Bukit Campuhan, Ubud Bali

Bukit Campuhan Bali

Bukit Campuhan Bali, salah satu tempat tujuan wisata yang biasa dikunjungi, ketika rute wisatawan ke arah Ubud. Begitu juga dengan aku, yang minggu lalu main ke Bali, dan kali ini memang memilih untuk menginap di salah satu hotel yang lokasinya ada di seputaran Ubud.

Sengaja aku meluangkan waktu untuk mampir ke Bukit Campuhan Bali, membelokkan mobil yang aku kendarai ke pelataran parkir, yang lokasi nya tak seberapa jauh dari area Kelusa, Payangan di Jalan Campuhan, Sayan Ubud. Jalanan menurun sesaat, sampai aku bertemu dengan anak tangga yang merupakan arah masuk utama ke bukit ini.

Jalanan masuk

Setelah melewati jembatan kecil di atas sungai yang sarat akan pepohonan, terlihat sebuah pura yang dikenal dengan nama Pura Gunung Lebah, merupakan spot pertama yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk mengambil gambar, dan memang hasil foto akan terlihat ceria sebelum melakukan trekking sejauh kurang lebih 2 km.

Pura Gunung Lebah

Pura Gunung Lebah terlihat lengang sore ini, kemungkinan memang aku datang, saat tidak ada kegiatan di dalam pura tersebut. Pemandangan pura seperti ini sudah tidak asing lagi, jika kita berkunjung ke pulau yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Dewata, karena memang alasan keindahan nya.

Indahnya Pura di Bali

Setelah melewati Pura Gunung Lebah, aku kembali melihat jalan setapak bebatuan, yang akan menjadi jalur trekking sampai ke puncak Bukit Campuhan Bali. Tapi tenang saja, tanjakan di sini tidak terlalu tajam, hanya jaraknya saja yang cukup lumayan. Sehingga Bukit Campuhan Bali termasuk tempat wisata untuk segala usia.

Jalanan setapak

Hamparan rumput hijau menjadi pemandangan yang menyenangkan dan membuat mata kita segar. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Campuhan Bali adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam, karena tempat ini terbuka dan kalau hujan sangat sulit untuk mencari tempat berteduh.

Hamparan padang rumput

Beruntung sekali, saat aku mampir ke Bukit Campuhan Bali, cuaca sangat cerah, sehingga bisa menikmati semua pemandangan yang ada di sana. Banyak wisatawan lain yang asik berfoto serta sebagian muda mudi bercengkrama. Bukit Campuhan Bali, memang sudah jadi favorit buat wisatawan local maupun mancanegara.

Lonely tree

Oiya, sepanjang jalan trekking sampai ujung dari Bukit Campuhan Bali, tidak ada kios minuman atau “abang” penjual minuman, jadi sebaiknya kalau pas main ke sini, membawa bekal minuman. Tapi kalau memang kuat menahan rasa haus, bias beristirahat di warung, pada saat di puncak.

Namo Warung

Aku juga ikutan duduk di Warung Namo, untuk menikmati udara segar sambil beristirahat sejenak. Memesan makanan kecil dan minuman hangat, dan menghabiskan waktu yang masih ada. Banyak pilihan tempat duduk di warung yang memang design nya juga masih tradisional etnik Bali.

Tempat duduk indoor

Selain tempat duduk indoor, juga tersedia tempat duduk di area outdoor, dimana suasananya lebih asri dan banyak tanaman yang membuat area ini terasa sejuk, meskipun panas matahari sedikit menyengat. Seperti yang aku sampaikan tadi, kalau berkunjung ke sini memang lebih baik saat cuaca cerah dan panas.

Tempat duduk outdoor

Hari menjelang petang, aku segera bergegas membayar semua pesanan di Warung Namo, kebetulan juga nanti malam aku ada acara makan bareng teman di daerah Ubud center, sekarang aku harus kembali ke hotel dan kembali melewati jalan setapak untuk menuju ke kendaraan yang aku parkir.

Pemandangan di puncak Bukit Campuhan

Nah, sebagai tambahan info buat kalian yang suka bepergian seperti aku, download aplikasi pegi pegi di Android dan IOS, untuk mempermudah perjalanan anda, karena dari aplikasi ini kita bias memesan hotel dengan gampang dan banyak promo yang ditawarkan lho.