” Pulang ke kotamu Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi Saat kita sering luangkan waktu Nikmati bersama
Suasana Jogja”

Selalu kangen dengan kota ini dan bisa membuat aku ingin kembali, lantunan lagu yang dinyanyikan oleh kelompok music KLa Project, selalu tergiang ketika aku merindukan suasana kota yang punya tempat wisata sangat menarik. Tradisi jawa masih kental dirasakan di setiap sudut kota Gudeg ini.

Seperti minggu lalu, aku menyempatkan untuk weekend escape ke Yogyakarta dan sengaja menginap di Indies Heritage Hotel, yang lokasinya ada di kawasan Prawirotaman. Area yang sangat aku suka, karena mempunyai suasana dengan ciri khas yang berbeda dengan area Yogyakarta lainya.

Indies HERITAGE Hotel

Berangkat dari Bandung dengan pesawat tujuan Bandara Adi Sutjipto, yang harus nya berangkat pukul 14.15, mengalami penundaan alias delay sampai jam 16.30 baru boarding. Alhasil aku baru sampai Yogyakarta sekitar pukul 6 sore dan bergegas menuju ke hotel dengan menggunakan mobil jemputan hotel yang sudah menunggu sejak tadi.

Bagian depan hotel

Perjalanan dari bandara ke Indies HERITAGE Hotel, kurang lebih sekitar 30 menit, tidaklah terasa, karena aku memperhatikan sisi jalan yang dilewati, apalagi staff hotel yang menjemput aku, orang asli Yogyakarta, sehingga bisa memberikan keterangan tentang kota ini dengan sangat menarik.

Ruang tunggu

Sesampainya di hotel, semua barang bawaanku segera diturunkan, dan aku segera menuju ke meja resepsionis untuk mengurus registrasi dan seperti biasa akan mendapat keterangan singkat mengenai fasilitas apa saja yang bisa aku nikmati selama tinggal di Indies HERITAGE Hotel

Meja Resepsionis

Sambil menunggu kamar yang bakal aku tempati dipersiapkan, aku memperhatikan sekitar area lobby, yang sejak awal aku masuk tadi sudah merasa nyaman. Suasana yang tenang dan “hommy” banget menyelimuti semua perasaan. Entah kenapa, aku sudah bisa bilang bakal suka “stay” di sini sejak awal tadi.

Area depan resepsionis

Area lobby Indies HERITAGE Hotel sangat luas, nuansa tradisonal sangat kental dengan sentuhan modern, dominasi warna putih dengan ornament hitam dan coklat, semakin membuat ruangan ini tampak elegan. Beberapa barang antik, juga menghiasi beberapa sudut ruangan.

Lobby Area

Indies HERITAGE Hotel juga menyediakan ruang meeting, jika ada sebuah even atau gathering, letaknya ada di lantai 1 dekat dengan area lobby dan meja resespsionis. Ruang meeting ini bisa digunakan untuk berbagi event yang susunan kursi serta mejanya disesuiakan dengan pesanan.

Ruang Meeting

Tak terasa, staff resepsionis kembali memanggil aku dan mengatakan kalau kamar yang akan aku tempati sudah siap, berada di lantai 2 dari bangunan hotel. Melewati koridor antar kamar memanjang dengan ornament hitam pada nomor petunjuk kamar, sehingga sangat mudah untuk menemukan kamar aku.

Koridor antar kamar

Dari koridor kamar, aku bisa melihat bangunan hotel hampir secara keseluruhan, dari sini terlihat keindahan dari Indies HERITAGE Hotel, terlihat rapi dan sangat enak dipandang bahkan dengan kasat mata. Aku tak sabar buat segera masuk ke dalam kamar aku yang bakal aku tempati selama beberapa hari ini.

Design bangunan yang bagus

Wow, ini kamar aku di Indies HERITAGE Hotel,  ukuran kamar yang luas dengan tempat tidur besar, tipe Deluxe Balcony. 35 m2 ruangan yang memberikan “space” nyaman dengan balkon yang langsung bisa melihat ke kolam renang di lantai bawah, sangat cocok buat kita yang sedang berlibur atau ada urusan bisnis.

Ini kamar yang aku tempati

Tempat tidur ukuran besar ini dengan kualitas yang sangat istimewa sudah pasti memberikan kenyaman dan membuat tidur kita semakin enak, belum lagi suasana kamar dengan lampu penerangan dengan pintu balkon yang dirancang untuk bisa menambah cahaya masuk, semakin membuat kamar ini sempurna.

