Sunway Lost World Of Tambun

Wow… betapa bahagianya aku, ketika mendapat email pemberitahuan, bahwa bakal bisa “stay” di Sunway Lost World Of Tambun, yang berlokasi di Ipoh, Distrik Kinta, Perak, Malaysia. Mengapa happy banget? Karena akhirnya, juga bisa berkunjung ke kota Ipoh, yang sudah lama menjadi “bucket list” dari tujuan perjalanan aku.

Apa sih, Sunway Lost World Of Tambun? Buat yang belum tahu, aku cerita sekilas, sebelum nantinya, kalian akan aku ajak menjelajah kegiatan selama 3 hari 2 malam di sini. Lost World of Tambun adalah paket lengkap tujuan petualangan keluarga yang sehat. Negeri ajaib yang dipenuhi oleh hutan tropis rimbun, mata air panas alami, fitur batu kapur yang menakjubkan dari usia 400 juta tahun dan tujuh taman atraksi yang luar biasa, menjadikan tujuan wisata dari siang hingga malam hari, juga memberikan petualangan yang unik bagi pengunjung dari segala usia.

Okay, untuk sampai Sunway Lost World of Tambun, aku menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kuala Lumpur dengan menggunakan mobil. Transportasi lainnya yang bisa digunakan, adalah bus atau kereta api. Sekitar pukul 12.30 siang, sampai di area hotel Sunway Lost World of Tambun, dijemput mobil buggy, menuju ke theme park Lost World of Tambun.

Sebelum menjelajah masuk ke dalam area theme park, aku mampir terlebih dahulu ke Kukuntalu Hawkers, yang merupakan salah satu tempat makan di Sunway Lost World of Tambun, buka mulai 11.00 – 19.00, menyajikan  Ipoh’s best hawker food, asik buat santai, dengan konsep semi terbuka. Aku mencoba menu ayam kukus, nasi goreng, es cendol dan es kacang. Yummy banget.

Kukuntalu Hawkers
Nasi Ayam Kukus

Setelah selesai makan siang dan istirahat sejenak, aku mulai berkeliling ke dalam theme park dari  Sunway Lost World of Tambun, yang tidak hanya menawarkan “Lost Paradise”, tapi juga merupakan lingkungan belajar yang kondusif dengan berbagai elemen pendidikan yang menyenangkan.

Memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk mengelilingi semua area Sunway Lost World of Tambun, dimana merupakan satu satunya taman hiburan di Asia Tenggara dengan pemandangan hutan tropis alami dan kolam air panas natural, ditambah serangkaian atraksi dan wahana.

Theme Park

Meskipun harus berjalan jauh, tapi rasa lelah hampir tidak aku rasakan, karena memang area Sunway Lost World of Tambun, benar benar sangat menyenangkan, tapi ketika melihat ke arah jam tangan, tahu tahu sudah mendekati pukul 5 sore. Bergegas aku menuju Dulang Tea House.

Kenapa harus buru buru? Dulang Tea House hanya beroperasi mulai dari 12.00 – 18.00, dan sangat cocok buat “Afternoon Tea Break”. Kalau kalian main ke sini, aku sarankan harus sempatin buat duduk dan memesan roti tumbuk yang menjadi andalan dari café ini, sebuah pengalaman yang menarik, dimana saat disajikan di meja, aku melihat roti kering, gula, kelapa parut dan alat tumbuk, jadi sebelum makan kita harus menumbuk roti dicampur dengan gula dan kelapa parut. Kalau ditanya gimana rasanya? Aku sih YESSS, alias enak dan bikin nggak pengen berhenti mengunyah lho.

Dulang Tea House
Roti tumbuk

Karena hari sudah menjelang petang, aku memutuskan untuk menuju lokasi Glamping, oiya kebetulan aku akan menginap di  area Sunway Lost World of Tambun, selama 2 malam, jadi hari pertama aku memilih stay di Glamping yang lokasinya, ada di dalam kawasan theme park.

Begitu sampai di perkemahan glamour ini, aku langsung senang, karena dari kejauhan tampak beberapa tenda yang sangat bagus, dan di depannya ada danau serta pepohonan rindang di sekeliling nya. Beberapa ayunan dan tempat duduk santai di pinggiran danau, bisa jadi alternative buat “relax”

Danau depan Glamping

Segera aku melakukan proses check in, uniknya, karena ini tenda, jadi kuncinya berupa “gembok” dengan nomor sandi. Aku juga mendapat gelang stiker yang dipakai selama berada di kawasan theme park, sehingga mudah dikenali sebagai pengunjung yang sedang menginap di glamping.

Tenda Glamping

Setelah semuanya beres, aku menuju tenda yang sudah disiapkan, ternyata satu tenda boleh diisi 4 orang, di dalamnya ada 1 bed ukuran besar yang berhadapan dengan 2 bed ukuran kecil. Nggak perlu takut kepanasan, karena ada fasilitas AC dan kipas angin. Untuk peralatan mandi juga sudah disediakan lho.

Ruangan di dalam Kemah
Kapasitas 4 orang dewasa

Oiya untuk fasilitas kamar mandi dari Glamping ini, memang dibuat terpisah, alasan yang paling mendasar adalah untuk ekosistem yang baik dan lingkungan yang bersih, serta memberikan kesan kalau memang kita sedang berkemah. Jangan kuatir, karena shower sudah dilengkapi dengan air panas dan dingin.

