Hotel Savoy Homann Bandung

0
252
Savoy Homann
Savoy Homann

Savoy Homann, salah satu hotel bersejarah yang ada di kota Bandung, aku berkesempatan buat tinggal beberapa hari, selama liburan di kota kembang. Sebelum berbagi pengalaman selama berada di dalam hotel, yang pelayanan nya sangat baik, aku ingin menceritakan sekilas tentang “history” dari hotel, yang merupakan tempat persinggahan orang orang penting.

Hotel Savoy Homann, dibangun pada tahun 1880, pemiliknya Mr. A. Homann, merupakan hotel terbesar di Asia Tenggara pada jamannya, dipercaya sebagai tempat terselenggara nya beberapa konferensi tingkat Internasional, seperti KAA, PATA, Konferensi Islam Asia Afrika, dll. Sejumlah tokoh penting dan artis seperti Charlie Caplin, Mary Pickford, Pakubuwono X, Sri Mangkunegoro VII pernah menginap di sini.

Hotel Savoy Homann, dulunya bernama Hotel Post Road, dengan gaya arsitektur Baroq, pada era 30 an, hotel ini mengalami perombakan menjadi hotel yang hyper modern. Arsitekturnya dikerjakan oleh A.F Aarlbers dan R.A. de Wall pada tahun 1938. Salah satu perubahan nya, adalah ornament patri, penggantian mebel dan kap lampu.

Saat Jepang masuk, hotel ini berubah fungsi sebagai asrama opsir Jepang, dan fasilitasnya mengalami banyak kerusakan. Pada tahun 1945, hotel ini kembali kepada Belanda dan fungsinya berubah lagi menjadi markas Palang Merah Internasional, dan baru pada tahun 1946, hotel ini dikembalikan kepada Van Es, fungsinya kembali menjadi hotel, sekaligus mengelolanya sampai tutup usia di tahun 1952.

Tahun 1955, Hotel Savoy Homann, dipakai untuk tempat tinggal kepala negara yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika, sejak itu hotel ini menjadi tempat persinggahan banyak pimpinan negara kala berkunjung ke Bandung. Hingga saat ini, Hotel Savoy Homann, masih memiliki kamar yg pernah ditempati oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Membaca sejarah Hotel Savoy Homann, memberikan kebanggaan tersendiri, saat aku bisa masuk ke dalam bangunan kokoh, di Braga Bandung, yang memang menjadi salah satu kawasan favorit di kota kembang, saat aku harus memilih lokasi dari hotel yang bakal aku tempati.

Savoy Homann
Bangunan kokoh Hotel Savoy Homann Bandung

Bandung siang ini cukup panas, oleh karena nya, saat aku masuk ke Hotel Savoy Homann, hawa sejuk ruangan segera bikin betah berada di dalamnya. Bergegas aku menuju meja reseptionis, untuk mengurus proses registrasi check in seperti biasa. Pelayanannya sangat cepat, dikarenakan reservasi pemesanan kamar sudah ada dan formulir yang perlu ditandatangani, sudah dipersiapkan sebelum nya.

Savoy Homann
Meja Reception

Saat aku tadi masuk melalui pintu Utama Hotel Savoy Homann, di sebelah kanan ada dinding yang bergambar Mural Peta Kereta Api, ternyata ini merupakan mural kereta api pertama di Pulau Jawa, yang mendorong perekonomian kota Bandung. Mural ini terjaga dengan baik dan masih bagus sekali.

Savoy Homann
Mural Peta Kereta Api

Proses registrasi check in sudah selesai, sementara barang bawaan aku diambil alih oleh staff hotel, untuk nantinya bakal diantar ke kamar. Dipersilakan aku duduk di sofa, di area lobby yang sangat luas, untuk memberikan kesempatan kepada staff resepsion memastikan kamar aku sudah benar benar siap.

Savoy Homann
Area lobby depan

Sambil menunggu, aku melihat di sudut ruangan ada counter yang menjual cake dan roti, ini produk “homemade” dari Hotel Savoy Homann, tak mau melewatkan untuk mencoba rasanya, aku memilih beberapa kue, untuk nantinya dijadikan “kudapan” di dalam kamar, tanpa harus membeli di luar hotel.

Savoy Homann
Bread and Cake

Ruang tunggu di Hotel Savoy Homann, ternyata ada di beberapa bagian lho, selain sofa yang pertama aku duduki, masih ada lagi di balik dinding area lobby yang berdekatan dengan jajaran ruang meeting, di sini juga bias digunakan untuk tempat ngobrol santai sambal membaca dan melihat televise.

