Ibis Makassar City Center

6
91
Ibis Makassar City Center
Ibis Makassar City Center

Ibis Makassar City Center, berlokasi di Jalan Maipa No 8, Makassar, Sulawesi Selatan. Merupakan hotel pilihan aku, saat beberapa waktu lalu berkunjung ke kota yang terkenal dengan Coto nya. Lokasi hotel ini juga sangat strategis, karena berdekatan dengan Pantai Losari yang menjadi salah satu icon wisata kota Makassar.

Begitu sampai di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, aku sudah dijemput oleh staff Hotel Ibis Makassar City Center, hanya sekitar 25 menit perjalanan dengan menggunakan mobil, sampailah aku di depan pelataran parkir Hotel Ibis yang mewakili Ibis warna merah di kota Makassar. Area parkir nya cukup luas, mulai dari parkir outdoor dan indoor serta mampu mengakomodir parkir untuk bus pariwisata.

Ibis Makassar City Center
Tampak depan bangunan

Masuk ke dalam, aku disambut ramah oleh Mbak Anita beserta teman teman yang saat itu sedang bertugas. Sempat tertegun saat berdiri di depan meja resepsionis, dikarenakan dinding yang menjadi latar belakang area resepsionis, dari penglihatan aku futuristik banget. Jadi tembok putih diterangi lampu dan beberapa informasi secara digital terbaca di sana. Wow keren banget.

Ibis Makassar City Center
Meja Resepsionis

Lobby area dari Hotel Ibis Makassar City Center sangat luas dan merupakan area yang menjadi favorit aku selama tinggal di sini. Jadi, buat kalian yang punya rencana liburan ke Makassar atau mungkin sekedar transit dan berkesempatan menginap, coba buktikan juga untuk mengambil beberapa gambar di lobby area, aku jamin hasilnya akan bagus dan memang menurut aku, banyak spot yang sangat instagramable banget.

Ibis Makassar City Center
Area Lobby

Oiya, kalau sering menginap di group dari Ibis Hotel, maka kalian akan tahu tipe design dari masing masing Ibis. Seperti halnya Hotel Ibis Makassar City Center yang masuk dalam tipe Ibis Merah, kalau diperhatikan dengan seksama, meskipun layout nya berbeda tapi bagian bagian tertentu harus sama dan “ada”. Seperti misalnya poster koper yang menempel dinding  dan pojok internet akan sama dan “ada” di setiap hotel dengan tipe Ibis Merah.

Ibis Makassar City Center
Instagramable

Fasilitas pojok internet ini diperuntukkan bagi semua pengunjung yang membutuhkan akses internet, dilengkapi dengan 2 perangkat komputer sehingga bisa dipergunakan secara bergantian dan tidak menunggu terlalu lama. Lokasinya ada di paling ujung dari lobby area persis di depan lift untuk naik ke kamar.

Ibis Makassar City Center
Pojok Internet

Kalau lagi pengen santai sambil duduk memesan minuman segar, bias duduk di Bar yang ada di lobby, berbagai pilihan minuman yang ada di menu Kitchen Bar diolah di sini. Tempat duduk yang nyaman dan langsung menghadap bartender yang sedang menyiapkan pesanan menjadi sebuah keasikan tersendiri.

Ibis Makassar City Center
Lobby Bar

Fasilitas ruang meeting juga tersedia di Hotel Ibis Makassar City Center, dengan design minimalis tapi modern, fasiltas berkualitas tinggi akan mengakomodir kebutuhan ruang meeting dan konferensi atau acara acara tertentu. Peralatan yang diberikan sesuai dengan permintaan adalah: video konferensi, podium, akses wifi, peralatan video, overhead projector.

Ibis Makassar City Center
Ruang Meeting 1

Ada beberapa ruang meeting dengan menggunakan nama nama daerah di Sulawesi, yaitu Bone, Gowa, Maros dan Toraja. Untuk kapasitas bisa memuat 20 orang sampai 200 orang tergantung cara penataan ruang seperti: Theatre, U-shape, Boardroom, Classroom, Banquet dan kebutuhan orang atau perusahaan yang akan mengadakan meeting.

