Hotel Majapahit Surabaya

4
55
Hotel Majapahit Surabaya
Hotel Majapahit Surabaya

Jalan Tunjungan di kota Surabaya, pagi ini tampak lengang, persis di depan Hotel Majapahit, tempat aku menginap weekend ini, terlihat beberapa anak kecil bermain bola sepak. Ya, hari ini hari Minggu, dimana jalanan ini termasuk dalam rute yang disepakati untuk program Car Free Day di kota Pahlawan.

Hotel Majapahit Surabaya
Hotel Majapahit Surabaya

Bangunan kokoh dengan perpaduan dominan warna putih dan sentuhan biru abu abu, bertuliskan Hotel Majapahit ini, sangat elegan dan mempertahankan bentuk asal tapi termaintain dengan baik. Tetap mencolok dibanding bangunan lain di sekelilingnya, yang jauh lebih tinggi dan modern. Design arsitekturnya justru menjadi point lebih dari hotel yang sudah berdiri sejak 1910 dan sekarang masuk ke dalam jajaran managemen Accor Hotels

Hotel Majapahit Surabaya
Jalan Tunjungan

Masuk ke dalam area lobby, Hotel Majapahit semakin layak disebut luxury hotel. Kali ini dinding bercat putih dipadu dengan interior kayu bewarna coklat. Detail dinding mulai dari samping sampai ke langit langit sangat indah. Rangkaian bunga dengan ukuran besar ditempatkan persis depan pintu masuk, menambah elegan ruangan ini.

Hotel Majapahit Surabaya
Lobby Area

Seperti biasa, kalau sudah sampai masuk ke dalam hotel, aku tidak sabar untuk segera melihat secara keseluruhan bagian dari hotel, termasuk fasilitas yang bisa dinikmati, selama menginap di hotel tersebut. Oleh karenanya, aku segera menuju meja resepsionis, melakukan proses administrasi untuk check in.

Hotel Majapahit Surabaya
Meja Resepsionis

Sambil menunggu kamar dipersiapkan, aku duduk di Lobby Lounge yang bergaya art deco yang unik, menawarkan berbagai pilihan koktail dan minuman teh, juga menu makanan berupa snack asin atau manis yang bisa dipesan sesuai selera kita. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00.

Hotel Majapahit Surabaya
Lobby Lounge

Proses check in tidak lama, berkat pelayanan yang sangat profesional dan ramah dari staff resepsionis yang bertugas. Oiya jangan kaget juga, kalau saat disapa dengan Bahasa Jawa halus dalam penyampaian selamat pagi, siang dan malam. Aku masuk ke dalam melewati koridor dengan pilar berhiaskan lampu etnik, dan pinggir kanannya ada taman yang rapi, indah dan bersih.

Hotel Majapahit Surabaya
Jalanan penghubung dari Lobby ke dalam hotel
Hotel Majapahit Surabaya
Taman di belakang lobby hotel

Setelah melewati koridor yang tidak terlalu panjang, aku masuk ke dalam ruangan yang di atas dinding nya ada tertulis angka tahun, ternyata angka tersebut mempunyai cerita juga, dimana Hotel Majapahit dibangun pada tahun 1910 oleh saudara-saudara Sarkies yang terkenal. Oleh karenanya bangunan Hotel Majapahit mempunyai arsitektur kolonialnya yang anggun dengan taman-taman indah.

Hotel Majapahit Surabaya
Berdiri sejak 1910

Sebelum masuk lagi ke dalam , aku menyempatkan berhenti sejenak di sebuah ruangan yang merupakan bagian depan dari Balai Adika, Ruangan dengan tempat duduk bergaya kuno, mengingatkan kembali pada kenangan di rumah nenek aku di kota Malang saat kecil dulu. Ruangan ini sangat instagramable, karena sebagian dari ruangan, terpasang kaca ornament warna warni.

Hotel Majapahit Surabaya
Ruang duduk di depan Balai Adika

Sekali lagi aku melewati taman yang asri dan sangat menyejukkan, ini merupakan kelebihan dari Hotel Majapahit. Dan yang bikin makin nyaman adalah ketika hendak menuju kamar, kita melewati koridor yang tidak terkena hujan atau panas matahari, sehingga kita merasakan kesejukan dan santai.

