Aku Cinta Indonesia

4
139
Aku Cinta Indonesia
Aku Cinta Indonesia

Indonesia, sebuah kata yang banyak tertera di tanda pengenal aku, saat mengisi beberapa formulir khusus pun, kata Indonesia harus aku cantumkan. Beberapa orang di negara lain, kadang tidak mengetahui Indonesia dimana, tapi mereka bilang pernah ke Bali. Sebuah masalah yang tidak perlu diperdebatkan, tapi justru menjadi tanggung jawab bersama.

Aku terlahir dengan nama yang Indonesia banget, Hartadi Putro; kalau panggilan aku saat ini Sinyo, semata karena lebih memudahkan saat berkenalan. Sebuah rumah kecil di kota Malang, tempat praktek bidan yang membantu ibu, menghadirkan aku ke dunia. Hobby traveling ditularkan oleh ayahku, yang selalu mengajak aku kemanapun beliau pergi. Sebagai anak kecil, tidak tahu bahwa aku diajak keliling, sebenernya karena ayah bekerja sebagai penjual makanan ringan, yang harus mengantar jualannya ke pelosok desa. Aku sangat bersyukur, betapa sabarnya orang tua aku ketika mengajak aku bepergian, oiya … kenapa sampai aku katakan demikian? Karena dulu aku adalah pemabok berat, alias begitu naik kendaraan apapun, kecuali sepeda, pasti akan langsung mual dan muntah.

Sampai saat ini, aku masih ingat, kapan pertama kali melakukan solo traveling? Ketika itu aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar, tepatnya kelas 6, karena aku “ngotot” pengen ke Surabaya (rumah salah satu bibi ), sedangkan orang tua sedang sibuk banget, jadinya aku dititpin di teman ortu yang punya travel transport jurusan Malang Surabaya. Kemudian pengalaman itu berlanjut, ketika SMP kelas 2, aku ikutan tour ke Bali, tanpa ditemani siapa siapa. Dari situlah, maka ketika lulus SMA, aku memutuskan untuk kuliah di Pulau Dewata.

Hobby traveling aku semakin berkembang, Bali yang menjadi awal, tempat mengexplore keindahan Indonesia, dan itu menimbulkan rasa cinta atas negeri, tempat dimana aku dilahirkan, tumbuh dan besar sampai sekarang. Bangga menjadi warga negara Indonesia, meskipun terkadang ada saja gejolak di dalamnya, tapi bagaimanapun itu hanya segelintir orang yang haus kekuasaan, sisanya masyarakat kita sangat dikenal keramahannya.

Sekali lagi, beruntung aku tinggal di Indonesia, apalagi berkesempatan untuk mengunjungi beberapa propinsi yang ada, dan boleh dibilang, semua pulau besar yang ada di negeri ini, sudah aku injak tanahnya. Bertemu dengan banyak orang yang berbeda suku, bahasa, dan budaya, mengajarkan aku tentang keragaman dan melihat sisi keindahan dari perbedaan. Oleh karena semua hal yang di atas, aku ingin berbagi kepada kalian semua, tentang sebagian perjalanan aku selama sudah mengenal kamera dan sadar tentang cara mengambil gambar hehe…

Inilah potret Indonesia ala aku, Sinyo KoperTraveler yang pede dengan hashtag “thehottest” Travel Blogger di Indonesia hehe (bagi yang kurang setuju, boleh mengajukan klaim juga lho) dan sering mendapat julukan “KancutTraveler”, tapi aku berharap semua bisa mengerti dan memahami, bahwa ini hanya lah sebuah karakter yang terbangun dengan sendirinya, tanpa ada unsur yang disengaja. Dan, sebagai bukti bahwa Aku Cinta Indonesia

Catatan Kaki: Sengaja di sini ada aku nya, karena sebagai bukti otentik bahwa memang aku pernah berkunjung hehe… dan ilustrasi di atas gambar, bersifat pengalaman yang saya dapat berdasarkan perasaan ketika berada di tempat tersebut.

