Villa De daun

0
76
Villa Dedaun
Villa Dedaun

Sekarang atau 50 tahun lagi, ku masih akan tetap mencintaimu 

Tak ada bedanya rasa cintaku, masih sama seperti pertama bertemu

Kira kira penggalan lirik lagu di atas cocok dinyanyikan oleh orang tuaku saat 50 tahun yang lalu, ketika mereka sedang berada di pelaminan. Yah, tepatnya besok tanggal 12 Maret 2017 merupakan Hari Ulang Tahun Pernikahan mereka yang ke 50, sebagai ungkapan rasa kasih sayang dari aku, adik dan kakakku, maka kami bertiga merencanakan untuk memberi kejutan kepada kedua orang tuaku. Pengen tahu apa saja yang bakal kita lakukan? Ayo…simak ceritanya di bawah ini.

Sabtu, 11 Maret 2017

Orang tuaku mendarat di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 12 siang. Sedangkan aku sudah berada di Bali sejak kemarin malam, dengan tujuan agar mereka merasa lebih nyaman saat sampai di Pulau Dewata. Sebuah kejutan awal yang tidak masuk dalam rencana sebelum nya adalah salah satu keponakan aku juga datang di Bali dan ikutan menjemput di Bandara. Alhasil ketika orang tuaku keluar dari dalam bandara dan melihat cucunya rada bingung dan langsung berpelukan, sampai sampai sejenak aku dilupakan hehe…

Untuk acara keluarga ini, sengaja kami memilih tempat menginap yang mana semua bisa kumpul di satu tempat dan lokasinya tidak jauh dari kawasan ramai. Villa de daun yang berada di Jalan Legian jadi pilihan. Fasilitas jemput antar bandara diberikan oleh pihak villa, sehingga aku, ponakan dan ortu tidak perlu lagi cari taxi, melainkan segera menuju parkiran di mana mobil dari Villa de daun sudah “stand by”. Perjalanan dari bandara menuju villa hanya memakan waktu sekitar 15 menit, sampai mobil masuk ke  dalam gang kecil dan terbaca petunjuk Villa de daun, kuta’s little secret.

Villa de daun
Jalanan masuk ke Villa de daun

Melewati pemeriksaan dari security villa, mobil masuk ke dalam pelataran parkir yang luas. Kami semua turun dari mobil dan disambut oleh staff villa yang siap membantu untuk mengangkat semua barang bawaan yang ada di bagasi mobil. Pelayanan yang cekatan dari team Villa de daun bisa dirasakan sejak awal penjemputan tadi di bandara.

Villa de daun
Areal Parkir

Bergegas masuk sambil melirik ke kedua orangtua ku, nampak di raut wajah mereka senyum bahagia ketika melihat lingkungan villa yang sangat asri dan tenang, dan tadi sebelum masuk ke villa, ketika melintasi kawasan legian, mami sempat nyeletuk “enak nih, nanti sore bisa jalan jalan di sini”

Villa de daun
Masuk ke Villa de daun

Area lobby tempat melakukan registrasi check in terlihat lengang, mungkin beberapa tamu yang lain belum pada datang. Hari ini aku bersama suadaraku memesan villa dengan 1 kamar tidur plus ekstra bed, karena memang setahu orang tua ku, liburan kali ini hanya mereka dengan diriku (nantikan kejutan selanjutnya). Proses check in berlangsung cepat dengan beberapa penjelasan fasilitas apa saja yang akan aku dapat selama tinggal di villa.

Villa de daun
Lobby Area

Kami berempat ditemani satu staff dari Villa de daun beranjak dari area lobby menuju unit villa yang akan ditempati hari ini. Beberapa bagian ruangan dari villa kami lewati, di antaranya Dala Spa, Restoran yang melayani untuk breakfast, lunch dan dinner dan ruang baca yang banyak menyediakan buku dan majalah yang siap menemani pengunjung villa yang suka membaca.

Villa de daun
Dala Spa
Villa de daun
Restaurant
Villa de daun
Ruang baca

Menyusuri jalanan setapak sarat dengan pepohonan, memberikan kesejukan buat kami yang melewatinya, mendapat unit villa tidak jauh dari ruang baca, berarti jarak dari lobby pun tidak terasa jauh. Tapi yang pasti, meskipun cahaya matahari cukup terik siang ini, kami semua tidak merasakan kepanasan.

