Taman Batu Gunung Karang Majalengka

0
78
Gunung Karang
Gunung Karang

“Ayo keluar dulu dari mobil” sontak aku terbangun dari tidur lelap sesaatku. Jalanan beraspal, dengan tikungan sangat tajam, yang jadi alasan, kenapa semua penumpang di dalam mobil harus turun. Ini salah satu pemandangan yang sempat aku abadikan, ketika hendak mengunjungi obyek wisata Taman Batu Gunung Karang.

Gunung Karang
Jalanan menuju Gunung Karang

Sekitar satu jam, waktu perjalanan dari kota Majalengka, untuk sampai di Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan Majalengka, dimana lokasi wisata Gunung Karang berada. Dari namanya saja, pasti kalian sama dengan aku, yang terbayang adalah gunung dengan tumpukan batu karang.

Gunung Karang
Pemandangan di kiri kanan jalan

Setelah beristirahat sejenak, aku segera memulai petualangan, di salah satu obyek wisata, yang masih tergolong baru di Kabupaten Majalengka. Terlihat papan nama dari destinasi ini adalah Wana Wisata Seribu Goa Gunung Karang. Supaya tidak sampai salah jalan, aku ditemani oleh seorang pemandu wisata.

Gunung Karang
Papan Petunjuk Tempat Wisata

Akses untuk trekking ke atas Gunung Karang, sudah bagus dan tidak terlalu sulit untuk ditempuh, meskipun masih berupa jalanan setapak bebatuan dan belum disemen rata. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit, aku sudah sampai di bagian puncak dari Gunung Karang.

Gunung Karang
Trekking yang berupa tanjakan

Di tengah perjalanan, aku kembali bertemu dengan papan yang bertuliskan kata kata “sapaan dari Hutan”, dimana hal ini bertujuan untuk mengingatkan kepada aku dan teman teman pengunjung lainnya, untuk selalu menjaga kelestarian hutan, sehingga alam tetap menjadi sahabat kita.

Gunung Karang
Salam dari Hutan

Berkunjung ke Gunung Karang, selain mendekatkan aku kembali pada alam, juga tentunya mencari konten yang bias aku posting di blog dan social media aku, oleh karena nya aku juga tidak lupa untuk mencari spot foto yang”instagramable” dan di lokasi wisata ini sangat banyak dan mudah ditemui.

Gunung Karang
Spot Instagramable

Seperti bayangan aku dan kalian, ternyata tidak meleset jauh, karena di bagian puncak Gunung Karang, memang banyak batu, tapi memang bukan batu karang, melainkan batu berukuran besar. Banyak versi cerita tentang keberadaan tempat ini, diantaranya dihubungkan dengan legenda Sangkuriang, merupakan tempat persembunyian tantara kita pada saat jaman perang dan dikatakan, berabad tahun yang lalu, meteor pernah jatuh di sini.

Gunung Karang
Taman Bebatuan Besar

Sebelum menutup cerita petualangan di Gunung Karang, aku ingin memperkenalkan pemandu wisata yang mengantar aku sampai ke puncak, yaitu Ibu Pendekar Gunung Karang, aku menyebutnya, sudah berumur 77 tahun, tapi semangat nya masih sangat muda. Beruntung banget, bisa bertemu beliau, karena hal ini memberikan sebuah pencerahan bahwa “umur hanyalah angka, yang paling penting adalah kesehatan dan semangat untuk tetap berjiwa muda”

Gunung Karang
Pendekar Gunung Karang

Gunung Karang

Alamat: Babakan Jawa, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45419

Jam buka: 08.00 – 18.00

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here