Melaka, aku balik lagi …

2
121
Melaka
Es Cendol Durian

Melaka, apa yang kalian bayangkan ketika membaca kata tersebut? Gula Melaka, kota di Malaysia, atau ada yang lainnya. Oiya ini kali ke empat, aku berkunjung ke kota yang terkenal dengan es cendol nya, sampek bingung juga, sebenarnya asal es cendol itu dari mana ya? Karena di Indonesia pun juga ada khan, tapi ya sudah, lupakan masalah tersebut hehe…

Seperti biasa, tulisan ini aku buat, bukan sebagai itinerary atau jadwal perjalanan, tapi lebih memberikan informasi, untuk bisa dijadikan referensi, buat kalian, yang siapa tahu jalan jalan ke Melaka, bingung mau kemana dan makan apa. Jadi, ayo sekarang kamu ambil minuman dan snack, terus duduk manis buat membaca artikel ini.

Banyak kedai kopi di Melaka, salah satu yang boleh dibilang otentik, adalah Kedai Kopi Juat Lye ( mau tahu alamatnya, gampang, tinggal masukin ke google map ), bentuk bangunan rumah toko, selalu ramai di pagi hari sampai menjelang siang, menyajikan menu laksa, roti bakar, telur, dan aneka minuman. Aku udah cobain semua, dan laksa nya emang mantabsss dan harganya relative murah lho.

Melaka
Kedai Kopi Juat Lye

Pantai Klebang, seperti yang aku sampaikan tadi, sudah 4 kali ke Melaka, dan baru tahu, kalau kota ini punya pantai, meskipun memang hasil dari reklamasi. Bagus juga buat foto foto, tapi di sini tidak boleh berenang, padahal tidak ada ombak lho. Oiya aku lupa coba, apakah airnya asin atau tidak? Kalau kalian mampir ke sini, harus cobain Coconut Shake, sejenis minuman segar dari buah kelapa, enak banget, dijual pada mobil toko yang terparkir di pinggiran jalan sekitar pantai.

Melaka
Pantai Klebang

Suka makan kue basah, atau kalau di kampung aku, suka dibilang jajan pasar, seperti nagasari, klepon, onde onde, ongol ongol, lapis, kue tok, wah apalagi ya, karena saking banyaknya pilihan, bingung juga kalau mau sebutin satu satu hehe, kalian harus mampir ke Baba Charlie Kueh, yang sudah kondang di Melaka. Selain itu, Baba Charlie juga mempunyai café, yang lokasinya tidak jauh dari toko kue nya, menjual aneka menu makanan dan es cendol durian yang enak banget.

Melaka
Baba Charlie

Pintu gerbang Santiago, sebagai salah satu jalan masuk dari 4 pintu A Farmosa, merupakan salah satu tempat kunjungan wisata di Melaka, selain Gereja Merah. Kalau kalian jalan jalan di kota ini, aku sarankan untuk mencari penginapan di daerah Jonker, karena nantinya, tanpa transportasi pun, semuanya bisa didatangi, dengan catatan suka jalan kaki dan masih kuat. Kalau pengen santai, naik becak motor yang sudah dipajangi dengan berbagai karakter lucu, untuk berkeliling kota.

Melaka
Formosa

Punya budget lebih dan pengen cobain masakan chinese ala Melaka, boleh nih mampir ke Samfu Nyonya Restaurant yang lokasinya juga tidak jauh dari area Jonker, semua menu makanan enak, tapi yang harus dicoba adalah Ikan Kuro, dimasak dengan bumbu special dari resto ini. Selain makanan nya yang tasty, tempatnya instagramable banget, bagus buat foto foto.

Melaka
Samfu Nyonya Restaurant

Kalau yang satu ini, tidak boleh dilupakan, pas ke Melaka, Kedai Kopi Hoe Kee, menjual Nasi Hai Nan, tapi yang jadi beda, nasinya berbentuk bulat seperti bola pimpong, sehingga disebut Rice Ball, buka pagi mulai jam 9, tapi sebaiknya 15 menit sebelumnya, kalian sudah antri di dekat kedai, karena semakin siang, antriannya makin panjang.

Melaka
Kedai Kopi Hoe Kee

Okay, sekian dulu cerita aku, gimana minuman dan snack kalian juga sudah habis khan, jangan kapok baca artikel aku yang berikutnya, dan kalau mau koment monggo, atau mau tanya tanya tentang Melaka, silakan saja, nggak dipungut biaya apapun, justru dapat ucapan terimakasih dari aku, karena sudah bikinn rame blog hehe…

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here