Villa de daun
Jalanan setapak yang asri

Yesss…kami masuk ke dalam unit villa dengan satu kamar tidur, sengaja ditambah dengan extra bed sehingga tidak perlu berdesakan tidurnya nanti malam. Villa dengan kolam renang private dan bale bale di sudut villa serta tempat duduk santai persis menghadap kolam renang. Villa ini sangat luas dengan design minimalis tapi tetap mempertahankan keasrian dengan banyak tanaman di sekelilingnya.

Villa de daun
Villa dengan 2 kamar
Villa de daun
Area yang luas di dalam villa

Fasilitas kolam renang dengan “bale bale” ini merupakan fasilitas di semua unit villa yang ada di De daun, meskipun bentuknya kadang berbeda antara unit villa yang satu dengan yang lain. Untuk kolam renang di unit villa satu kamar ini mempunyai akses langsung ke kamar mandi dan di depan nya ada bath tub. Jadi asiknya setelah selesai berenang aku bisa berendam di bathtub terlebih dahulu sebelum bilas.

Villa de daun
Kolam renang di dalam villa

Unit villa dengan 1 kamar ini, terdiri dari dua ruangan yang terpisah. Pertama adalah bagian ruang tamu yang dilengkapi sofa nyaman dan televisi dengan channel lokal dan luar negeri. Di dalam ruangan ini juga terdapat meja makan lengkap dengan dapur bersih yang bisa digunakan untuk memanaskan makanan atau membuat minuman hangat. Mamiku makin betah saja di dalam villa, maklum namanya juga ibu ibu, melihat dapur langsung aja masak air, bikin kopi dan teh serta siapin kue kecil yang memang sengaja dibawa dari Surabaya untuk aku.

Villa de daun
Ruang tamu di Villa
Villa de daun
Meja makan dan dapur bersih

Bagian ruangan yang kedua adalah kamar tidur, ukuran nya sangat luas. Ada satu ranjang ukuran besar lengkap dengan kain penutup, karena aku hari ini bakalan tidur bareng orang tua dan satu ponakan, jadi di dalam kamar nanti bakalan ditambah satu ekstra bed yang sudah dipesan saat check in tadi. Di salah satu sudut kamar ada kursi santai yang bisa dipakai “selonjoran” alias duduk dengan memanjangkan kaki. Kalau yang ini, papi aku suka banget, karena beliau punya kegemaran membaca sambal duduk santai.

Villa de daun
Sudut santai didalam kamar
Villa de daun
Ranjang yang nyaman

Kamar mandi yang tadi aku ceritakan bisa nyambung ke kolam renang itu ini fotonya, terpisah antara wastafel dan shower serta closet nya. Perlengkapan mandipun sudah disediakan lengkap oleh Villa de daun, oleh karena jika kita ketinggalan sabun pun sudah tak menjadi masalah.

Villa de daun
Kamar mandi

Tak terasa sekarang sudah jam 14.00 Waktu Indonesia Tengah, pantas saja kami semua merasa lapar, sudah waktunya makan siang. Aku segera menelpon ke resepsionis dengan memencet angka 0, menanyakan menu makan siang yang ada di hotel, dan ternyata ada pilihan paket yang ditawarkan oleh Villa de daun. Makanan yang aku pesan diantar dari restaurant menuju villa yang kami tempati.

Villa de daun
Pesanan makan siang

Beberapa menu makanan yang kami pesan adalah Caesar Salad, Ayam sambal matah, Olahan ikan dan sebagai penutup aku memilih buah buahan segar. Untuk taste makanan nya boleh diacungi jempol. Kami menikmati makan siang di meja depan ruangan tamu yang langsung menghadap ke kolam renang.

Villa de daun
Salad
Villa de daun
Ayam Sambal Matah
Villa de daun
Olahan Ikan
Villa de daun
Potongan buah segar

Setelah selesai menikmati makan siang menjelang sore, kami segera ingin beristirahat dan mencoba ranjang empuk yang ada di kamar. Kecuali mami aku yang ingin menikmati layanan dari Dala Spa. Dala Spa adalah perawatan kecantikan dari Villa de daun, menggunakan bahan bahan alami yang masih segar dengan menggunakan ritual kecantikan jaman dahulu.

Villa de daun
Waktunya spa

Beberapa paket pelayanan yang diberikan oleh Dala Spa di antara nya: Dala Bath, Dala Package, Body Ritual, Beauty Ritual, Body Mask, Body Scrub, dan Signature Package. Dari masing masing paket tersebut masih ada pilihan yang lebih detail yang disesuaikan dengan kebutuhan tamu yang ingin mendapatkan hasil setelah spa itu seperti apa.

Villa de daun
Dala Spa

Ruangan di dalam Spa, sangat tenang dan elegan, sesuai dengan kelas nya. Sehingga siapa saja yang ingin melakukan perawatan di sini merasa nyaman dan terjaga privacy nya. Oiya hampir saja lupa, kami semua termasuk aku, tadi sambil menunggu proses check in telah mendapat perawatan foot spa, seperti layaknya pijat refleksi yang membuat peredaran darah lancar dan kami menjadi lebih relax.

Villa de daun
Koridor ruang spa
Villa de daun
Ruang refleksi
Villa de daun
Kamar Perawatan Spa

Setelah melihat menu spa dan mendapat penjelasan dari therapist yang bakal melakukan perawatan, mamiku memilih Signature Package High Tea, dari namanya aku yang mengantar saja langsung tersenyum, karena unik sekali. Secara garis besar mami akan menghabiskan waktu selama 150 menit, diawali dengan pelembaban bagian kaki, pijat seluruh badan dengan menggunakan bahan yang sudah dipilih, dilanjutkan dengan masker tubuh dan ditutup dengan rendaman serta bilas dengan bahan rempah rempah.

Villa de daun
Dala Spa yang cozy dan elegan

Selama mami aku melakukan perawatan badan, kami beristirahat dan menghabiskan sisa hari ini dengan menikmati suasana di dalam villa yang tenang. Perjalanan dengan pesawat dari Surabaya ke Bali juga membuat badan orang tua aku ingin mendapat istirahat lebih.


Minggu, 12 Maret 2017

Suara alarm yang sengaja aku pasang semalam supaya tidak bangun kesiangan sudah berbunyi, seandainya boleh memilih pasti aku akan tetap bersembunyi di balik selimut, karena suasana kamar di unit villa enak banget. Tapi karena hari ini merupakan Hari Ulang Tahun ke 50 Perkawinan orang tuaku dan justru kejutan yang sebenarnya adalah hari ini, jadi aku mengajak orang tua ku menikmati sarapan, tapi supaya suasananya berbeda, kami makan di restoran yang ada di villa.

Villa de daun
Sarapan Pagi

Menu sarapan yang jadi pilihan ada beberapa variasi, supaya bisa saling merasakan menu yang bakal disajikan, kami memilih 3 menu yang berbeda yaitu Chinese Breakfast, Indonesian Breakfast dan Western Breakfast. Alhasil kami menikmati bubur ayam, nasi goreng, aneka gorengan telur dan sosis. Yummy banget.

Villa de daun
Bubur ayam
Villa de daun
Nasi goreng
Villa de daun
American Breakfast

Setelah menikmati breakfast, aku mengajak orangtua untuk berangkat ke tempat makan yang aku bilang enak, sudah aku sampaikan bahwa nanti asal makan dikit saja kalau masih kenyang. Alasan sebenarnya adalah, karena kakak dan adikku pengen makan di sana dan mereka dari Bandara Ngurah Rai langsung ke tempat makan. Jadi saat aku dalam perjalanan menuju tempat makan, kakak dan adikku sudah sampai terlebih dahulu, tanpa sepengetahuan orang tua aku ngobrol dengan mereka lewat chat di handphone, aku kasih tahu untuk memilih tempat duduk yang membelakangi pintu masuk. Begitu aku dan orang tua sampai di tempat makan, memang tempat duduk sudah penuh, aku mengarahkan orang tua untuk duduk di bangku persis depan kakak dan adikku. Beberapa detik orang tuaku terpaku karena melihat sosok orang yang tidak asing di mata mereka, seakan tak percaya bahwa yang dihadapan nya adalah kakak dan adikku. Rasa bahagia terungkapkan dengan tetesan air mata haru ketika secara bersamaan kakak dan adikku memanggil “pap” “mam”. Surprise yang berhasil, karena orang tuaku tidak menyangka bisa berkumpul lengkap dengan kami semua, pada saat ulang tahun pernikahan mereka.