Savoy Homann
Ruang tunggu di belakang Lobby

Selain mural di dinding, ada satu peninggalan bersejarah yang diletakkan dengan ruang tunggu, diberi nama Golden Book (Buku Tamu) yang berisikan tanda tangan para delegasi yang menghadiri Konferensi Asia Afrika tahun 1955, bisa dibayangkan khan, bagaimana berharganya benda tersebut?

Savoy Homann
Golden Book

Belum selesai rasa kagum pada area lobby dari Hotel Savoy Homann, staff resepsionis menghampiri, untuk menyerahkan kunci, sekaligus mengantar aku menuju kamar yang bakal aku tempati selama beberapa hari, koridor antar kamar yang aku lewati sangat bersih, elegan dan di dindingnya terdapat lukisan yang bergambar Bandung di jaman dahulu.

Savoy Homann
Koridor antar kamar

Hotel Savoy Homann memiliki total kamar 185 unit, dengan 5 tipe kamar, yakni Homann Suite, Suite Room, Junior Suite, Executive Room, dan Deluxe Room. Perpaduan desain Art Deco dengan standarisasi kemewahan masa kini diaplikasikan dalam interior setiap kamar. Hasilnya, desain yang sangat indah, namun tetap mengedepankan kenyamanan.

Savoy Homann
Junior Suite

Aku menempati kamar Junior Suite yang ukuran nya sangat luas, dengan fasilitas yang sangat lengkap, ada meja kerja, sofa buat bersantai, tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, dan meja serbaguna untuk menempatkan beberapa barang penting. Benar benar sangat nyaman.

Savoy Homann
Tempat tidur yang nyaman

Persis di depan tempat tidur, ada meja bar yang dilengkapi dengan kursinya, alat pemanas air sudah tersedia dengan kelengkapan teh serta kopi, televise dengan channel local dan internasional, meja rias beserta cermin bulat, juga ada meja serta alat setrika yang dapat digunakan setiap saat.

Savoy Homann
Ruangan kamar yang luas

Belum lagi kamar mandi yang dilengkapi dengan wastafel, bath up, closet dan tambahan standing shower. Menginap di Hotel Savoy Homann, tidak perlu bingung lagi membawa peralatan mandi, karena semuanya sudah tersedia, termasuk juga ada pengering rambut yang terpasang di salah satu dindingnya.

Savoy Homann
Kamar mandi dengan Bathup

Oiya, fasilitas di dalam kamar yang aku sebutkan tadi, rata rata sama di setiap kamar, hanya saja pembeda nya adalah luas ruangan untuk setiap tipe kamar. Untuk kamar yang aku tempati, juga ada balkon yang bisa dibuka, dan langsung menghadap ke area jalan Asia Afrika.

Savoy Homann
Fasilitas di dalam kamar

Hotel Savoy Homann, sejak awal berdiri sudah dikenal sebagai hotel yang sangat mumpuni untuk digunakan sebagai tempat konferensi. Di sini bisa dilihat adanya fasilitas bisnis center, untuk menunjang keperluan tamu yang berkunjung ke Bandung dengan keperluan urusan bisnis.

Savoy Homann
Bisnis Center

Tampilan koridor di antara ruangan meetingpun amat berkelas, sentuhan warna dominan coklat dengan campuran warna gold, membuat ruangan ini sangat elegan. Sehingga sangat cocoklah kalua dibilang hotel ini mempunyai sejarah Panjang sebagai tempat penyelenggaraan konferensi terbesar se Asia Afrika.

Savoy Homann
Fasilitas MICE

Berbagai acara besar bisa digelar di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann dengan kapasitas 500 orang, Asia Afrika Ballroom dengan kapasitas 250 orang. Selain itu masih ada beberapa ruang meeting yang dilengkapi dengan fasilitas standard internasional, seperti Embassy Room, The Palace Room, Consulate Room, Savoy 1-4, Sultan Room, Caesar Room, Emperor Room, dan Jasmine Room.

Savoy Homann
Ruang Meeting

Hotel Savoy Homann, juga menyediakan ruangan dengan suasana santai di dekat area lobby, ada 2 pilihan tempat, yaitu Side Walk Café dan Batavia Bar & Lounge, buka mulai pagi hingga tengah malam, menampilkan live music, mulai dari jam 21.00. Di sini pengunjung bisa memesan makanan kecil serta berbagai minuman.