Kamar Mandi

Suasana menginap di Glamping semakin sempurna, dengan makan malam dengan konsep BBQ Dinner, yang sudah disiapkan oleh Sunway Lost World of Tambun. Meja makan di depan tenda dan tempat duduk di tepi danau, benar benar memberikan kesan yang tak terlupakan. Menu yang disediakan untuk 4 orang, sangat berlebih, mulai dari ikan ukuran besar, nasi goreng, sosis, udang, daging, sayap ayam, minuman dingin, air mineral dan buah segar.

BBQ Dinner

Selesai makan, aku beristirahat sejenak, setelah itu, sambil menurunkan makanan di perut, aku jalan keliling area theme park, karena di malam hari ada beberapa wahana dan atraksi yang bisa aku lihat, seperti Luminious Forest dan Flaming Percussion. Tak terasa sudah larut malam, saat nya aku kembali ke tenda. Suasana malam di sekitar glamping sangat tenang dan aku bisa merasakan kembali ke alam.

Suasana Glamping di malam hari

Bangun pagi di area Glamping, menyenangkan sekali, karena membuka pintu tenda, langsung melihat danau yang diterpa matahari pagi dan udaranya sangat segar. Setelah merapikan kamar tenda supaya tidak terlalu berantakan, aku memesan boogie, untuk mengantar aku ke tempat sarapan. Oiya, kalau menginap di sini, breakfast sudah disediakan di Garden Terrace.

Garden Terrace

Garden Terrace, menyiapkan menu makan pagi ala buffet yang sangat bervariasi, mulai dari menu utama, masakan india, aneka telur, live cooking noodle, cake & roti, cereal, buah segar, kopi & tea serta juice. Senangnya menikmati sarapan dengan nuansa taman yang asri di sini.

Sarapan pagi

Selesai makan pagi, aku mengemasi semua barang yang ada di Glamping, karena hari ini pindah ke Lost World Hotel yang lokasinya persis di seberang theme park, kalau istilah yang dipakai untuk jarak dekat di Malaysia adalah “hanya selemparan batu”. Seperti di awal, aku melakukan proses check in, tapi ini jauh lebih mudah, karena data aku sudah tersimpan sebelumnya. Jadi setelah registrasi langsung mendapat kunci kamar.

Lobby Hotel

Ada beberapa tipe kamar yang ada di Lost World Hotel, aku menempati tipe kamar Exotic Room, yang ukurannya luas dengan fasilitas di dalamnya sangat lengkap. Kebetulan posisi kamar aku menghadap ke perumahan, jadi tinggal membuka jendela ukuran besar, sudah mendapatkan view yang bagus.

Exotic Room

Kamar tidur di Lost World Hotel, sangat nyaman dan menyenangkan, aku pun bisa merasakan kehangatan ruangan di dalamnya, terutama pada area tempat tidur, dimana persis di atas kepala kita, di dindingnya ada pigora bergambar binatang dan keindahan hutan di theme park. Ditambah lagi, bantal kecil dengan photo printing binatang yang ada di Sunway Lost World of Tambun, bikin kamar ini semakin menyenangkan.

Kamar yang nyaman

Kamar mandi yang “lega” karena antara shower yang menyediakan air hangat dan dingin, dipisahkan dinding kaca, sehingga lantai di bagian wastafel dan toilet bisa terjaga tetap kering dan bersih. Peralatan mandi sudah lengkap, sehingga memudahkan kita sebagai pengunjung yang menginap di Lost World Hotel.

Kamar mandinya

Ini tipe kamar yang lain, namanya Classical Room, nuansa kamar dominan warna biru dengan luas yang sama dengan Exotic Room. Fasilitas yang ada di dalamnya pun sama, tapi untuk tipe kamar ini, pemandangan saat membuka jendela adalah menghadap ke theme park.

Classical Room

Ada satu lagi kamar yang paling tinggi kelasnya di Lost Word Hotel, namanya Super Suite, ketika aku mampir buat melihat kamar ini, memang “wow” banget, ukuran kamar nya 75m2. Kamar dilengkapi dengan tempat tidur ukuran besar, ada sofa di ruang tamu, dilengkap dengan dapur dengan fasilitas microwave, tempat makan, kamar mandi dengan ukuran besar juga. Kamar ini bisa jadi pilihan buat kalian yang memang suka dengan hotel dengan kamar berukuran luas, atau pengunjung yang bulan madu.

Super Suite Room

Yeay… sudah hampir selesai nih penjelajahan aku di Sunway Lost World of Tambun, tapi informasi yang terakhir ini, jangan sampai terlewat, yaitu Ipoh Street yang ada di dekat Hot Spring, dimana ini sangat cocok saat malam hari sebelum kita mau berendam air panas, menikmati makanan khas Ipoh yang ditawarkan di sini.

Ipoh Street

Aku sampai kalap ketika melihat jajaran store penjual makanan di Ipoh Street, pengen semua dipesan dan coba gimana rasanya, mulai dari mie kare, sate ayam dan sapi, kembang tahu, kue pie, juice buah segar, dan minuman dingin akhirnya sampai juga di meja aku, meskipun banyak begini, aku mampu lho menghabiskannya, karena memang taste nya yummy banget.

Banyak pilihan menu

Rasanya nggak akan habis kata, buat menceritakan keseruan aku selama berada diSunway Lost World of Tambun, nanti nya aku juga akan mengulas tentang aktifitas yang ada di theme park, supaya kalian semua mendapat gambaran, aktifitas apa saja yang dapat dilakukan mulai dari pagi hingga malam hari.

Hot Spring on the night

Sunway Lost World Water Park Sdn. Bhd.