Deluxe Room dengan Balkon

Selain tipe kamar yang aku tempati, di Indies HERITAGE Hotel juga ada beberapa tipe kamar yang lain, Deluxe Room dengan luas ruangan 24 M2 dan Suite Room yang tentunya lebih luas dibanding tipe kamar lain nya. Untuk tipe kamar ini, bisa kalian pesan sesuai dengan kebutuhan saat menginap, karena jika hanya bersama teman dan tujuannya mau explore Yogyakarta, pesan tipe Deluxe saja juga sudah cukup.

Tempat tidur yang nyaman

Kamar mandi di kamar aku, lengkap dengan wastafel, toilet dan standing shower dengan air panas dan dingin. Alat perlengkapan mandipun sudah tersedia semua, mulai dari shampoo, sabun sampai body lotion juga sudah ada. Jadi jangan kuatir, jika kita tidak membawa peralatan tersebut di atas.

Kamar mandi

Untuk tipe kamar balkon seperti yang aku tempati, di depannya ada kursi dan meja untuk bersantai sambal melihat pemandangan bangunan hotel serta kolam renang yang ada di bawah. Sore hari sangat nyaman duduk di sini, sambil menikmati makanan kecil dan secangkir teh atau kopi.

Balkon di kamar

Fasilitas yang ada di Indies HERITAGE Hotel, salah satunya adalah Resto Indies yang lokasinya berdampingan dengan area lobby, restoran yang mengusung design etnik ini mengingatkan bahwa kita sedang di Yogyakarta, karena nuansa Jawa yang sangat kuat dari keselarasan design nya.

Indies Resto

Restoran ini melayani pengunjung hotel, mulai dari saat makan pagi, siang sampai makan malam, juga tentunya untuk room service selama 24 jam. Menu makanan klasik dengan sentuhan “taste” dari chef professional dari Indies HERITAGE Hotel, rekomendasi untuk dicoba saat kalian menginap di sini.

Ruang makan di Indies Resto

Konsep buffee breakfast diangkat oleh Indies HERITAGE Hotel untuk semua tamu yang menginap, dilayani mulai pukul 06.00 – 10.00. Berbagai pilihan menu makanan utama, salad sayuran dan buah segar, aneka roti, cake dan croissant, live cooking untuk telur dan tentunya minuman segar serta teh dan kopi

Buffee Breakfast
Berbagai menu makanan
Makan pagi dari jam 06 -10

Selain menikmati makan pagi, aku juga mencicipi makan siang dan makan malam dengan menu ala carte, Nampak dari foto di bawah ini, menu makanan yang memang dari tase sangat enak dan cara penyajian yang sangat bagus, sehingga mengundang selera makan kita. Tanpa harus susah keluar hotel untuk mencari makanan.

Bayangkan saja, chef dari Indies HERITAGE Hotel juga bisa menyajikan makanan yang memang bisa aku makan ketika menjalani diet waktu aku bertepatan stay di sana. Grilled Chicken dan Salmon yang menjadi makanan utama aku, sudah tergolong makanan sehat yang sangat enak untuk dikonsumsi.

Menu makan siang
Ala carte Menu

Oiya Indies HERITAGE Hotel, juga memilik kolam renang yang persis di depan area lobby, tapi saat jam makan pagi, untuk kolam renang ini, menggunakan akses pintu di restoran. Kolam renang ini juga menjadi favorit para pengunjung hotel yang memang menginap dengan tujuan untuk “relax”

Kolam renang ukuran sedang dengan banyak tanaman, sangat cozy dan sangat cocok buat bersantai juga olah raga. Saat pagi hari setelah selesai waktu sarapan, kita bisa juga melakukan “sun tanning” di sini. Karena konsep kolam renang ini terbuka tapi masih cukup rindang karena matahari terhalang oleh bangunan dan pepohonan.

Pemandangan dari balkon kamar
Fasilitas kolam renang

Indies HERITAGE Hotel, membuat aku merasa susah move on, sehingga saat tiba waktu buat check out, rasanya rasa berat buat menyerahkan kembali kunci kamar kepada staff resepsionis. Buat kalian yang ingin menginap di sini bisa reservasi langsung: