GAIA Cosmo Hotel

4
408
GAIA Cosmo Hotel
GAIA Cosmo Hotel

Kalau diminta memberikan tiga kata yang terlintas di benak kamu, saat mendengar kata Yogyakarta atau Jogjakarta, kira kira apa ya? Buat aku, jawabannya adalah: Seni, Malioboro dan Pelancong. Mungkin kalian mempunyai jawaban lain, tapi tak jadi sebuah masalah besar, karena ujungnya kita juga tetap mengunjungi kota yang sarat akan tempat wisata ini

Begitu juga saat sekarang ditanya, kalau ke Yogyakarta mau menginap dimana, pasti setiap orang mempunyai beberapa alasan untuk memilih hotel dimana mereka mau tinggal. Begitu juga dengan aku, saat minggu lalu main ke kota gudeg, memilih GAIA Cosmo Hotel sebagai tempat persinggahan selama beberapa hari.

GAIA Cosmo Hotel, berlokasi di Jl. Ipda Tut Harsono no 16, Muja Muju. Merupakan lokasi yang sangat strategis untuk mengeksplore beberapa lokasi wisata yang ada di Yogyakarta. Tidak jauh dari Bandara Adisucipto dan Stasiun Tugu, serta sangat mudah untuk menemukan hotel ini, karena beberapa kali aku naik kendaraan umum, hanya dengan menyebut nama GAIA Cosmo Hotel, driver nya langsung tahu. Seperti saat pertama kali sampai di depan bangunan hotel yang sangat artistik bentuknya.

GAIA Cosmo Hotel
Tampak depan bangunan hotel

Saat turun dari mobil di pelataran parkir, aku sedikit rada bingung, karena biasanya langsung ketemu dengan area lobby hotel, tapi ini tidak nampak sama sekali, justru aku melihat beberapa sepeda terparkir di depan pintu masuk, samping kedai kopi yang persis dibagian depan bangunan. Nah, justru ini keunikan yang dimiliki oleh GAIA Cosmo Hotel yang aku temukan di awal sebelum masuk lebih dalam.

GAIA Cosmo Hotel
Sepeda yang bisa dipakai pengunjung hotel yang menginap

Membuka pintu utama, aku melewati koridor menuju meja resepsionis, setelah bertanya kepada petugas yang berjaga di depan. Design hotel ini memang buat aku sangat keren, bergaya art futuristic, detail yang ada di setiap sudut tampak sekilas dari pandangan aku saat melewatinya. Sambil mengisi lembaran reservasi aku memperhatikan meja resepstionis yang sangat simple tapi eksklusif secara tampilan.

GAIA Cosmo Hotel
Meja Resepsionis

Sofa ruang tunggu yang ada di area lobby, terasa nyaman, dengan latar belakang kaca bening, sehingga kolam renang yang berada di balik pembatas kaca tersebut, tampak dengan jelas. Tumbuhan yang ditanam dan diletakkan menempel pada dinding, membuat lingkungan tersebut menjadi sangat asri dan tampak hijau.

GAIA Cosmo Hotel
Ruang Tunggu Area Lobby

Oiya saat aku tadi melalui koridor hendak menuju meja resepsionis, di samping kiri terlihat ada jajaran tempat duduk yang bergaya ala bar, ternyata ini adalah “warung kopi” milik GAIA Cosmo Hotel yang diberi nama Inspira Roasters. Kedai kopi yang terbuka untuk umum ini menyediakan berbagai pilihan menu kopi yang diolah dengan serius sehingga memberikan pengalaman yang berbeda buat pelanggannya.

GAIA Cosmo Hotel
Inspira Roasters

Selain rasa kopi yang sudah tak perlu diragukan lagi dari sisi rasa, Inspira Roasters yang masih termasuk dalam area Lobby, menyediakan tempat duduk yang memanjang dengan banyak “colokan” listrik, hal ini buat aku sangat menyenangkan, karena bisa duduk di sana, sambil bekerja atau jika kalian menginap di sini untuk urusan pekerjaan yang mengharuskan diskusi atau meeting kecil dengan siapapun, bisa menggunakan meja ini.

