Lois Jeans, Teman Perjalanan Aku

2
115
Lois Jeans
Lois Jeans

Kalian ingin jalan jalan ke hutan, pasti awalnya akan terbayang, lokasinya di pedalaman, suasana diselimuti kegelapan, takut ada binatang buas, dan hal hal “horror’ lainnya. Lupakan semua yang ada di pikiran kalian tersebut, karena aku bersama Lois Jeans akan menjelajahi hutan yang “berbeda”.

Lokasinya ada di kota kembang Bandung, tepatnya di kawasan wisata Kompleks Tahura Ir.H Djuanda No 99, Dago Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan. Hutan ini dikenal dengan sebutan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda, merupakan salah satu tempat wisata yang sangat “recommended” buat dikunjungi saat kalian berlibur di Bandung.

Lois Jeans
Tahura Juanda Bandung

Sebelum memulai penjelajahan ke dalam Taman Hutan Raya, aku akan memberikan gambaran secara umum tentang hutan ini. TaHuRa singkatan untuk Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda merupakan kawasan konservasi terpadu yang menggabungkan wisata alam dengan hutan tanaman.

Berdasarkan catatan di Wikipedia, luas areal TaHuRa sekitar 590 hektar, membentang dari kawasan wisata Dago Pakar sampai kawasan wisata Maribaya, Lembang. Berada di ketinggian 770 hingga 1.330 meter di atas permukaan laut, memiliki kurang lebih 2.500 jenis tanaman. Perintisan pengelolaan sejak tahun 1960, tiga tahun kemudian mulai dipersiapkan sebagai salah satu Hutan Wisata dan Kebun Raya yang ada di Bandung.

Pada tahun yang sama, tepatnya tanggal 07 Nopember 1963, Perdana Menteri Indonesia yang ke-10 kelahiran Tasikmalaya, yang juga tokoh penggagas Deklarasi Djuanda, yaitu Djoeanda Kartawidjaja wafat. Oleh karenanya saat itu negara memberikan penghargaan tertinggi sekaligus untuk mengenang jasa beliau, hutan lindung ini diberi nama Kebun Raya Rekreasi Ir.H Djuanda.

Pada tanggal 14 Januari sesuai dengan tanggal kelahiran Djoeanda Kartawidjaja di tahun 1985, namanya diganti menjadi Taman Hutan Raya Djuanda diresmikan sebagai Taman Hutan Raya di Indonesia.

Lois Jeans
Papan nama

Nah, setelah mendapat gambaran tentang Taman Hutan Raya Djuanda, sekarang waktunya buat kalian ikut dengan aku, untuk masuk ke dalam hutan. Seperti biasa, kalau aku hendak travelling, persiapan awal adalah outfit yang aku pakai. Karena tujuannya lebih ke alam, aku memilih celana jeans dan tshirt, yang sangat cocok untuk pemotretan dengan tema “casual”

Denim is always a good idea, selalu jadi pemikiran yang simple di benak aku, karena warna tersebut cocok untuk situasi dimanapun kita berada. Maklum sebagai travel blogger sekaligus influencer, setiap melakukan perjalanan, tidak akan lupa untuk sekaligus melakukan sesi pemotretan.

Ini adalah pintu masuk dari Pos 1 Tahura Djuanda, setelah memarkir kendaraan, aku menuju loket penjualan tiket, kebetulan aku datang bersama teman, jadi total tiket yang harus aku bayar sebesar Rp. 42.000,- buat 2 orang, termasuk biaya parkir mobil.

Lois Jeans
Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Masuk ke dalam area Tahura Djuanda, benar membuat bahagia, karena suasana alam langsung terasa dan semuanya terlihat rapi, jalanan setapak bebatuan yang aku lewatipun sangat bagus dan bersih. Tanpa menunggu lama, aku segera berpose di tengah hutan dalam balutan celana lois jeans dan kaos lois yang menambah keren penampilan.

Lois Jeans
Masuk ke Tahura

Dari website yang aku baca Tahura Djuanda mempunyai Visi untuk “menciptakan Pengembangan Pengelolaan Taman Hutan Raya yang berwawasan lingkungan untuk mewujudkan kelestarian hutan sebagai system penyangga kehidupan bagi kesejahteraan rakyat”. Hal ini sudah terbukti secara kasat mata yang aku lihat.

Lois Jeans
Kembali ke alam

Semakin masuk ke dalam Tahura Djuanda, semakin instagramable. Banyak spot foto yang tak boleh terlewatkan buat diabadikan, tapi memang bisa dibuktikan bahwa pemilihan outfit seperti celana denim pria yang aku kenakan saat ini, sangat membuat aku nyaman bergerak.

Lois Jeans
Instagramable

Oiya di dalam Tahura Djuanda, aku juga melihat beberapa area yang bisa digunakan atau disewa untuk event event dengan konsep alam terbuka. Beberapa kedai yang menjual makanan serta minuman siap menghidangkan berbagai menu yang dapat dipilih sesuai dengan selera kita.

Lois Jeans
Bisa digunakan untuk event

Sedang asiknya menjelajah masuk ke dalam hutan, eh…tahu tahu ada beberapa titik air yang jatuh dan menyentuh kulit tubuh aku, makin lama makin banyak. Yah…hujan turun, tapi memang beberapa hari ini kota Bandung selalu diguyur hujan di siang hari. Aku segera mencari tempat berteduh.

Lois Jeans
Cafe Dalem Wangi

Untung nya di dalam Tahura Djuanda, ada sebuah café yang namanya Dalem Wangi, segera aku masuk ke dalam bangunan kayu yang tampak keren banget. Suasana café yang ramai pengunjung, membuat aku semakin yakin untuk nongkrong sambil menikmati alam terbuka.

Lois Jeans
Yuk masuk ke cafe

Kaos Lois yang aku pakai jadi basah, karena hujan mengguyur Tahura Djuanda semakin deras. Kebetulan juga, aku membawa kemeja Lois di dalam tas. Jadinya aku mengganti kaos tersebut dengan kemeja. Hujan tidak menghalangi aku untuk mengambil gambar dengan background hutan dari area smoking café Dalem Wangi.

Lois Jeans
Santai di Dalem Wangi

Sambil menunggu hujan reda, aku memesan makanan dan minuman di Café Dalem Wangi, berada di dalamnya, serasa aku lupa bahwa sekarang sedang berada di tengah hutan. Sesuai dengan kalimat aku di atas, makan TaHuRa Djuanda menepis semua kesan yang menyeramkan dari sisi sebuah hutan.

Lois Jeans
Snacking
Lois Jeans
Menu di Dalem Wangi

Hujan akhirnya reda juga, tapi hari sudah menjelang petang, aku harus kembali pulang. Tapi sebenarnya kalau kalian punya waktu lebih banyak. Di dalam TaHuRa Djuanda masih banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi, seperti Goa Belanda, Goa Jepang, Curug Omas, Curug Lalay, Curug Dago, Penangkaran Rusa, Monumen Ir.H Djuanda.

Lois Jeans
Waktunya pulang

Senangnya perasaan aku hari ini, berkunjung ke alam terbuka dengan outfit yang sangat nyaman dari Lois Jeans, hujan tidak menghalangi segala akitifitas yang ingin aku jalankan, semuanya bisa aku nikmati. Yang pasti penampilan aku juga yang membuat hati gembira. Denim everyday, everywhere!

Lois Jeans
Denim Every Day, Every Where

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here