin
Mesin Semir Sepatu

Modern dan Stylish, merupakan model design kamar yang ditawarkan oleh Hotel Ibis Jakarta Tamarin, dengan ukuran kamar yang luas dan tempat tidur empuk yang sangat nyaman dengan pilihan satu ranjang besar atau dua ranjang kecil, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing kita saat akan menginap. Berhubung aku sendirian di dalam kamar, jadi aku memilih kamar dengan satu bed besar.

Ibis Jakarta Tamarin
Ini Kamar aku
Ibis Jakarta Tamarin
Satu Bed Besar
Ibis Jakarta Tamarin
Dua Bed Besar

Selain tempat tidur yang nyaman, di dalam kamar juga disediakan sofa yang bisa dipergunakan untuk duduk santai atau “selonjoran” kalau kita sedang ingin relax tapi bosan di ranjang. Setiap kamar juga dilengkapi dengan lemari berkonsep terbuka tempat meletakkan barang barang yang kita perlukan saat berada di kamar dan tentunya yang kita bawa.

Ibis Jakarta Tamarin
Sofa dan Rak lemari

Oiya selain tipe kamar standard di atas, Hotel Ibis Jakarta Tamarin juga memiliki 2 kamar tipe suite yang ukuran nya 2 kali kamar standard, dilengkapi dengan ruang tamu dan mesin pembuat kopi yang elegan. Tapi berhubung unitnya sangat terbatas, kalau ingin memesan kamar ini, harus melakukan reservasi jauh hari sebelumnya.

Ibis Jakarta Tamarin
Suite Room dengan Ruang tamu

Kamar mandi untuk kamar suite dan standard hampir sama, hanya bedanya untuk kamar suite menggunakan bathtub, sedangkan bagi kamar standard disedikan standing shower. Sedangkan untuk ukuran luasnya hanya terpaut sedikit, yang pasti aku bisa merasa nyaman berada di dalamnya.

Ibis Jakarta Tamarin
Kamar mandi tipe Suite

Fasilitas lainnya yang ada disetiap kamar adalah AC personal, TV ukuran besar dilengkapi dengan channel lokal dan internasional, free wifi di dalam kamar, meja kerja serta teko pembuat kopi atau teh.

Ibis Jakarta Tamarin
Fasilitas umum hotel

Karena berada di pusat kota, serta untuk memenuhi kebutuhan beberapa instansi atau perusahaan yang memang membutuhkan ruangan untuk disewa dalam rangka pertemuan atau gathering. Maka Hotel Ibis Jakarta Tamarin menyediakan ruangan meeting dengan berbagai ukuran, dengan menggunakan nama nama gunung, seperti Merapi, Mentawai, Singkarang dan Maninjau. Mampu menampung mulai dari 15 – 120 orang.

Ibis Jakarta Tamarin
Area meeting room

Setiap ruang meeting akan disediakan Flipchart, Peralatan Audio dan Video, Podium, Proyektor, akses wifi, peralatan tulis, serta minuman air mineral selama meeting berlangsung. Sedangkan untuk tata ruang, disesuaikan dengan permintaan pemesan saat melakukan deal dengan pihak marketing hotel.

Ibis Jakarta Tamarin
Ruang Meeting Merapi
Ibis Jakarta Tamarin
Ruang Meeting Mentawai
Ibis Jakarta Tamarin
Ruang Meeting Singkarak

Selain fasilitas yang berhubungan dengan bisnis, tentunya Hotel Ibis Jakarta Tamarin juga memberikan fasilitas yang sehubungan dengan leissure. Berada di lantai yang sama dengan lobby area tapi beda ruangan, tersedia ruang fitness yang bisa digunakan untuk tamu yang menginap dan terbuka untuk umum yang ingin menjadi member. Dengan fasilitas yang lengkap dan ada instruktur yang siap memberikan arahan saat kita berlatih.

Ibis Jakarta Tamarin
Ruangan Fitness

Kolam renang dengan konsep terbuka dan terpisah antara kolam dewasa dan kolam anak anak. Lokasinya persis di samping ruangan fitness. Bahkan kalau saat kita treadmail, view nya adalah kolam renang. Untuk kolam dewasa bentuk nya kotak memanjang, sehingga sangat nyaman buat pengunjung hotel yang hobby berenang.

