Gili Labak

0
21
Gili Labak
Gili Labak

Gili Labak, sebuah destinasi wisata yang belakangan ini, banyak diperbincangkan oleh para pejalan alias traveler yang menyukai wisata pantai. Merupakan sebuah pulau kecil yang berada di sebelah Tenggara pulau Madura, masuk dalam wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Propinsi Jawa Timur.

Beberapa minggu lalu aku berkesempatan untuk berkunjung ke Gili Labak, bersama beberapa tema. Terbang dari Jakarta ke Surabaya, satu hari lebih awal dari keberangkatan menuju Gili Labak. Karena kita memilih jalur utama, yaitu melalui Pelabuhan Kalianget, jadi start dari kota Pahlawan pukul 01.00 dini hari.

Gili Labak
Pinggiran pelabuahn Kalianget

Perjalanan dengan mobil, dari kota Surabaya menuju pelabuhan Kalianget, memerlukan waktu sekitar 4 jam. Jadi sekitar pukul 6 pagi, kami sudah sampai samping pelabuhan dan siap untuk naik ke kapal kayu yang menggunakan mesin. Informasi dari pengemudi kapal, untuk sampai ke  Gili Labak sekitar 2 jam.

Gili Labak
Bersiap naik ke kapal

Beruntung sekali, hari ini cuaca sangat cerah, dan lautan sangat tenang, pengemudi kapal dengan sigap menjalankan perahu kayunya, beberapa kali kami berpapasan dengan kapal penumpang atau pengakut barang yang ukurannya sangat besar. Tak berapa lama rasa kantuk sudah menghinggapi aku dan teman teman, maklum sepanjang perjalanan di dalam mobil, kami tidak tidur

Gili Labak
Siap berlayar
Gili Labak
Melewati kapal besar
Gili Labak
Berpapasan dengan kapal barang

Beruntung juga, karena bisa tidur di dalam kapal selama perjalanan, karena aku baru terbangun ketika mendengar teriakan teriakan kecil dan suara orang yang sayup sayup terdengar sedang berceloteh. Ketika membuka mata, aku sudah melihat dermaga kayu Gili Labak.

Gili Labak
Dermaga di Gili Labak

Wow … aku berdecak kagum, tidak menyangka bahwa keindahan Gili Labak yang sebelumnya aku lihat hanya di photo, sekarang ada di depan mata, hamparan pasir putih, berpadu dengan laut biru, serta matahari yang bersinar terang, benar benar merupakan gabungan yang tidak bisa dipisahkan untuk melihat keindahan di sini.

Gili Labak
Salah satu spot foto

Kami langsung mengeluarkan semua barang yang ada di dalam kapal dan segera melakukan beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di Gili Labak. Salah satunya yang pasti tak mungkin dilupakan adalah sesi pemotretan, karena di pulau ini banyak sekali spot foto yang bisa dijadikan obyek gambar.

Gili Labak
Hamparan pasir putih

Selain itu, aktifitas lainnya adalah bermain pasir, snorkeling di pinggiran pantai dan tentunya ada spot diving, jika memang kalian membawa alat nya. Selain itu juga boleh berkeliling pulau dengan menggunakan perahu yang mengantar kita dari pelabuhan Kalianget.

Gili Labak
Banyak spot foto di sini

Oiya  di area tempat wisata Gili Labak ini, juga sudah disedikan tempat duduk dengan penutup, yang bisa digunakan oleh semua. Juga sudah ada warung yang berjualan makanan, sehingga tidak perlu susah membawa bekal makanan berat, tapi pastinya kalau mau bawa snack ringan boleh juga.

Kamar mandi untuk bilas juga sudah ada, sehingga kalau kita selesai berenang di laut, bisa mandi dulu setelahnya, sebelum balik pulang. Untuk penginapan memang belum ada, tapi bisa menginap di rumah warga, atau membawa tenda kemah. Buat pengunjung yang menginap, asiknya bisa melihat sunrise maupun sunset yang indah di Gili Labak.

Gili Labak
Santai di bale bale

Bermain di pantai dan menikmati angina laut di Gili Labak, pastinya akan membuat kalian lupa waktu, aku bersama teman teman rasanya masih belum puas berada di pulau ini, tapi apa boleh buat, karena kami tidak menginap, jadi harus meninggalkan Gili Labak sebelum langit gelap. Dengan berat hati kami kembali ke kapal untuk menuju Pelabuhan Kalianget, sebuah kenangan indah jadi bekal cerita aku di tulisan ini buat kalian semua.

Gili Labak
Kembali ke Kalianget

Oiya, hampir lupa kasih info ke kalian semua, Gili Labak khan ada di Madura, dan aku sekarang tinggal di Jakarta, oleh karena itu aku pesan tiket ke Surabaya, karena memang akses bandara terdekat untuk pergi ke Pulau Madura adalah Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Gili Labak
www.pegipegi.com

Dan, untuk cari tiket ke Surabaya, aku tidak perlu bingung, karena tinggal membuka aplikasi “pegipegi” dari laptop atau handphone sekalipun, transaksi tiket pesawat ke Surabaya yang aku cari, bisa aku dapatkan hanya dalam hitungan menit dan banyak sekali promo promo menarik yang ditawarkan lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here