Kepulauan Riau

Kabupaten Natuna, ibukota nya Ranai, ketika mendarat pertama kali di sini, aku baru tahu, kalau ternyata daerah ini adalah wilayah paling Utara dari negara kita, Indonesia. Bandara tempat pendaratan pesawat, tidak terlalu besar. Fasilitas hotel juga masih terbatas, tapi keindahan alamnya sangat membuat aku tercengang. Tampak di sini adalah Alif Stone, yang merupakan tempat wisata dengan pesona batu besar di bibir pantai. Sedangkan tempat menarik lainnya di pulau Natuna Besar, masih ada banyak lagi lho, dan untuk mencapai lokasi wisatanya tidak terlalu sulit.

Indonesia
Salah satu keindahan di Kabupaten Natuna

Berkunjung ke Pulau Bintan, ada sedikit pengalaman yang kurang enak, dimana di sini ada area pantai tertentu, menjadi pantai private dari hotel yang persis di depan nya, karena aku menganggap semua sama dengan wilayah Indonesia lainnya, jadi asal aja main di pinggiran pantai dan tahu tahu ditegur oleh pihak sekuriti hotel. Tapi kalau kita menginap di salah satu hotel di sini, memang ok juga, karena akan mendapatkan fasilitas yang bagus, dan tentunya dengan harga yang sesuai, maklum pulau ini, menjadi salah satu kunjungan dari wisatawan dari Singapura.

Indonesia
Salah satu keindahan di Pulau Bintan

Lampung

Ada beberapa tempat wisata yang ada di Propinsi Lampung, salah satunya adalah Teluk Kiluan yang berlokasi di Kecamatan Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus yang berjarak sekitar 80 km dari kota Lampung. Untuk sampai ke sini, memang harus melewati kota Lampung, bisa menggunakan pesawat dari kota kalian masing masing, tapi kalau dari Jakarta, lebih baik menggunakan jalur kapal laut Merak ke Bakauweni. Yang paling menarik buat dilihat disini adalah lumba lumba, dan ada laguna di pinggir laut yang dapat digunakan untuk berenang.

Indonesia
Teluk Kiluan

Selain Teluk Kiluan, ada tempat wisata yang juga jadi primadona dari Propinsi Lampung, yaitu Pulau Pahawang yang berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Untuk sampai di pulau ini, tidak sejauh perjalanan ke Teluk Kiluan, hanya memerlukan perjalanan dengan kendaraan, sekitar satu jam untuk sampai ke Pelabuhan, langsung dilanjutkan dengan menggunakan kapal boat. Pulau Pahawang dikenal dengan keindahan bawah lautnya, juga belakangan banyak perkembangan dalam hal fasilitas penginapan. Hal ini berdampak baik, karena ke depannya akan semakin baik.

Indonesia
Pulau Pahawang

Bangka Belitung

Propinsi Bangka Belitung, sesuai dengan namanya mempunyai tempat wisata yang sama sama indahnya. Pulau Bangka, dengan ibukota Pangkal Pinang. Mempunyai pantai bebatuan yang sangat indah. Terkenal dengan Martabak dan Otak otak sebagai makanan yang harus dicoba saat kalian ke sini. Oleh oleh krupuk khas Bangka juga menjadi andalan lho.

Indonesia
Pulau Bangka

Pulau Belitung, menjadi kunjungan para traveler yang ingin main di pantai dan mendapat pemandangan yang indah, tapi akses nya sangat mudah. Selain pantai bebatuan, kita juga bisa menikmati Mie Belitung yang sangat kondang, naik ke mercusuar, mengunjungi museum kata yang menjadi salah satu ikon. Sebuah fenomenal pernah dibuat disini dengan judul Laskar Pelangi. Saat ini sudah banyak hotel berbintang jadi pilihan untuk menginap, jika kalian berkunjung ke Pulau Belitung

Indonesia
Pulau Belitung

Kalimantan

Labuhan Cermin, ini adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Berau, Kecamatan Biduk Biduk. Untuk sampai di sini bias melalui jalur darat dan laut. Saat aku berkunjung ke sini menggunakan transportasi darat, dari bandara Berau, kira kira 5 jam perjalanan. Saran aku kalau berkunjung kesini, sebaiknya menginap semalam, karena selain danau bening yang mempunyai 2 rasa asin dan tawar, masih banyak yang bias diexplore dengan menyewa perahu boat dari warga setempat.

