Gua Tempurung di Gopeng, Malaysia

0
33
Gua Tempurung
Gua Tempurung

Gua Tempurung, salah satu obyek wisata yang aku datangi saat berkunjung ke Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Tapi sebenarnya, gua ini berlokasi di daerah Gopeng, memang masih masuk wilayah Perak, tapi kalau dari Kuala Lumpur, sebelum kota Ipoh. Gua Tempurung merupakan gua kapur, yang bentuknya seperti tempurung kelapa.

Gua sepanjang 1,9 km ini, juga dibilang sebagai gua kapur terbesar di Semenanjung Malaysia. Di dalam nya, ada lima kubah besar yang mempunyai karakter berbeda, dari segi suhu, permukaan air, dan kandungan batu kapur dan marmer. Nah, daripada kalian bingung membayangkan seperti apa sih gua ini, yuk ikuti cerita aku, saat mampir ke Gua Tempurung.

Sangatlah mudah menemukan Gua Tempurung, karena saat kita berkendaraan, dari kejauhan juga sudah tampak, dan papan petunjuk menuju lokasi wisata ini sangat jelas. Ketika aku sampai di Gua Tempurung, terlihat masih lengang, pelataran parkir yang luas, masih belum terisi banyak kendaraan.

Gua Tempurung
Halaman parkir yang luas

Setelah memarkir mobil, aku menuju tempat penjualan tiket, tertulis dengan jelas, beberapa penawaran tour di dalam Gua Tempurung, ada 4 pilihan paket tur standar, yaitu Golden Flowstone (kering), Top of the World (kering), Top of the World & Short River Adventure (basah), dan Grand Tour (basah).

Yang dimaksud kering dan basah adalah, saat kita mengambil paket tour yang basah, berarti bakalan akan terkena air dan siap berbasah ria. Masing masing tour, mempunyai durasi yang berbeda dan tentunya harga pun tak sama, dan kalau datang dengan rombongan, bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.

Gua Tempurung
Harga tiket masuk

Aku memutuskan untuk mengambil paket tour TOW ( Top Of the World ), karena setelah dari Gua Tempurung, masih ada acara yang lainnya. TOW, berdurasi 1 jam, dengan tarif 30 RM. Segera mengikuti arah jalan yang ditunjukkan oleh petugas di loket, aku masuk ke dalam gua.

Gua Tempurung
Jalan masuk ke dalam gua

Tidak terlalu jauh masuk ke dalam gua, sebuah pemandangan terpampang jelas dan membuat aku berdecak kagum. Tampak tangga naik dan turun tersusun rapi, juga memudahkan kita sebagai pengunjung, untuk mengexplore Gua Tempurung lebih dalam lagi.

Gua Tempurung
Tampilan awal dalam gua

Cahaya di dalam gua, paduan antara sinar matahari yang masuk dan tambahan dari lampu yang dipasang oleh pengelola Gua Tempurung. Selama menyusuri tangga, aku bisa merasakan perubahan suhu udara di dalam gua ini, sesekali terasa dingin, terkadang tahu tahu terasa kering sedikit lembab.

Oiya, karena aku mengambil paket tour Top Of the World (TOW), jadi aku boleh berjalan sampai ke ujung Gua, sampai batas tangga menurun ke arah aliran sungai. Di sini kalian bisa melihat tampilan gua dengan cahaya yang spektakuler, pastinya kalian setuju kalau aku bilang, ini sangat indah.

Gua Tempurung
Jalanan setapak berupa jembatan

Salah satu yang jadi spot foto paling “ketjeh”, menurut aku adalah stalakmit dan stalaktit di tengah Gua Tempurung, usianya boleh dipercaya sudah 8000 tahun. Jangan lewatkan, untuk mengambil gambar di sini, jika kalian berkunjung. Karena memang amazing banget lho.

Gua Tempurung
Keindahan yang menakjubkan

Kalau kalian mengambil paket Top of the World & Short River Adventure (basah), dan Grand Tour (basah), bisa melanjutkan explore Gua Tempurung, dengan menuruni tangga dari lokasi Top of The World, sampai ke dasar gua, dimana ada aliran sungai yang membuat peserta tour harus siap basah, karena menyusuri sungai tersebut.

Gua Tempurung
Di dasar gua ada aliran air

Aliran sungai dari dalam Gua Tempurung, mengarah sampai ke bagian luar gua, jadi peserta tour “basah”, akan keluar gua dari jalur yang berbeda saat masuk, sedangkan kalau yang mengambil paket tour “kering”, akan kembali ke arah jalan yang sama, saat masuk pertama kali.

Gua Tempurung
Aliran air menuju sungai

Sungguh sebuah pengalaman menyenangkan, bisa berkunjung ke Gua Tempurung, menyaksikan keindahan alam yang membuat aku merasa takjub akan apa yang semesta berikan. Selesai berjalan di dalam gua, pulang dengan kenangan indah, dan sebelum meninggalkan lokasi wisata aku menikmati kelapa muda yang dijual oleh warung di area pelataran parkir.

Gua Tempurung
Air kelapa yang menyegarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here