GAIA Cosmo Hotel
Tempat duduk bisa digunakan kerja juga

GAIA Cosmo Hotel memang benar benar hotel yang unik, karena setelah aku berada di dalamnya, baru tahu kalau bagian depan hotel yang biasanya area lobby baru kemudian kita akan bertemu dengan restoran, di sini justru sebaliknya. Tapi konsep ini justru bagus, karena memang restoran yang diberi nama Semeja ini saat makan siang dan makan malam dibuka untuk umum dan tidak terbatas pengunjung hotel saja.

Kebetulan juga, setelah proses check in tadi, aku merasa lapar dan sekarang mau keluar hotel, juga rada malas. Syukurlah ada Inspira Roasters dan Semeja yang siap melayani pesanan makanan dan minuman. Setelah melihat menu makanan dan minuman, aku memutuskan untuk mencoba beberapa menu makanan, di antaranya:

Sate ayam, sengaja pesan menu ini karena memang lagi pengen makan sate, satu porsi isi 10 tusuk dan aku sudah bilang diawal hanya daging tanpa kulit. Bumbu pelengkapnya adalah saos kacang dan disajikan di atas penganan “hotplate”

GAIA Cosmo Hotel
Sate Ayam

Tahu Telor, masih menggunakan saos kacang sebagai bumbu pelengkap, tahu yang dipotong kotak kotak kecil kemudian dicampur dengan telur yang sudah diaduk, kemudian digoreng krispy. Recommended banget nih

GAIA Cosmo Hotel
Tahu Telor

Salted Egg Chicken Pop Corn, entah kenapa belakangan ini aku suka memesan menu makanan yang dimasaknya dengan bumbu telor asin, dan kebetulan di GAIA Cosmo Hotel menyediakan menu itu, aku tanpa pikir panjang langsung memesannya.

GAIA Cosmo Hotel
Salted Egg Chicken Pop Corn

Tempe Mendoan, kalau menu yang satu ini pasti kebanyakan tahu ya, karena bahan dasarnya memang tempe, cuma cara pengolahannya yang menjadi ciri khas dan nama yang diberikan sudah dari daerah asalnya, tapi jujur dari sisi rasa nggak beda jauh dari yang di Purwokerto

GAIA Cosmo Hotel
Tempe Mendoan

Sedangkan untuk minuman yang aku pesan selama tinggal di GAIA Cosmo Hotel ada beberapa menu, diantaranya Mocca Frappe, Tim Tam Frappe dan Lime Squash. Dari dua jenis minuman yang mengandung unsur kopi, memang sangat layak buat dicoba, jika kalian berkesempatan menginap di GAIA Cosmo Hotel atau pas ada waktu buat nongkrong di Inspira Roasters.

GAIA Cosmo Hotel
Mocca Frappe
GAIA Cosmo Hotel
Tim Tam Frappe
GAIA Cosmo Hotel
Lime Squash

Gara gara kelamaan duduk di area lobby yang menyatu dengan Inspira Roasters, aku makin jatuh cinta dengan tempat ini, tempat duduk di sudut dan sedikit ujung, sangat nyaman buat menikmati kopi hangat sambal mengerjakan sesuatu yang memang butuh ketenangan.

GAIA Cosmo Hotel
Instagramable

Belum lagi biji kopi yang ditempatkan pada kemasan karung di bagian depan café, memberikan sentuhan aroma kopi yang tercium saat kita mendekatinya. Biji kopi yang memang sengaja diletakkan sebagai pemanis ruangan, nantinya juga akan diolah menjadi minuman.

GAIA Cosmo Hotel
Biji kopi sebagai penghias sekaligus diolah

Nah, buat kalian yang suka mengumpulkan souvenir atau ingin membawakan oleh oleh buat teman, tak perlu bingung, karena Inspira Roaster menyediakan serta menjual beberapa souvenir eksklusif yang dipajang di dekat kasir. Berbagai pilihan souvenir dengan harga yang beragam bisa jadi pilihan.