Ibis Makassar City Center
Ruang meeting 2

Yuk, sekarang aku siap siap mau naik ke kamar, melalui lift yang ada di samping kiri lobby. Sebelum pintu lift terbuka, aku menyempatkan untuk berpose di depannya, karena mural yang ada di dinding lift ini sangat menarik dengan design futuristik serta sangat instagramable banget.

Ibis Makassar City Center
Pintu Lift

Koridor antar kamar terlihat sangat elegan dengan memadukan warna dinding abu abu dan pintu kayu yang bewarna coklat muda. Sepanjang koridor diberi penerangan dan pendingin dari AC sentral, sehingga saat melintas hendak mencari kamar tempat aku tinggal beberapa hari di Hotel Ibis Makassar City Center tetap merasa nyaman.

Ibis Makassar City Center
Koridor antar kamar Ibis Makassar City Center

Untuk tipe kamar yang ada di Hotel Ibis Makassar City Center ada 2 jenis, pertama adalah Standard Room dengan 2 single beds, luas kamar 18 m2 dengan design ruang modern dan bewarna. Meja kerja menghadap kaca dan lemari serba guna ada di sudut yang penempatan nya sangat tepat. Kualitas ranjang tentunya sangat membuat nyaman saat pengunjung menginap.

Ibis Makassar City Center
Twin Bed Room
Ibis Makassar City Center
Ranjang terpisah

Nah, ini kamar aku. Standard Room dengan satu ranjang besar, untuk design kamar sama persis dengan tipe yang sebelumnya, beda di ranjang aja. Cuma karena aku sendiri jadinya selalu memilih kamar dengan tipe kamar ini. Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, cara penempatan furniture yang ada di dalam kamar ini sangat diperhatikan, sehingga memberikan kesan yang luas.

Ibis Makassar City Center
Kingsize Room
Ibis Makassar City Center
Satu ranjang besar

Yang bikin asik, Hotel Ibis Makassar City Center menyediakan bantal juga guling dan memberikan tambahan satu bantal lagi. Lemari multi fungsi buat meletakkan baju atau celana yang mau digantung, alat pemanas air untuk membuat teh dan kopi, safe deposit box, dan kulkas mini.

Fasilitas lainnya yang ada di dalam kamar dan tentunya membuat kita semakin betah di dalam kamar adalah akses internet gratis dengan kecepatan bagus, LCD TV ukuran 32 inch, AC, Telepon, Operator wake up call.

Ibis Makassar City Center
Perlengkapan di dalam kamar

Kamar mandi dengan design unik dan dominan warna putih, menggunakan shower berdiri yang terpisah oleh sekat kaca sehingga membuat lantai kamar mandi tetap terjaga kering. Hair dryer juga ada di masing masing kamar.

Ibis Makassar City Center
Kamar mandi

Kelebihan lainnya dari kamar di Hotel Ibis Makassar City Center adalah memiliki jendela di depan meja kerja dengan pemandangan landscape kota Makassar dan jika beruntung ada yang bisa melihat lautan lepas sebagai latar belakangnya. Hal ini juga membuat penerangan di dalam kamar menjadi lebih baik, karena saat siang hari bisa melakukan penghematan pemakaian listrik dengan memadamkan lampu.

Ibis Makassar City Center
Pemandangan dari jendela kamar

Fasilitas lainnya yang tidak boleh dilupakan dari Hotel Ibis Makassar City Center adalah restoran yang ada di area lobby dan diberi nama Ibis Kitchen. Nuansa merah dan sekali lagi designnya minimalis serta unsur modern sangat kental. Ruangan antara smoking dan non smoking dipisahkan, sehingga antara pengunjung tidak saling terganggu dan tetap bisa merasa nyaman saat menikmati makanan yang dipesan di restoran Ibis Kitchen.

Ibis Makassar City Center
Ibis Kitchen
Ibis Makassar City Center
Ruang makan non smoking
Ibis Makassar City Center
Ruang makan smoking

Untuk makan pagi di Hotel Ibis Makassar City Center disediakan Buffet Breakfast yang bisa dinikmati mulai dari pukul 06.30 sampai 10.00 pagi. Merupakan kombinasi menu tradisional dan continental sehingga pengunjung bisa memilih sesuai dengan selera mereka masing masing. Beberapa menu yang aku ambil gambarnya seperti ayam masak kuah pedas, sosis, dan ikan goreng tepung. Di samping itu masih ada beberapa menu makan pagi yang memang selalu ada seperti bubur, roti dan croissant.

