Mengenal Sekilas Tentang Kereta Api Bima

    0
    11
    Kereta Api Bima
    Kereta Api Bima

    Pernahkah kamu menggunakan kereta api Bima? Paling tidak pernahkah kamu mendengar tentang kereta api Bima? Bagi kamu yang suka traveling atau melakukan perjalanan bisnis ke Malang dari Jakarta ( ataupun sebaliknya ) dengan menggunakan kereta api, mungkin nama kereta api Bima bukanlah hal yang asing lagi. Tapi bagaimana dengan kamu yang jarang traveling dan belum pernah pergi ke Malang dengan kereta? Apakah kamu mengetahui sekilas tentang kereta api Bima?

    Kereta Api Bima
    Stasiun Malang

    Kereta api Bima merupakan kereta api eksekutif dengan dua titik pemberangkatan maupun perhentian utama, yaitu di stasiun Gambir, Jakarta dan stasiun Kota Baru di Malang. Selain itu, kereta api Bima juga transit di beberapa stasiun utama. Penasaran dengan tempat transit kereta api Bima? Ingin tahu jadwal, rute perjalanan dan berbagai hal umum tentang kereta api Bima, termasuk tentang sejarahnya? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak uraian berikut ini.

    Jadwal dan Rute Perjalanan

    Bicara mengenai jadwal dan rute perjalanan, tentunya sebagai kereta api eksekutif yang menghubungkan dua daerah yang sangat jauh, kereta api Bima hanya melakukan perjalanan dengan frekuensi satu harisekali. Namun, dengan perjalanan yang cukup panjang ini, kereta api Bima memiliki beberapa rute. Hal ini disebabkan kereta api Bima mempunyai beberapa stasiun transit utama. Penasaran dengan stasiun transit dan jadwal perjalanan kereta api Bima ke beberapa rute? Berikut adalah jadwal serta rute
    perjalanan kereta api Bima.

    Kereta Api Bima
    Kereta Api Bima

    Jadwal Kereta Api Bima Malang – Jakarta

    Biasanya kereta api Bima berangkat dari stasiun Kotabaru, Malang pada pukul 14.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir, Jakarta pada pukul 05.43 WIB. Selama perjalanan ini kereta api Bima transit di 13 stasiun. Stasiun-stasiun tersebut, meliputi : stasiun Lawang, Sidoarjo, stasiun Gubeng ( Surabaya ), Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, Jatibarang, dan stasiun Jatinegara.

    Jadwal Kereta Api Bima Jakarta – Malang

    Sedangkan untuk kereta api Bima yang titik keberangkatannya dari stasiun Gambir, Jakarta berangkat dari stasiun pukul 16.30 WIB dan sampai di Malang pada pukul 08.15 WIB. Namun untuk rute kereta api Bima Jakarta – Malang hanya memiliki 12 titik transit. Titik transit rute Jakarta – Malang, sebenarnya sama saja dengan titik transit rute Malang – Jakarta. hanya saja rute Jakarta – Malang tidak transit di stasiun Jatinegara.

    Fasilitas

    Sebagai kereta api dengan kelas eksekutif, bukan hal yang aneh bila fasilitas yang diberikan oleh kereta api Bima sangat baik. Agar kamu tahu gambaran mengenai fasilitas tersebut, dibawah ini telah dijelaskan mengenai beberapa fasilitas yang disediakan oleh kereta api Bima.

    1. Interior kereta dibuat sebagus dan sebersih mungkin. Mengatakan bahwa kereta api Bima memiliki kebersihan paling baik dibandingkan beberapa kereta dengan kelas yang sama.
    2. Setiap gerbong dilengkapi dengan TV, AC serta toilet.
    3. Setiap tempat duduk lengkap dengan fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang. Seperti halnya bantal, selimut, meja lipat, stop kontak dan lain sebagainya. Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi kamu. Terlebih perjalanan dari Jakarta ke Malang atau sebaliknya, bukanlah sebuah perjalanan yang singkat.
    4. Selain itu kamu juga harga bisa menemukan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh seluruh kereta api kelas eksekutif lainnya. Seperti halnya tempat duduk yang bisa diputar dan disesuaikan sandarannya.
    Kereta Api Bima
    Tempat duduk

    Sejarah

    Dari beberapa penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kereta api Bima adalah salah satu kereta dengan kelas eksekutif dengan yang sangat menarik untuk dicoba. Tapi, bagaimana sih sejarah dari kereta api Bima sendiri? Sejak kapan kereta api ini sudah mulai beroperasi? Apakah dari dulu kereta api Bima sudah menjadi kereta api kelas eksekutif yang keren?

    Kereta Api Bima telah beroperasi sejak tahun 1967, tepatnya pada bulan Juni. Awalnya kereta api ini, hanya memiliki rute sejauh Jakarta – Surabaya. Namun, seturut perkembangannya kereta api ini berubah menjadi kereta api eksekutif jurusan Jakarta – Malang ataupun sebaliknya.

    Saat ini, kereta api Bima menjadi salah satu andalan alat transportasi darat untuk masyarakat Malang yang ingin menuju ke Jakarta dengan estimasi waktu yang hampir tepat. Hal ini dikarenakan alat transportasi darat lain sudah terlalu padat dan sering terjebak macet. Terlebih dengan harga yang tak jauh beda dengan transportasi darat lainnya, kereta api Bima telah menyediakan beragam fasilitas yang memadai dan sangat baik.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here