GAIA Cosmo Hotel
Souvenir Inspira Roasters

Seperti yang aku sampaikan di atas, bahwa Semeja Restaurant menyajikan makan pagi ala buffee untuk pengunjung hotel yang menginap. Tempat makan di restoran ini sangat luas sampai terbagi menjadi 3 ruangan, diantaranya, ruangan untuk yang tidak merokok ada di lantai satu dan dua, sedangkan untuk yang “smoking” berada di lantai satu dan menggunakan bagian ruangan yang terbuka. Hal ini jelas memberikan kenyamanan bagi semua pengunjung hotel yang mempunyai kesenangan masing masing.

GAIA Cosmo Hotel
Semeja Restoran
GAIA Cosmo Hotel
Smoking Area di Semeja Restoran
GAIA Cosmo Hotel
Tempat makan di lantai 2 dari Semeja Restoran

Menu makan pagi yang ditawarkan oleh Semeja Restaurant sangatlah beragam, mulai dari minuman tradisional, dalam hal ini aneka jamu, air mineral, pilihan juice, dan tentunya kopi atau teh. Tak lupa juga disedikan susu murni lengkap dengan sereal yang bisa jadi menu sarapan yang sehat.

GAIA Cosmo Hotel
Minuman dari buffee breakfast

Menu makanan utama yang disajikan saat aku makan pagi kali ini adalah berjenis oriental food, mulai dari nasi goreng, mie goreng, olahan ayam dan pilihan sayur tak dilupakan. Mencicipi semua makanan dengan porsi kecil untuk masing masing menu, tanpa sadar piringku sudah penuh terisi makanan.

GAIA Cosmo Hotel
Berbagai menu makanan utama

Tak lupa aku juga mencicipi makanan tradisional yang diletakkan pada penganan tanah liat, sehingga semakin menambah kesan yang mendalam bahwa Semeja Restaurant sangat memperhatikan detail dari sisi rasa dan penyajian, sehingga hal ini sangat terlihat sangat menyenangkan.

GAIA Cosmo Hotel
Makanan tradisional

Bagi para pengunjung yang tidak terbiasa dengan makanan berat dan karena Yogyakarta merupakan salah satu “destinasi” bagi wisatawan mancanegara, tak lupa dalam menu breakfast yang ada di Semeja restaurant disediakan aneka roti dan croissant yang lengkap dengan kondimennya.

GAIA Cosmo Hotel
Roti dan Croissant

Oiya, ada satu lagi tempat duduk favorit aku selama tinggal dan menginap di GAIA Cosmo Hotel, yaitu di samping luar lobby area dan berada di samping kolam renang. Ruangan terbuka dengan beberapa meja dan bangku yang mengelilinginya, saat sore menjelang senja, paling suka nongkrong di sini sambil sesekali memandang air di kolam renang.

GAIA Cosmo Hotel
Smoking area dekat kolam renang

Fasilitas kolam renang, hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang menginap dan tidak dibuka untuk umum. Sangat cocok untuk liburan keluarga dengan membawa anak kecil, karena kolam renang ini terbagi atas kolam dewasa dan kolam anak anak, sehingga menjadi aman. Ukuran kolam renang cukup besar dengan beberapa kursi santai di pinggirannya, hal ini memanjakan pengunjung hotel yang ingin melakukan “sunbathing” sambil beristirahat.

GAIA Cosmo Hotel
Fasilitas kolam renang
GAIA Cosmo Hotel
Kolam anak terpisah dengan kolam dewasa

Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, bahwa salah satu konsep yang diusung oleh GAIA Cosmo Hotel adalah bisnis. Dalam artian selain memberikan fasilitas “leisure”, hotel ini juga menyediakan fasilitas untuk para pebisnis atau instansi yang mengadakan acara yang berhubungan dengan meeting dan gathering.