Ibis Jakarta Tamarin
Kolam Renang

Fasilitas lain yang tak boleh dilupakan adalah Ibis Kitchen, merupakan restoran yang dimiliki oleh Ibis Jakarta Tamarin. Persis di samping lift dekat dengan meja resepsionis. Menyediakan pilihan tempat duduk untuk pengunjung hotel yang merokok dan tidak, sehingga keduanya bisa menikmati makan pagi dengan santai.

Ibis Jakarta Tamarin
Ruang makan di Ibis Kitchen
Ibis Jakarta Tamarin
Smoking Area

Breakfast di Ibis Jakarta Tamarin disajikan dengan model buffet, menu makanan yang disiapkan pun sangat lengkap, mulai dari makanan utama seperti nasi goreng, mie goreng, sayuran segar. Berbagai pilihan roti dan croissant tak lupa dengan condiment yang disesuaikan dengan selera masing masing. Buah segar dan salad sebagai pelengkap sarapan pagi tak ketinggalan juga. Tak lupa minuman  yang bisa dinikmati adalah teh, kopi, aneka juice dan air mineral. Yang pasti sarapan pagi di hotel ini mantab banget.

Ibis Jakarta Tamarin
Buffee Breakfast
Ibis Jakarta Tamarin
Menu utama yang yummy
Ibis Jakarta Tamarin
Croissant dan Roti
Ibis Jakarta Tamarin
Selai dan condimen
Ibis Jakarta Tamarin
Aneka Buah
Ibis Jakarta Tamarin
Pilihan minuman segar

Ibis Kitchen, juga melayani pengunjung yang ingin menikmati makan siang dan makan malam dengan menu ala carte. Seperti biasa aku tak mau ketinggalan buat mencoba beberapa menu makanan yang ditawarkan. Kali ini aku mencoba Buntut Bakar plus kuah, dimana sebenarnya ada 3 variasi yaitu 2 pilihan yang lain adalah Buntuk Goreng dan Sop Buntut, aku tak salah pilih untuk menu ini, karena dagingnya empuk, taste kuahnya berasa sekali, pelengkap emping dan sambal yang pedas makin mengundang nafsu makan.

Ibis Jakarta Tamarin
Iga Bakar

Saat malam menjelang tidur, aku pengen makan tapi nggak mau yang terlalu berat, meskipun ternyata setelah pesanan datang, ukuran nya “okay” banget, yaitu Pizza Carbonara yang berupa pizza tipis dibakar kering dengan topping daging, jamur dan mozarella, sangat enak ketika dinikmati dengan olesan saos sambal.

Ibis Jakarta Tamarin
Pizza Carbonara

Satu lagi makanan yang aku pesan adalah Taliwang Bakar Madu, tak kalah enaknya dibanding dua makanan sebelumnya, nggak perlu jauh jauh ke Lombok, aku bisa mengobati rasa kangen untuk berkunjung ke salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat. Rasa yang hampir mendekati sama dengan tempat aslinya dan pedas yang ditinggalkan pada lidah membuat aku makan sambil berkeringat. Yummy banget…

Ibis Jakarta Tamarin
Ayam Bakar Taliwang

Menginap di Ibis Jakarta Tamarin, memberikan banyak pengalaman, seperti melihat potret Jakarta yang sebenarnya, takjub akan maintenance hotel yang sudah berdiri sekitar 20 tahunan, menikmati makanan yang enak serta layanan ramah selama tinggal di sana sehingga membuat aku merasa di rumah sendiri.

SHARE
Previous articleAkhir Pekan di Bogor
Next articleGrand Keisha Yogyakarta by Horison
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

4 COMMENTS

  1. Selain soal kondisi kamar, makanan yg tersedia di restaurant itu penting bangetttt… Gw suka buffet breakfast style, jd bisa santai gt di pagi hari sambil ngobrol sambil icip ini itu 😄

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here