Ho Yan Hor Museum, Ipoh Perak

0
64
Ho Yan Hor
Ho Yan Hor

Ho Yan Hor Museum (HYHM) berbagi cerita tentang Ho Yan Hor, merk rumah tangga teh herbal Cina yang paling terpercaya sejak 1941 berasal dari Ipoh. Museum ini menyediakan foto foto dan barang barang kuno yang menunjukkan penemuan asal-usul dan evolusi Ho Yan Hor. Ini juga merupakan Galeri tentang kehidupan inspirasional Dr Ho Kai Cheong, pencipta yang memberikan kesehatan Teh Ho Yan Hor.

Sedikit cerita tentang museum ini, jadi Ho Yan Hor adalah nama dari Teh Herbal Cina, yang ditemukan oleh Dr Ho Kai Cheong, praktisi medical Chinese, lulusan dari Canton Wah Lam National Physicians Medical School. Museum ini, merupakan tempat kerja dan rumah tinggal dari Dr Ho.

Ho Yan Hor
Museum Ho Yan Hor

Dengan maksud membantu orang yang sedang sakit, Dr Ho telah merumuskan ramuan unik dari 23 herbal pilihan khusus dan menciptakan Teh Herbal Ho Yan Hor pada usia 35 tahun. Efektif dalam meredakan panas dan menyembuhkan flu biasa, dengan memungkinkan penyembuhan sendiri. Saat itu teh herbal Ho Yan Hor menjadi alternatif yang populer untuk pengobatan barat karena cepat sembuh dari flu biasa.

Ho Yan Hor
Daun Teh

Museum Ho Yan Hor didirikan, untuk menghormati memori Dr. Ho Kai Cheong, pendiri teh herbal Ho Yan Hor dan juga bertujuan untuk berbagi kisah inspirasinya tentang kesulitan membangun wilayah teh herbal. Aku menyempatkan untuk masuk ke dalam museum ini, karena memang merupakan salah satu tujuan wisata di Ipoh.

Ho Yan Hor
Peralatan jaman dahulu yang dipakai

Lokasinya tidak jauh dari Concubine Line, jadi kalau mau berkunjung ke sini, bisalah sekalian jalan. Kita diperbolehkan masuk ke dalam dan mengambil gambar. Sebelumnya aku menanyakan hal ini, karena sebagian museum, mempunyai peraturan larangan untuk mengabadikan apa yang ada di dalamnya.

Bangunan ini tidak dirubah bentuknya sama sekali, dan perawatannya sangat bagus, terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 terbagi menjadi 3 ruangan dan di bagian belakang, buat aku merupakan bagian yang sangat menarik, bias dilihat kamar mandi, sumur, wastafel dan peralatan dapur yang banyak dan otentik.

Ho Yan Hor
Kamar mandi, dapur dan wastafel yang masih dipertahankan

Karena rumah yang digunakan untuk museum ini, umurnya sudah tua, dan tangga untuk naik ke lantai dua pun, masih asli dari awalnya, sampai ada peraturan tertulis seperti gambar di bawah ini “hanya satu orang yang diijinkan untuk berada di tangga pada satu waktu”

Ho Yan Hor
Peraturan untuk naik tangga

Dari tempat kerja ini, dihasilkan resep yang dimana sekarang sudah dipadukan dengan tehnologi yang modern. Aku baca dari website Ho Yan Hor, berikut proses pembuatan nya: Daun teh dan herbal disaring dengan ketat, untuk memastikan kualitas premium,
herbal direbus untuk mengekstrak semua nutrisi dan mineral yang bermanfaat,
ekstrak herbal dan daun teh kemudian dicampur bersama dalam corong, proses ini menempelkan ekstrak herbal ke daun teh, membuatnya menjadi infus yang lebih mudah dan lebih cepat bila dicampur dengan air panas, produk dikeringkan sebelum pengepakan, untuk menghambat pertumbuhan mikroba, daun teh dengan ekstrak herbal dimasukkan ke dalam kantong teh dengan jumlah tetap untuk memastikan dosis standar, barang akhir diuji oleh Quality Control yang memenuhi syarat di seluruh produksi untuk memastikan standar kualitas.

Ho Yan Hor
Ruang kerja di lantai 2

Terbayang, kebaikan Dr Ho Kai Cheong, pada saat mudanya dengan gigih, menciptakan ramuan the herbal dengan menggunakan sepeda yang dibelakangnya ada tempat untuk meletakkan ramuan yang sudah jadi. Aku juga tak mau ketinggalan untuk mengabadikan sudut ini ( foto aku )

Ho Yan Hor
Dulu memasarkan dengan sepeda

Untuk mengetahui lebih jelas perjuangan sang Dokter, di museum ini juga disediakan tempat, untuk melihat tayangan televisi yang menceritakan sejarah penemuan ramuan teh herbal cina tersebut. Selesai melihat semua ruangan, aku turun dari tangga lain yang bisa langsung ke arah pintu keluar dan uang jadi pintu masuk juga

Sebelum pulang, tak lupa aku membeli teh kemasan yang memang merupakan souvenir dari Museum Ho Yan Hor, dengan membayar 50 RM, aku mendapat 3 jenis teh herbal, di antaranya: Ho Yan Hor Original Tea, Ho Yan Hor Night Tea, Ho Yan Hor Gold Tea; ditambah lagi minyak hangat dan hand sanitizer.

Ho Yan Hor
Ruang video dan audio

Oiya, karena Museum Ho Yan Hor, ini lokasinya ada di sudut jalan, sehingga mempunyai dinding samping, menariknya, dinding tersebut dilukis dengan sangat artistic dan didominasi warna hitam putih dengan sebagian dinding yang semen nya terkelupas sehingga terlihat batu bata merah, justru menambah nilai seni. Betapa senangnya aku bisa berkunjung ke museum ini.

Ho Yan Hor
Mural di dinding museum

Ho Yan Hor Museum

1, Jalan Bijeh Timah, 30000 Ipoh, Perak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here