Konsep Art Design juga sangat “kental” di lantai Mezanine yang memang khusus untuk ruang meeting, kesan yang diberikan oleh lantai ini tidak kaku, malah ketika aku berada di sini sangat senang dengan suasana yang muncul saat menyusuri koridor antar ruang meeting, kesan resmi untuk menjalani meeting seharian yang membosankan tidak akan terasa.

GAIA Cosmo Hotel
Ruang Meeting

Seperti meja unik yang aku lihat di salah satu sudut ruangan, dengan beberapa kursi di samping kiri kanan nya. Di tengah meja ada pembatas “net” dan ternyata memang mempunyai dua fungsi, selain sebagai meja kerja dan bias digunakan untuk bermain ping pong, untuk sekedar olah raga ringan dan melakukan sesuatu yang “fun” saat break dari kegiatan rapat.

GAIA Cosmo Hotel
Meja Pingpong multifungsi

Di sisi area lain dari lantai ini, ada beberapa meja bersekat dengan lampu masing masing di atasnya. Secara fungsi merupakan meja komputer yang memberikan “privacy” buat penggunanya. Tapi justru buat aku ada sisi yang menarik, karena bagian ini termasuk spot yang instragramable buat difoto.

GAIA Cosmo Hotel
Meja Komputer

Jadi secara keseluruhan, lantai ini ada 7 ruangan meeting ditambah 2 ruang meeting yang ada di lantai bawah, total semuanya ada 9. Bentuk ruangan meeting nya pun berbeda beda sesuai dengan fungsinya dan namanya menyesuaikan. Seperti The Hall ini adalah Grand Ballroom, Quarter 1 -4 merupakan ruang meeting eksklusif berukuran besar, Class 1 -2 adalah ruang meeting skala kecil dan Auditorium yang berbentuk seperti ruang bioskop alias theatre.

GAIA Cosmo Hotel
Ruang Meeting ukuran besar
GAIA Cosmo Hotel
Fasilitas meeting room yang lengkap
GAIA Cosmo Hotel
Ruang Theatre yang keren

GAIA Cosmo Hotel, tak lupa juga menyediakan fasilitas untuk ibadah dengan ukuran yang cukup besar, sehingga bagi pengunjung dengan berbagai tujuan, baik yang mau liburan atau berbisnis, tetap bisa melaksanakan kewajiban ibadah tanpa harus memikirkan lagi lokasinya dimana.

GAIA Cosmo Hotel
Musholla

Banyak hal yang menarik perhatian aku selama tinggal di GAIA Cosmo Hotel, seperti misalnya petunjuk buat pengunjung yang terlihat di dinding setiap lantai dibuat sangat sederhana sekali tapi sangat informatif dan berguna sekali ketika aku hendak menuju kamar tempat aku tidur beberapa hari ke depan.

GAIA Cosmo Hotel
Petunjuk arah yang jelas

GAIA Cosmo Hotel mempunyai beberapa  tipe kamar, yang terdiri dari 14 kamar suite, 81 kamar tipe deluxe, 7 yang memiliki teras dan untuk ukuran kamarnya mulai dari 24 m2. Di samping itu ada tipe kamar yang “berbeda” seperti Corner suite, Executive suite dan Family suites

Aku sempat juga melihat tipe kamar yang lain sebelum masuk ke dalam kamar aku sendiri, seperti yang ada di bawah ini adalah tipe Studio, dimana untuk tipe kamar ini sangat cocok buat pengunjung yang ingin benar benar menikmati liburan dengan hanya berlama lama di dalam kamar. Dengan ukuran luas kamar 32 m2, kalian bisa memilih mau yang satu ranjang besar atau dua ranjang kecil, dilengkapi dengan TV LED 32 inch, serta yang menjadi kelebihan dari tipe kamar ini adalah dapur dan meja makan yang ada di teras bagian belakang kamar.