Ibis Makassar City Center
Buffee Breakfast
Ibis Makassar City Center
Ayam masak rica rica
Ibis Makassar City Center
Sosis
Ibis Makassar City Center
Kentang

Sedangkan untuk minuman juga ada beberapa pilihan, untuk minuman dingin ada produk dari Nestea dan air mineral serta infuse water yang menyegarkan. Bagi penyuka kopi bisa langsung membuat dari mesin yang tinggal pencet sesuai dengan dengan rasa yang diinginkan. Tak lupa juga disediakan teh celup, bagi yang tidak gemar minum kopi.

Ibis Makassar City Center
Air mineral dan minuman dingin
Ibis Makassar City Center
Kopi dan tea

Selain melayani sarapan pagi, Ibis Kitchen juga menyediakan pelayanan untuk makan siang dan malam. Karena memang aku orang nya kalau sudah stay di hotel jadi malas keluar alias ingin benar benar menikmati semua fasilitas yang ada termasuk restoran. Alhasil beberapa menu makanan aku lahap saat makan siang dan makan malam.

Seperti saat baru dating di hari pertama setelah check in dan aku merasa perut keroncongan, akhirnya aku memesan rada kalap, yaitu: Bebek Palekko yang yummy banget, Bakso jadi menu makanan kesukaan sehingga tak ketinggalan aku coba, dan buat menyegarkan tenggorakan aku memesan es Palubutung yang juga merupakan dessert khas dari Makassar.

Ibis Makassar City Center
Menu makan siang

Beberapa menu makanan yang juga aku cicipan dan pesan semuanya mempunyai cita rasa yang khas dan memang enak banget. Seperti Caesar Salad yang disajikan dalam Bowl berbentuk unik dan saos terpisah dengan sayuran berkualitas dan masih fresh. Mie Kering, ini hamper mirip dengan masakan Chinese Food yang biasa aku makan dengan sebutan Tamie Capjai cuma beda pada campuran sayurnya. Pesanan selanjutnya jatuh pada Nasi Goreng Babat, bagi pengemar menu nasi goreng, harus mecoba olahan dari chef Hotel Ibis Makassar City Center, apalagi yang memang suka rasa pedas. Tak lupa menu makanan khas Makassar aku juga pengen coba, apalagi kalau bukan Coto Makassar dengan kuah hangat yang sedap dan daging empuk di dalam nya, benar benar membangkitkan selera makan aku dengan tambahan sambal dan jeruk nipis. Ke Makassar belum makan seafood, tentunya kurang afdol, jadi aku juga order Ikan Kerapu Rica, daging ikan yang lembut dengan bumbu rica yang pedas manis sulit buat dilupakan lho. Satu lagi sebelum aku lupa, semua pasti udah tahu khan menu dessert khas Makassar lainnya yang harus dinikmati, iya benar, es pisang ijo dengan topping es krim di atasnya. Bisa dibayangkan, gimana aku nggak bakal melar setelah melahap dan menghabiskan semua makanan yang aku sebutkan diatas.

Ibis Makassar City Center
Caesar Salad
Ibis Makassar City Center
Mie Kering
Ibis Makassar City Center
Nasi Goreng Babat
Ibis Makassar City Center
Coto Makassar
Ibis Makassar City Center
Ikan Kerapu Rica
Ibis Makassar City Center
Es Pisang Ijo

Nah, ini liputan aku dari

Ibis Makassar City Center
www.ibis.com
Jln. Maipa No 8 90112 Makassar
+62411 834888

yang bisa jadi referensi kalian semua jika berkesempatan berlibur atau ada urusan bisnis di kota Makassar dan ingin mencari hotel di seputaran Pantai Losari.

6 COMMENTS

  1. Desain interiornya keren banget, koh! Nggak monoton seperti hotel-hotel modern pada umumnya. Sama, aku juga suka lobby dan pojok internet, instagrammable banget. Pojok Internet-nya kalau aku bilang punya desain macho tapi cantik, hahaha.

    Uh, itu extra pillow-nya berguna banget buatku, bantal hotel biasanya terlalu empuk buat kepalaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here