Villa de daun
My Family

Setelah selesai makan dan saling bercerita satu dengan yang lain dengan penuh kebahagiaan, kami bersama sama kembali ke villa. Berhubung sekarang kita berlima jadi berpindah ke unit villa yang 3 kamar, supaya semua bisa tidur dengan nyaman. Sembari yang lain sibuk memilih kamar dan meletakkan semua barang bawaan, aku segera mengambil gambar unit villa yang aku tempati sekarang, supaya kalian juga ada gambaran kalau memang mau menginap di Villa de daun.

Untuk fasilitas di dalam unit villa hampir sama cuma bedanya yang pasti dari ukuran luasnya, yang juga rada beda adalah meja makan, dapur bersih dan sofa berada di ruang semi terbuka. Masih inget unit villa sebelumnya khan yang justru berada di ruangan tertutup.

Villa de daun
Ruang makan di Villa 3 kamar
Villa de daun
Dapur bersih

Kolam renang dengan “bale bale” disudut juga ada di sini, hanya saja bentuk kolam renang nya yang berbeda dan ditambah 2 kursi malas untuk berjemur. Tapi justru di sini tidak ada akses ke kamar mandi langsung.

Villa de daun
Kolam renang private

Sedangkan untuk kamar tidur seperti yang aku sampaikan tadi bahwa unit villa yang sekarang adalah 3 kamar, jadi ada 2 kamar dengan satu ranjang ukuran besar dan 1 kamar dengan dua ranjang ukuran kecil. Masing masing kamar mempunyai kamar mandi sendiri sendiri. Untuk fasilitas kamar mandi sangat lengkap seperti yang aku sampaikan sebelumnya.

Villa de daun
Tempat tidur pertama di Villa 3 kamar
Villa de daun
Tempat tidur Kedua di Villa 3 kamar
Villa de daun
Tempat tidur ketiga di Villa 3 kamar
Villa de daun
Kamar mandinya

Sebelum menjelang malam, aku menyempatkan untuk keluar dari unit villa dan berjalan keluar sambil memperhatikan bangunan luar unit villa ketika semua lampu mulai dinyalakan. Mulai dari Lobby, Dala Spa sampai Restoran terlihat elegan dan “cozy” banget. Bagi yang sedang menikmati bulan madu akan benar benar merasakan suasana yang romantis.

Villa de daun
Suasana senja di area Villa
Villa de daun
Serasa di Ubud
Villa de daun
Tenang dan nyaman

Nggak terasa sudah hampir pukul tujuh malam, aku memesan makanan untuk makan malam sekaligus “dinner” lengkap bersama keluarga inti, dimana ada papi, mami, kakak, adik dan aku. Menu yang kami pilih adalah salad dan udang asam manis yang memang sangat menggugah selera.

Villa de daun
Makan malam keluarga
Villa de daun
Sayuran
Villa de daun
Udang asam manis

Sambil menikmati makan malam, kami benar benar menggunakan waktu bersama tersebut dengan penuh bahagia. Memberi kesempatan kepada orangtua ku menceritakan awal pertemuan mereka dulu sampai saat sekarang. Tidaklah mudah menjalani semuanya, tapi aku dan saudaraku belajar untuk bisa seperti orangtua ku. Menjalani hidup dengan selalu penuh rasa syukur sehingga sampai sekarang bisa menikmati segala yang dijalani.

Aku juga bersyukur tidak salah untuk memilih villa dimana untuk merayakan Ulang Tahun Pernikahan orang tua ku, karena tempatnya sangat mendukung. Akhir kata hanya doa yang aku panjatkan agar Orangtuaku diberi kesehatan dan umur panjang, dan kami anak anaknya bisa menjadi orang baik yang selalu bisa bersyukur.

 

Villa de daun,

Raya Legian 123B
Kuta 80361 Bali Indonesia
Tel. +62 (0) 361 756276 / +62 (0) 361 768172
Fax. +62 (0) 361 750643
Email: [email protected]

SHARE
Previous articleMaxone Hotel Ubud
Next articleFamtrip Blogger 2017 buat #SemarangHebat
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here