GAIA Cosmo Hotel
Tipe kamar Studio
GAIA Cosmo Hotel
Dapur dan meja makan

Sedangkan gambar dibawah ini adalah tipe kamar Corner Suite, karena berada di sudut dari bangunan hotel, untuk tipe kamar ini masing masing mempunyai design yang berbeda dengan ukuran luas kamar sangat besar yaitu 37 m2. Dilengkapi dengan TV LED 40 inch dan pilihan ranjang Kingsize. Satu lagi yang mejadi daya Tarik dari kamar ini adalah pemadangan dari kamar saat melihat jendela adalah keindahan Gunung Merapi.

GAIA Cosmo Hotel
Tipe Corner Suite
GAIA Cosmo Hotel
Ranjang yang nyaman

Sekarang saatnya masuk ke kamar aku setelah puas berkeliling dan melihat semua yang ada di GAIA Cosmo Hotel, aku sendiri memilih kamar tipe Deluxe dengan luas 24 m2, karena buat aku itu sudah lebih dari cukup luasnya, karena berada di kamar sendiri dengan satu ranjang ukuran besar, sangatlah nyaman. Kamar yang sukses menggabungkan unsur style, comfort dan efisiensi ini dilengkapi dengan TV LED 32 inch.

GAIA Cosmo Hotel
Ini kamar aku lhooo

Kamar mandi dan toilet terpisah menjadi dua ruangan yang berbeda, wastafel langsung menyatu  dengan kamar, sehingga membuat design kamar ini semakin unik dengan dilengkapi cermin bulat. selain itu ada sofa di sudut ruangan dan meja kerja yang sangat nyaman.

GAIA Cosmo Hotel
Ukuran kamar yang luas dengan design futuristik

Fasilitas umum yang dimiliki oleh setiap kamar yang ada di GAIA Cosmo Hotel adalah colokan listrik skala internasional, USB charge, Bluetooth musik speaker, AC dengan control individual, Safe deposit box, amenities kamar mandi yang sangat lengkap, hair dryer, dan free wifi.

GAIA Cosmo Hotel
Art dan Design

Buat aku menginap di GAIA Cosmo Hotel memberikan sebuah pengalaman yang berbeda, karena selain menikmati kamar yang nyaman, sekaligus bisa menikmati fasiltas hotel yang sangat lengkap dengan konsep yang berbeda, dimana traveler dan pebisnis bisa berada di dalam satu tempat yang sama dengan kepentingan yang berbeda.

GAIA Cosmo Hotel
Fasilitas hotel

GAIA COSMO HOTEL
Jl. Ipda Tut Harsono No. 16
Muja Muju
Umbulharjo
Kota Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta
Indonesia

PHONE
+62 274 5307777

EMAIL
[email protected]

SHARE
Previous articleTelaga Sunyi Purwokerto
Hidup adalah sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan selalu memberikan makna yang mendalam. Percaya atau tidak, datang ke destinasi yang sama sekalipun, kalian akan selalu mendapatkan cerita yang berbeda. Jadi jangan pernah merasa bosan untuk melakukan perjalanan, terus melangkah dan bagikan pengalaman kalian kepada orang lain, layak nya aku seorang KoperTraveler

4 COMMENTS

  1. Oalah, Muja Muju, nah kalau bilang itu aku langsung ngeh, hehehe. Depannya sepeda-sepeda gitu, kayak rumah ya.
    Desain interior kamarnya uniiikkk. Wastafelnya di luar, terus ada pembatas imajiner berbentuk lingkaran dengan gambar Candi Prambanan, sukaaakkk.

    Anyway, ayam telor asin di Upnormal juga enak koh, wahahahaha.

  2. Kooh, ulasan dan fotonya bagus banget! aku suka dengan hotelnya, komplit banget buat bikin acara bisnis di sini dengan berbagai meeting room yang terdesain rapi bahkan udah keren tanpa harus ditambahi hiasan2 ala-ala kembang atau taplak rumbai-rumbai.
    Kapan2 kalau dah mau ke Jogja lagi mampir sini ah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here