Indonesia
Salah satu keindahan di Kabupaten Berau

Tetangga dari Kabupaten Berau ada Kabupaten Bulungan yang menyimpan keindahan Air Terjun yang sangat indah. Karakter air terjun berlapis lapis ini, tempatnya masih tersembunyi. Untuk sampai ke sini, dari kota sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Setelah itu kita harus masuk ke hutan dengan waktu trekking selama 45 menit, yang lucunya di tengah perjalanan bisa bertemu dengan babi hutan.

Indonesia
Salah satu keindahan di Kabupaten Bulungan

Satu lagi dari Kabupaten Berau, tempat wisata ini jadi andalan banget, karena hampir semua wisatawan yang suka keindahan pantai, sudah tidak asing lagi mendengar nama Pulau Derawan. Beberapa tempat wisata andalan bisa dikunjungi di sini, melihat penyu ukuran besar, ubur ubur yang tidak beracun, keindahan bawah laut yang sangat indah, terkadang kalua beruntung kita juga bertemu dengan ikan nemo. Transportasi dan akomondasi di Pulau Derawan, sudah dikelola dengan baik.

Indonesia
Pulau Derawan

Jawa

Sekarang kalian aku ajak berkunjung ke propinsi dimana aku dilahirkan, Jawa Timur juga mempunyai tempat wisata yang bagus, mulai dari pantai, air terjun sampai gunung. Salah satu Gunung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Gunung Bromo, keindahan sunrise nya membuat kita mau meluangkan waktu untuk bangun dini hari dan merasakan dinginnya udara pagi. Banyak aktifitas yang bisa kalian lakukan selama berada di Gunung Bromo.

Indonesia
Gunung Bromo jadi andalan Jawa Timur

Bergeser sedikit ke Propinsi Jawa Tengah, Kepulauan Karimunjawa yang berada di Kabupaten Jepara, dapat diakses juga dari kota Semarang, menawarkan wisata laut yang sangat indah. Di sini kita bisa melakukan snorkeling, melihat langsung penangkaran ikan hiu dan berfoto langsung. Transportasi laut awalnya jadi satu satu nya akses untuk menuju ke sini, tapi sekarang sudah ada pesawat yang secara periodik melayani rute ke Karimunjawa.

Indonesia
Karimunjawa menyimpan keindahan juga

Pulau Madura, berada dekat Propinsi Jawa Timur, akses ke pulau ini dari kota Surabaya, sudah ada jembatan yang dikenal dengan nama Suramadu. Beberapa tempat wisata mulai bermunculan di pulau yang mempunyai 4 kabupaten yaitu: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Gili Labak, salah satu tempat wisata yang sudah aku datangi, pantainya sangat indah.

Indonesia
Gili Labak di Madura

Propinsi Jawa Barat, sama halnya dengan propinsi di Jawa lainnya, yang mempunyai banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Yang terdekat pernah aku datangi adalah air panas Nagrak, berada di desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Subang. Kalau mau ke sini harus pagi banget, karena supaya airnya masih jernih dan belum banyak wisatawan lain berdatangan dan mandi disini.

Indonesia
Alam Jawa Barat tak kalah indahnya

Sulawesi

Salah satu propinsi, dimana aku pernah setahun tinggal di sini, Manado, berada di Sulawesi bagian Utara. Pada saat aku menetap di sini, justru tidak tahu kalau di area ini ada keindahan pantai yang jumlahnya juga nggak hanya satu, hanya berjarak sekitar 2 jam dari pusat kota, kita sudah bisa bermain di pantai dengan pasir putih yang lembut. Manado juga dikenal dengan kuliner nya, baik yang halal maupun non halal.

