Taiwan Hari Pertama (Ini Bukan Rute yang Baik)

386
Taiwan

Selamat tahun baru buat semuanya, nggak terasa udah lewat seminggu aku menjalani hari hari di tahun 2019. Saatnya kembali menulis dan mengisi blog aku ini, dengan catatan perjalanan akhir tahun, yang sebenarnya tanpa ada rencana sama sekali. Di tulisan ini, aku hanya ingin bercerita tentang pengalaman selama berkeliling di Taiwan, untuk pertama kalinya dan jangan dijadikan rute “panutan” hehe. Tapi semoga bisa jadi gambaran, kalau kalian ingin berkunjung ke negara ini.

24 Desember 2018

Sekitar pukul 05.00 pagi aku sudah bangun, bersiap untuk mandi dan segala sesuatu nya, untuk tujuan supaya bisa sampai di Stasiun Bandung sebelum jam 07.00, karena jadwal kereta api Parahyangan ke Jakarta yang aku pilih jam segitu. Sengaja berangkat pagi, karena tidak mau ketinggalan pesawat, padahal naik Malindo dari Bandara Soekarno Hatta pukul 8 malam.

Karena memang masih punya waktu, sebelum penerbangan malam, aku sengaja mengajak ketemuan beberapa teman blogger di Stasiun Gambir, alhasil sambil menikmati makan siang di Bakmi GM, aku ngobrol bareng ika, leonard dan kak gio. Seperti biasa kalau moment ketemu gini, celoteh kita nggak ada habisnya. Nggak terasa sudah waktunya aku harus berangkat ke Bandara.

Aku, Ika, Leo dan Ka Gio

Dengan menggunakan taxi online, aku meluncur ke Terminal 3, perjalanan dari Gambir memerlukan waktu sekitar 1 jam. Sambil nunggu aku sampai, sedikit cerita tentang persiapan sebelumnya ya. Aku baru tahu kalau ke Taiwan itu harus pakai visa, setelah tanya sana sini, ada travel yang bisa urus dengan harga sekitar 800.000, tapi untunglah aku ketemu ama temen yang kebetulan juga mau ke sana, dia kasih info, kalau seandainya kita pernah berkunjung ke Amerika, Eropa, Jepang, Korea, Australia, masih dalam jangka waktu 10 tahun yang lalu, bisa mengajukan visa via online dan hanya kurang lebih 10 menit sudah mendapatkan visanya, dan itu gratis. Tapi kalau kurang mengerti, bisa minta tolong travel agent dan biayanya cuma 100.000 saja.

Aku memilih menggunakan maskapai Malindo, jadi rutenya pakai transit, dari Jakarta ke Kualalumpur terus lanjut ke Taiwan. Oiya jangan lupa juga, kalau kalian mendapatkan visa via online dengan data pendukung visa yang aku sampaikan diatas, paspor yang ada visa tersebut harus dibawa, karena nanti saat di imigrasi Taiwan akan diminta untuk ditunjukkan, sangat penting ini dan jangan lupa visa Taiwan nya diprint ya.

Malindo

25 Desember 2018

Jadi pesawat aku berangkat sekitar pukul 21.00, sampai di Kualalumpur pukul 23.55, transit cukup lama juga lho, sekitar 7 jam (tapi karena perasaan bahagia mau liburan, waktu tersebut tidak terasa), boarding lagi 07.15 dan mendarat di Taipei Taiwan Taoyuan International sekitar jam 12.05. Sebenarnya banyak juga pilihan pesawat dari Jakarta ke Taipei, bisa disesuaikan dengan budget dan waktu dari kita masing masing.

Bandara Taoyuan Di Taiwan

Selama di Taiwan, aku menginap di Taipei Fullerton South yang areanya dekat bangunan 101, yang memang menjadi salah satu ikon kota Taipei, dan sengaja memilih area ini, karena salah satu tujuan liburan kali ini adalah ingin merayakan malam pergantian tahun baru. Jarak Bandara Taoyuan ke pusat kota memang cukup jauh, aku sarankan kalian menggunakan MRT saja. Kartu MRT di Taiwan, namanya Easycard, bisa langsung dibeli di bandara. Sebagai perbandingan saja, dengan menggunakan MRT dari Bandara ke Hotel 150 TWD per orang, sedangkan jika naik taxi 1.200 TWD per 4 orang, jadi masih murah naik MRT khan.

Fullerton Taipei South Hotel

Selesai mengurus segala administrasi dan memasukkan semua barang ke dalam kamar, aku segera membersihkan badan dan muka, berganti pakaian yang lebih santai, bersiap untuk keluar hotel, karena perut sudah terasa lapar. Makanan yang pertama aku coba di Taiwan adalah yang terlihat¬† pada photo di bawah ini, semacam mie, tapi ukurannya sangat besar, dari sisi rasa, buat lidah aku sedikit rada “kaget” mungkin belum terbiasa, tapi yang jadi alasan aku masuk tempat ini, pertama karena rekomendasi teman yang sudah pernah ke sini dan kedua memang ramai lho hehe…

Makanan pertama yang dicoba

Setelah menikmati makan malam, aku memutuskan untuk menghabiskan sisa malam di hari pertama ini dengan mengunjungi “New Taipei City” (Kota Taipei Baru adalah sebuah kota di Taiwan, Republik Tiongkok. Sebelum tahun 2010 kota ini berstatus kabupaten dengan nama Kabupaten Taipei. Secara geografis kota ini terletak di Taiwan bagian utara, berbatasan dengan: Utara: Selat Taiwan Timur: Kabupaten Yilan Selatan: Kabupaten Yilan dan Kota Taoyuan – sumber dari Wikipedia),¬†seru sekali ketika sampai di sini, karena di area ini masih terlihat banyak dekorasi natal dan gemerlap lampu yang menerangi dengan berbagai pola.

New Taipei

Hingga larut malam, aku menikmati gemerlap kota Taipei baru, sampai akhirnya memutuskan untuk balik ke hotel dan berisitirahat, karena mengingat besok pagi akan mulai benar benar mengexplore negara Taiwan. Sekarang waktunya tidur, dan kalua kalian masih penasaran tentang Taiwan, tunggu lanjutan cerita perjalanan aku ini, sekali lagi ini bukan rute yang baik, tapi setidaknya kalian tahu tentang Taiwan hehe…