Savoy Homann
Side Walk Cafe dan Batavia Bar & Lounge

Fasilitas restoran dengan kapasitas untuk banyak pengunjung, dimana memberikan suasana taman yang asri, diberi nama Garden Restaurant. Ketika menginap di Savoy Homann, rasanya tempat ini jadi favorit aku, karena memang “ambience” nya sangat menyenangkan.

Savoy Homann
Garden Restoran
Savoy Homann
Menyajikan Makan Pagi, Siang dan Malam

Semua pengunjung yang menginap di Hotel Savoy Homann, bisa menikmati sajian makan pagi dengan konsep buffet, pilihan makanan dan minuman yang disajikan sangat beraneka ragam, bahkan kalau memang ingin menikmati semua menu, mungkin waktu 2 jam, juga nggak akan cukup.

Savoy Homann
Buah segar dan salad

Mulai dari buah segar & salad sayuran, pilihan cake, roti & pudding, menu masakan tradisional, menu makanan utama, bubur ayam, egg station, noodle live cooking, aneka gorengan, teh & kopi, serta minuman sejenis juice juga ada. Pastinya semua layak untuk dicoba.

Savoy Homann
Aneka Roti dan Cake
Savoy Homann
Noodle Station dan Siomay
Savoy Homann
Masakan Tradisional
Savoy Homann
Aneka gorengan
Savoy Homann
Minuman segar

Lihat saja, untuk mengumpulkan semua menu makanan yang ada di buffee sarapan pagi, belum termasuk memakannnya, aku memerlukan waktu lebih dari 30 menit, karena saking banyaknya pilihan dan semuanya menarik untuk dicicipi. Untungnya aku menginap selama 2 malam sehingga bisa membagi menjadi 2 kali makan pagi.

Savoy Homann
Menu makan pagi

Garden Restaurant, juga melayani pengunjung yang ingin menikmati makan siang, apabila malas keluar dari hotel. Berbagai menu ala carte bisa dipesan, dari makanan pembuka, menu Utama, sampai penutup sangat bervariasi. Aku mencoba untuk memesan Ikan Gurami goreng, dengan porsi besar dan harganya sangat terjangkau.

Savoy Homann
Menu ala carte lunch

Sedangkan, kalau kita menginap, kebetulan saat weekend, setiap hari Sabtu ada BBQ Buffet Dinner di Garden Restaurant, dengan menu utama, ikan, daging,ayam yang dibakar dengan bumbu ala Savoy Homann. Selain menu “bakar bakar”an pengunjung juga bisa menikmati menu lainnya yang tersedia di buffet.

Savoy Homann
BBQ tiap hari Sabtu
Savoy Homann
Menu BBQ Buffee dinner

Satu lagi, Garden Restaurant juga memberikan layanan “Room Service”, bagi semua pengunjung hotel, selama 24 jam, sehingga kita tidak perlu takut, kapanpun merasa lapar, atau ingin menikmati makanan, tinggal telpon ke restoran, dan memesan sesuai menu yang ada di dalam kamar.

Savoy Homann
Room service

Di Hotel Savoy Homann, ada salah satu dinding yang bertulisakan “Memorabilia” dimana ada pigora kaca ukuran persegi Panjang, dimana di dalamnya terdapat beberapa piala dan piagam penghargaan yang pernah diterima oleh Hotel Savoy Homann.

Savoy Homann
Memorabilia

Fasilitas lain yang tak boleh dilupakan dari Hotel Savoy Homann, adalah fasilitas olah raga, terdapat ruangan fitness dan kolam renang yang ukuran nya cukup besar, dipisahkan antara kolam renang untuk dewasa dan anak anak. Lokasi nya ada di bagian belakang dari hotel.

Savoy Homann
Ruang Fitness
Savoy Homann
Kolam renang

Selama aku tinggal di Hotel Savoy Homann, aku juga memperhatikan beberapa pilar yang ada di beberapa sudut ruangan dan bahkan ada yang di tengah Garden Restaurant, buat kalian yang penasaran arti art deco design adalah contohnya seperti pilar yang ada di foto ini.

Savoy Homann
Konsep Art Deco

Begitulah pengalaman yang bisa aku bagikan ke kalian semua, selama menginap di Hotel Savoy Homann, sebuah experience yang menyenangkan. Ketika aku check out dan sebelum meninggalkan hotel, di atas pintu Utama ada tulisan Bahasa asing yang artinya: Semoga anda kembali dengan selamat.

Savoy Homann
Semoga Anda Kembali Dengan Selamat

Hotel Savoy Homann
Jalan Asia Afrika 112,Bandung, Indonesia
ph: (+62) 22 423 2244, (+62) 811 249 2221
fax: (+62) 22 423 6187
e: [email protected] / [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here