Indonesia
Keindahan pantai di Manado

Selat Lembeh, masih berada di Sulawesi, dimana selat ini menghubungkan Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Berkunjung ke pulau ini, dapat menyaksikan berbagai keindahan alam, bangunan dan kultur budaya yang ada di sana, termasuk melihat kera yang berpantat bentuk hati serta Tarsisius yang sangat lucu, meskipun untuk bisa melihatnya harus menggunakan konsentrasi terhadap mata kita karena saking kecilnya.

Indonesia
Selat Lembeh yang memukau

Berada di Pulau Cinta yang lokasinya 2 jam dari kota Gorontalo, masih masuk ke Propinsi Sulawesi Utara, seakan aku sudah sampai di Maldives. Pulau Cinta merupakan Eco Resort yang indah banget di tengah lautan. Untuk sampai di sinipun aksesnya sangat mudah dan bakalan terbawa suasana yang sangat romantic. Gimana tidak, resort dengan tempat tidur menghadap ke laut lepas dan saat pagi hari tinggal membuka pintu belakang alias balkon, suda bisa melihat matahari terbit.

Indonesia
Gorontalo punya Maldives

Berada di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Dikenal dengan wisata Tanjung Bira, keindahan pantai dan bawah lautnya, jadi andalan di sini. Ada juga Bukit Appalarang, yang jadi salah satu kunjungan wajib saat berkunjung ke sini. Harus cobain makanan dari daging kuda, saat dalam perjalanan menuju ke Tanjung Bira.

Indonesia
Salah satu keindahan Pulau Bira

Pulau Labengki, berada di Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi bagian Tenggara, pulau yang masih belum banyak diketahui wisatawan ini, banyak memiliki tempat kunjungan wisata, hampir sebagian besar berhubungan dengan air, mulai dari pantai, laguna, goa karang di tengah lautan. Untuk sampai ke sini, kita dapat melalui kota Kendari, dan dilanjutkan dengan naik boat selama kurang lebih 2 jam. Ada penginapan di Pulau Labengki, tapi di sini masih susah signal, saat tahun lalu aku berkunjung.

Indonesia
Pulau Labengki yang belum banyak terexpose

Nusa Tenggara Timur

Pulau Timor, pasti semua setuju, jika ada yang mengatakan bahwa keindahan alam di Indonesia bagian Timur tidak diragukan lagi, dan memang aku sudah membuktikannya sendiri. Kabupaten Timor Tengah Selatan, mempunyai sebuah pantai yang diberi nama sesuai dengan nama desanya yaitu Kolbano. Pantai ini sangat unik, dimana yang biasanya pantai berpasir, di sini malah berbatu, dan ukuran batunya cukup besar dan berwarna warni.

Indonesia
Uniknya pantai di Nusa Tenggara Timur

Nah, kalau ini Alor, berada di Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukota Kalabahi. Kenapa aku berpose seperti itu, karena ini merupakan salah satu tradisi di sana yang harus dilestarikan, dimana nelayan berburu ikan dengan menggunakan panah. Kalau kalian berkesempatan ke Alor, banyak pantai yang indah, spot diving dan kultur budaya nya sangat beragam, karena setiap desa mempunyai keragaman tradisi yang berbeda. Bahkan di Alor masih ada lho perdagangan dengan sistim barter. Seru khan

Indonesia
Culture Budaya yang beragam

Sumba, destinasi yang jadi harapan aku untuk segera bisa balik dan mengambil gambar keindahan alam yang sangat lengkap dan bikin baper. Entah kenapa aku suka banget dengan alam Sumba, mulai dari padang savanna, pantai yang sangat tenang, air terjun yang indah banget, serta danau di tengah karang yang ada di lautan. Belum lagi penginapan yang masih tradisional, bikin kita benar2 merasa kembali ke alam.