Hotel Majapahit Surabaya
Taman di sepanjang koridor kamar

Sekarang aku sudah sampai depan kamar, dimana persis dibagian depannya terdapat teras yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati kopi dan teh beserta snack. Pemandangan taman hijau yang tak kalah luasnya dengan lapangan bola menjadi suguhan tipe kamar Executive Suite yang bakal aku tempati selama beberapa hari ini.

Hotel Majapahit Surabaya
Teras depan kamar aku

Kamar Eksekutif Suite, seluas 57 meter persegi, merupakan ruang kamar mewah dengan tempat tidur yang nyaman, mempunyai jendela yang bisa dibuka, pemandangan yang sama kita dapatkan seperti saat duduk di depan teras. Kamar ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat etnik dan luxury.

Hotel Majapahit Surabaya
Executive Suite
Hotel Majapahit Surabaya
Ranjang yang sangat nyaman

Selain tempat tidur, kamar aku juga dilengkapi dengan sofa tamu lengkap dengan meja kayu di depannya. Juga tersedia meja kerja serta lemari pakaian yang menggunakan bahan kayu dengan warna coklat tua, sehingga menambah nilai mewah dari semua kamar yang ada di Hotel Majapahit Surabaya.

Hotel Majapahit Surabaya
Sofa santai
Hotel Majapahit Surabaya
Lemari dan Meja kerja
Hotel Majapahit Surabaya
Shower, Toilet dan Wastafel

Sekarang ayo masuk ke dalam kamar mandi, yang antara ruangan tempat tidur dipisahkan dengan pintu penutup, di sini tampak begitu luasnya tipe kamar yang aku tempati. Kamar mandi terdiri dari 3 ruangan terpisah, dimana ada bathtub dan wastafel, sedangkan toilet dan shower masing mempunyai sekat kaca masing masing.

Hotel Majapahit Surabaya
Bathtub

Ini adalah taman yang aku ceritakan tadi, jadi kalau buka jendela atau duduk depan teras kamar, pemandangan yang aku dapat seperti ini, serta berhadapan langsung dengan sebuah bangunan yang luas dan megah, yaitu Presidential Suite Room. Taman ini juga mengingatkan sebuah memori yang sangat indah dan mengesankan, ketika teman baikku jaman SMA melangsungkan pernikahan di taman ini juga menggunakan kamar yang aku pandangi sekarang.

Hotel Majapahit Surabaya
Taman dengan Air Mancur

Yang bikin lengkap untuk mengenang memori tersebut di atas dan tentunya “happy” banget ketika mendapat kesempatan untuk diajak melihat ke dalam kamar Presidential Suite dari Hotel Majapahit Surabaya. Persis di samping koridor menuju pintu masuk kamar, ada tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai.

Hotel Majapahit Surabaya
Pendopo Santai

Presidential Room Suite seluas 806 meter persegi adalah yang terbesar dan paling mengesankan di Asia Tenggara dan dianggap sebagai ibu dari semua Presidential Suite di wilayah ini. Merupakan “Rumah” bagi President dari beberapa negara, Celebrities and Pasangan pengantin yang pada malam pernikahan mereka memiliki dua kamar tidur mewah dengan perlengkapan kamar mandi berlapis emas, area duduk yang nyaman, ruang pertemuan dan ruang tamu pribadi bersama dengan teras pribadi yang luas menghadap ke taman yang bersih.

Hotel Majapahit Surabaya
Pintu depan Presidential Room Suite

Penasaran pengen liat buktinya khan, tenang aja, aku mengambil beberapa gambar hampir setiap ruangan yang ada di Presidential Room Suite Hotel Majapahit. Begitu pintu dibuka, aku langsung berdecak kagum, yang paling jadi pandangan mata adalah tangga berkarpet biru dengan pegangan kayu, yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua.

Hotel Majapahit Surabaya
Tangga Penghubung Lantai 1 dan 2

Lantai 1 terbagi menjadi 3 ruangan, pada bagian tengah adalah ruang tamu dengan tempat duduk yang bagus banget, berkesan tradisional tapi terlihat masih baru dan terawat. Di sebelah kanan, ada ruangan untuk bekerja, di mana terdapat meja kerja dan sofa kecil yang bisa digunakan untuk kepentingan rapat. Sedangkan di sebelah kiri ada ruang meeting besar atau kadang digunakan untuk jamuan makan baik siang maupun malam.

Hotel Majapahit Surabaya
Ruang utama di lantai 1
Hotel Majapahit Surabaya
Ruang Kerja
Hotel Majapahit Surabaya
Ruang Meeting

Sedangkan di lantai dua, sebenarnya ada beberapa ruangan, tapi yang terpenting adalah bagian kamar tidur, yang juga terbagi menjadi 3 bagian, pertama adalah ruang keluarga, dimana terdapat tempat duduk sofa dengan pemandangan yang luar biasa, kamar tidur yang luas dan nyaman, design mewah dan sangat luxury bias langsung aku rasakan, belum lagi ketika masuk ke dalam kamar mandi yang luasnya seperti luas sebuah kamar tidur. Yang paling bikin penasaran adalah: kran air yang ada di bathtub, terbuat dari emas, pantas saja saat lampu kamar mandi dinyalakan, yang paling tampak bersinar adalah alat mandi tersebut.

otel Majapahit Surabay
Ruang keluarga
Hotel Majapahit Surabaya
Ranjang King Size
Hotel Majapahit Surabaya
Kamar mandi yang eksklusive

Selain menyediakan kamar, Hotel Majapahit Surabaya juga melayani para pengunjung yang hendak mengadakan meeting atau gathering di sini. Beberapa ruangan meeting yang biasa ditawarkan, seperti misalnya untuk konferensi para pejabat tinggi, pertemuan eksklusif, atau acara khusus, tim penjualan & perjamuan kami akan berusaha keras untuk memastikan bahwa semuanya mengalir dengan lancar dengan cara yang benar.
Untuk mengesankan para pengunjung dan teman kamu yang berharga, Fasilitas Pertemuan Majapahit adalah jawaban untuk sesuatu yang benar-benar berbeda.

Hotel Majapahit Surabaya
Balai Adika
Hotel Majapahit Surabaya
Ruang meeting

Fasilitas yang bakal aku ceritakan sekarang, adalah salah satu terpenting juga, yaitu semua restoran yang ada di Hotel Majapahit Surabaya. Aku urutkan sesuai dengan waktu makannya saja, supaya tidak bingung. Pertama adalah Roof Garden, merupakan restoran dimana kita melaksanakan makan pagi.

Terbagi menjadi dua ruangan, yaitu bagian terbuka dipersilakan buat siapa saja yang merokok untuk kenyamanan saat sarapan dan bagian ruangan satunya adalah tertutup, sehingga khusus bagi siapa saja yang memang tidak merokok, di sini bisa dipahami bahwa Hotel Majapahit Surabaya sangat memperhatikan keinginan dan kepuasan pengunjung hotel.

Hotel Majapahit Surabaya
Rooftop Garden
Hotel Majapahit Surabaya
Smoking area
Hotel Majapahit Surabaya
Roof Garden restaurant

Menu makan pagi yang disajikan di sini adalah ala Buffee Breakfast yang bisa dinikmati sejak pukul 6 pagi sampai 10 siang hari. Menu beragam disajikan dengan olahan dari chef handal, mulai dari menu utama, makanan Jepang, roti dan croissant, jajanan tradisional, serta berbagai pilihan minuman serta buah segar.

Hotel Majapahit Surabaya
Buffee Breakfast
Hotel Majapahit Surabaya
Berbagai menu pilihan

Dan ini tampilan makan pagi aku bersama teman yang siap untuk melahap semuanya tanpa harus meyisakan semua yang sudah tersaji di piring. Dari sini terlihat khan, kalau menginap di Hotel Majapahit Surabaya, kalian bakalan bisa menyantap sarapan seperti aku lho.

Hotel Majapahit Surabaya
Makan pagi aku

Buat yang suka makan roti atau cake, jangan lewatkan untuk mencoba belanja di Toko Deli Cake Shop yang menawarkan pilihan roti yang luar biasa, kue-kue yang menggugah selera, Viennoiseries yang lembut, kue lezat, dan berbagai macam kelezatan cokelat Belgia buatan tangan yang lezat, dan sekarang ada roti sisir yang menjadi andalan baru.
Toko Deli setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 22:00.

Khusus di hari Minggu saat ada Car Free Day, Toko Deli juga membuka stand di depan hotel, persis di pinggir Jalan Tunjungan.

Hotel Majapahit Surabaya
Toko Deli
Hotel Majapahit Surabaya
Berjualan saat CFD

Indigo Restaurant adalah pengalaman bersantap Fusion, di mana menu yang disajikan adalah konsep “East meets West”, menampilkan hidangan khas Asia, Jepang, Western, dan Indonesia tradisional. Restoran dengan design interior khas Deco yang penuh warna. Nikmati suasana yang hidup dengan  menyaksikan koki dari hotel ketika mereka menyiapkan bahan-bahan segar untuk dimasak

Indigo Restaurant adalah rumah untuk sarapan, makan siang, dan makan malam mulai pukul 11.00 – 22.00

Hotel Majapahit Surabaya
Indigo Restaurant
Hotel Majapahit Surabaya
Suasana di Indigo

Aku mencoba menu makanan di Indigo saat makan siang, sengaja aku memilih menu Indonesia di antaranya Nasi Goreng Indigo yang lengkap dengan sate, telor goreng dan ayamnya, gado gado untuk sayuran nya, sedangkan pembuka aku pesan lumpia goreng, tak lupa penutupnya adalah pisang keju. Suasana restoran yang nyaman dipadu dengan makanan enak serta pelayanan yang baik, membuat aku betah banget berada di restoran ini.

Hotel Majapahit Surabaya
Menu makanan di Indigo

Sarkies Restaurant, berbeda konsep dengan 2 tempat makan yang ada di Hotel Majapahit Surabaya, disini menu makanan yang ditawarkan adalah Chinese Food, boleh dibilang untuk menu makanan yang dihidangkan masih sangat otentik dengan sentuhan penyajian modern. Ruangan dengan design yang masih menunjukkan sentuhan interior China tradisional dengan paduan jaman kolonial.

Sarkies Restaurant, buka dari pukul 11.00 sampai 14.30 dan akan buka kembali pada jam 18.30 – 21.00

Hotel Majapahit Surabaya
Sarkies Restaurant
Hotel Majapahit Surabaya
Suasana Sarkies

Menu makanan yang aku coba, saat menikmati makan malam di Sarkies adalah Sapi lada hitam, Nasi goreng dan satu menu olahan dari ubi Taro dengan sayuran yang rasanya sangat recommended banget. Oiya kalian juga bisa memesan menu dimsum kalau pas lagi makan di Sarkies.

Hotel Majapahit Surabaya
Menu makanan Sarkies

Satu lagi fasilitas hotel yang menjadi favorit aku kalau saat menginap, adalah fasilitas yang berhubungan dengan kebugaran tubuh. Hotel Majapahit Surabaya menyediakan fasiltas ruang fitness dengan alat yang tak kalah lengkapnya dengan tempat fitness yang punya nama di Indonesia, sudah githu di ruang gantinya ada locker, shower dan jacuzzy, keren abis pokoknya. Belum lagi ditambah dengan fasilitas kolam renang dengan ukuran yang sangat besar. Sehingga bisa kebayang khan kalau menginap di Hotel Majapahit Surabaya kepuasan jiwa dan raga akan terpenuhi semuanya.

Hotel Majapahit Surabaya
Ruang Fitness
Hotel Majapahit Surabaya
Jacuzzy dan Sauna
Hotel Majapahit Surabaya
Kolam Renang

Dengan membaca ulasan aku di atas, kalau kalian ke Surabaya, sudah nggak perlu bingung lagi buat menginap dimana, tinggal langsung menuju ke sini:

Hotel Majapahit Surabaya
Jalan Tunjungan no 65
Surabaya 60275
East Java-Indonesia
Telephone: (62-31) 5454 333
Facsmile: (62-31) 5454 111
Email: [email protected]
www.hotel-majapahit.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here