Indonesia
Alam Sumba yang sangat indah

Maluku

Ora Beach, banyak orang yang menyebut dengan nama ini. Sebuah pantai di Pulau Seram, Propinsi Maluku Tengah, yang memiliki eco resort di pesisir pantai dan ketika air laut pasang, akan berada agak ke tengah. Beberapa kali aku berkunjung ke sini, rasanya perjalanan panjang yang harus ditempuh, langsung aku lupakan ketika sampai di sini. Bisa dibayangkan, naik pesawat dari Jakarta ke Ambon, trus naik mobil ke pelabuhan Tulehu selama sejam, naik kapal laut express selama 2 jam, naik mobil lagi selama 3 jam dan lanjut dengan boat kecil selama 30 menit. Tapi buat kalian, jangan ragu jika ingin ke sini, karena amazing banget.

Indonesia
Indonesia juga punya eco Resort

Siapa yang suka sejarah Indonesia pada jaman sebelum kemerdekaan, dimana para pejuang berusaha merebut negeri tercinta ini dari tangan penjajah Belanda dan Jepang, harus ke Banda Neira, ada di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Banda neira aku bilang tempat wisata yang sarat dengan sejarah, selain itu keindahan alamnya juga sangat mendukung. Kebayang nggak sih makan pagi di pinggiran laut dengan pemadangan Gunung Banda. Makanan di sini juga banyak dipengaruhi oleh taste Belanda seperti pancake dan uniknya diberi olesan selai pala, yang jadi andalan rempah rempah dari negeri kita.

Indonesia
Banda Neira sarat sejarah

Siapa yang menyangka, kalau pantai dengan pasir terhalus di dunia ada di Indonesia. Akupun juga baru tahu ketika berkunjung ke Pulau Kei, dimana salah satu pantai nya mempunyai pasir yang amat sangat halus. Pulau Kei ada di Kepulauan Maluku, dengan ibukota Tual. Di sini kita bakal terpuaskan dengan yang namnya keindahan pantai, karena selain pasirnya halus, juga ada pantai yang terpanjang. Berkunjung ke pulau Kei, jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khasnya.

Indonesia
Pasir terhalus di dunia ada di Indonesia

Papua Barat

Berkesempatan ke Raja Ampat, merupakan anugerah buat aku, karena mendapat pengalaman yang sangat berharga, dimana kearifan lokal masih sangat terasa, aku bisa melihat bahwa bahagia itu sederhana. Sebagai contoh satu keluarga tinggal di pinggiran pantai dan kebetulan kapal boat kecil aku merapat, mereka memberikan senyum yang ramah, tanpa diminta, karena melihat aku berkeringat, segera si Bapak memanjat pohon kelapa, mengambil beberapa buah dan menyajikan nya kepada aku dan temanku. Kalau tempat wisata yang ada di Raja Ampat, pasti semua sudah tahu ya, karena saking terkenalnya dan semua pasti googling untuk melihat ada apa sih di sana.

Indonesia
Kearifan lokal ada di sini

Papua

Sebagai penutup dari cerita tentang “Aku Cinta Indonesia”, di mana sebagai bukti akan kecintaan aku terhadap negeri Indonesia adalah kunjungan aku ke Danau Sentani belum lama ini. Mengikuti Festival Danau Sentani dan melakukan liputan selama seminggu di sana, semakin memberikan tekad aku untuk lebih mengexplore keindahan alam Indonesia. Senang bisa berbaur dengan masyarakat lokal yang menggunakan baju khas daerah, masih tradisional banget, Serunya mencoba makan ulat sagu dalam keadaan masih hidup dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang menjadi kunjungan wajib di sana.

Indonesia
Salah satu festival yang ada di Papua

Yesss…akhirnya aku menyelesaikan cerita aku mengenai kunjungan yang pernah aku lakukan selama aku berkesempatan untuk mengexplore negeriku tercinta. Jika kalian ingin menjelajah Indonesia, boleh banget untuk bertanya atau koment di postingan ini, dan semoga dengan membaca artikel ini, kalian juga semakin cinta terhadap negeri sendiri.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here